Sabtu, 15 Agustus 2015

9 Sikap Yang Mampu Menentukan Kebahagiaan & Kesuksesanmu

Ada banyak cara untuk menjalani sebuah kehidupan. Sejak kita masih kanak-kanan, kita sudah sudah belajar untuk menjalani sebuah kehidupan, baik itu melalui orang tua, guru, teman dan kondisi lingkungan yang kita hadapi.

Secara alami, setiap orang akan menuju proses penuaan. Namun tidak semua orang mampu bersikap dewasa. Memahami dan mau bersikap dewasa adalah suatu hal yang penting karena hal itu adalah salah kunci untuk menuju kesuksesan dan kebahagiaan dalam menjalani sebuah kehidupan.

Baca Juga : 10 Manfaat Menulis Diary Untuk Mendukung Kesuksesanmu

Agar kamu tidak salah dalam menuntukan sikapmu, pada kesempatan ini Izwie akan membahas tentang 9 sikap yang mampu menentukan kebahagiaan dan kesuksesanmu.

1. Bersikap Sadar Diri Tapi Tidak Egois

Bersikap Sadar Diri Tapi Tidak Egois
Hanya orang egois yang sulit untuk mendapatkan kebahagiaan dan kesuksesan. Mereka hanya memikirkan diri sendiri tanpa memikirkan apa yang ada disekelilingnya. Dengan begitu, mereka hanya memiliki sedikit wawasan dan pengalaman.

Dalam menjalani suatu kehidupan, ada saatnya kita mengutamakan kepentingan pribadi dan ada saatnya kita mengutamakan kepentingan lain agar kita dapat mendapatkan ide, wawasan dan pengalaman baru. Dengan sadar diri, kita juta tidak terjebak pada permasalahan sosial. Yang terpenting kita harus sadar diri dan mengetahui batasan-batasan kita sebagai makhluk sosial.

2. Bersikap Tegas Tapi Tidak Agresif

Bersikap Tegas Tapi Tidak Agresif
Orang-orang yang bersifat agresif, mereka lebih cenderung untuk berfikir bahwa mereka harus mengendalikan setiap percakapan dan memenangkan setiap argumen yang mereka lontarkan.

Di dunia ini tidak ada manusia yang sempurna. Jadi, dari pada bersikap agresif, bukankah lebih baik bersikap tegas?. Memiliki kepercayaan diri untuk mengatakan ketegasan kita tanpa merasa direndahkan ketika ada orang lain yang tidak setuju dengan arguman atau pendapat kita.

Baca Juga : 10 Alasan, Kenapa Kamu Tidak Harus Bangga Ketika Sibuk

3. Bersikap Empati Tapi Tidak Dramatis

Bersikap Empati Tapi Tidak Dramatis
Orang yang bersikap dramatis lebih cenderung untuk ingin mendapatkan perhatian lebih. Mereka akan mengubah setiap situasi menjadi kritis walaupun pada permasalahan kecil sekalipun.

Daripada dramatis, bersikap empati dengan lebih menghargai pemikiran atau pekerjaan orang disekitar akan membuat kehidupan kita menjadi lebih bahagia dan lebih mudah untuk mencapai kesuksesan.

4. Bersikap Independen Tapi Tidak Terisolasi

Bersikap Independen Tapi Tidak Terisolasi
Mengisolasi diri sama halnya dengan membuat tembok besar agar tidak terhubung dengan orang lain. Dengan begitu mereka akan mendapat sedikit wawasan dan sulit untuk berkembang.

Daripada terisolasi, lebih baik kita bersikap independen. Independen dalam artian; memerdekakan diri sendiri dengan bersikap bebas menjalani kehidupan yang kita inginkan dan tidak memutuskan hubungan dengan orang lain.

5. Bersikap Bangga Tapi Tidak Sombong

Bersikap Bangga Tapi Tidak Sombong
Hanya seorang pecundang yang selalu merasa sombong. Mereka hanya percaya pada kemampuan mereka sendiri dan merendahkan semua orang.

Daripada sombong lebih baik kita bersikap bangga. Bangga pada setiap pekerjaan yang sudah kita lakukan dengan sunggung-sungguh agar kita terus termotivasi untuk menjadi lebih baik.

6. Bersikap Fleksibel Tapi Tidak Pasif

Bersikap Fleksibel Tapi Tidak Pasif
Orang yang bersifat pasif, mereka hanya akan menunggu sebuah keajaiban tanpa berusaha dengan keras. Bahkan ketika rencana mereka gagal, mereka hanya terus menunggu tanpa melakukan hal sedikitpun untuk merubahnya menjadi lebih baik.

Daripada pasif lebih baik kita bersikap fleksibel. Beradaptasi dengan keadaan dan terus aktif untuk mencari cara efektif agar tujuan dapat tercapai.

7. Bersikap Bijaksana Tapi Tidak Kaku

Bersikap Bijaksana Tapi Tidak Kaku
Orang yang bersikap kaku, mereka tidak mau menerima pendapat orang lain. Baik itu benar maupun salah, mereka akan terus berpegang pada keputusan mereka.

Tidak menerima pendapat orang lain akan membuat kita sulit untuk berkembang. Yang terbaik kita harus bisa bersifat bijaksana. Kita harus bisa membandingkan dengan akal yang sehat ketika ada orang lain yang memberi pendapat pada ide, pendapat atau cara kita. Karena dengan hal inilah kita bisa terus berkembang tanpa merasa direndahkan.

Baca Juga : 10 Kebiasaan Yang Bisa Membuatmu Lebih Dihormati

8. Bersikap Optimis Tetapi Tidak Mudah Tertipu

Bersikap Optimis Tetapi Tidak Mudah Tertipu
Orang yang mudah tertipu, mereka lebih percaya pada hal-hal yang mustahil. Dan jika ada suatu hal nyata yang bisa diraih, mereka menganggap bahwa itu terlalu bagus untuk menjadi kenyataan.

Daripada pada beranggapan yang tidak penting, lebih baik kita bersikap optimis. Terus berusaha untuk menumbuhkan sikap positif agar kita bisa terus termotivasi saat kita mengalami masa-masa yang sulit.

9. Saya Akan Realistis Tapi Tidak Pesimis

Saya Akan Realistis Tapi Tidak Pesimis
Mereka yang bersikap pesimis percaya bahwa kegagalan tidak akan bisa diperbaiki. Dan setiap menemukan permasalahan, mereka hanya percaya bahwa hal itu akan menjadi suatu hal yang buruk.

Daripada pesimis, lebih baik kita bersikap realistis. Menjalani kehidupan apa adanya dan berusaha yang terbaik untuk membuatnya lebih baik

Baca Juga : Jangan Lakukan 8 Hal Ini Jika Kamu Ingin Sukses

Nah, berikut 9 sikap yang harus sobat Izwie biasakan dalam menjalani kehidupan sehari-hari agar kehidupanmu bisa lebih bahagia dan sukses.
Direkomendasikan Untuk Anda :

0 komentar: