Sabtu, 30 Mei 2015

10 Alasan, Kenapa Kamu Tidak Harus Bangga Ketika Sibuk

Apakah hari ini kamu sedang membuat sebuah daftar misi dengan memetakan sebuah tujuan jangka pendek maupun jangka panjang? Atau kamu sedang memperoleh ide-ide baru yang cukup brilian dan kamu merasakan semangat yang berkobar-kobar? Jika benar, hal itu sangatlah baik, karena saat ini kamu sudah mempunyai tujuan hidup.

Memiliki tujuan dan semangat untuk menjalani memang baik, namun jika kamu tidak bisa mengatur kesibukanmu dengan baik, bukan tidak mungkin akan membuat hidupmu semakin bertambah buruk, dan itu tidaklah harus terjadi pada kehidupanmu. Sebelum melangkah lebih jauh alangkah baiknya kamu memahami 10 alasan, kenapa kita tidak harus bangga ketika sibuk berikut ini;

1. Ketika Kamu Sibuk, Kamu Tidak Bisa Hadir

Makan Bersama
Hidup ini terdiri dari ribuan momen penting. Ada sesuatu yang menggerakkan kita, orang-orang yang mengubah kita dan beberapa yang memprovokasi kita untuk bertindak. Menyibukkan diri pada pekerjaan untuk masa depan kita memang penting, namun jika terlalu sibuk akan membuat kita melewatkan momen-momen penting seperti menghadiri acara keluarga, mengajari anak, berbagi cerita dengan saudara dan masih banyak lagi momen-momen penting lainnya.

Ketika kita sadar, kita mungkin akan melupakan setiap waktu yang akan kita habiskan untuk bekerja. Namun kita tidak akan pernah lupa saat kita bersama dengan orang-orang yang kita sayangi.

2. Ketika Kamu Sibuk, Kamu Menghindari Peluang

Menghindari Peluang
Peluang ada dimana-mana. Mereka datang di kedai kopi, melalui media sosial, dan melalui relasi baik itu teman maupun kerabat. Ketika kamu sedang sibuk, kamu akan sering kehilangan kesempatan karena kamu hanya melihat mereka sebagai gangguan, buka pikiranmu dan pergilah keluar dari kesibukanmu agar kamu dapat tumbuh dan berkembang.

3. Ketika Kamu Sibuk, Kamu Akan Kesulitan Untuk Berkembang

Berkembang
Kita semua ingin melakukan lebih banyak dengan apa yang kita miliki. Sayangnya, kita sering terjebak pada kesibukan untuk mencapai tujuan. Untuk bisa berkembang memang tidak bisa dilakukan hanya dengan bergelut pada tujuan dan menjadikan kita terus sibuk tanpa keluar dari ruang kesibukan. Kita harus keluar dari zona sibuk untuk mendapat berjuta inspirasi agar kita bisa terus berkembang.

4. Ketika Kamu Sibuk, Kamu Tidak Bisa Memprioritaskan Secara Efektif

Memprioritaskan Secara Efektif
Prioritas adalah melakukan sesuatu yang benar-benar perlu kita lakukan. Ketika kita terlalu sibuk, kesibukan tersebut seperti sesuatu yang harus kita prioritaskan. Padahal tidak demikian, ketika kamu dapat mengidentifikasikan sesuatu yang penting, bisa membuat waktumu menjadi lebih efisien dan memungkinkan kamu untuk melakukan sesuatu yang benar-benar harus dilakukan dengan teratur.

5. Ketika Kamu Sibuk, Kamu Membuat Alasan

Membuat Alasan
Ketika kita memiliki begitu banyak yang harus dilakukan, kadang-kadang kita tidak bisa fokus pada masalah. Kesibukan bisa menjadi produktif, tapi tidak sehat. Mengabaikan masalah karena kita terlalu sibuk akan membuat kita berjalan pada sebuah kehancuran. Kamu tidak harus menunggu hingga di ambang kehancuran untuk mengatasi suatu masalah. Abaikan sejenak kesibukanmu untuk mengatasi masalah yang dapat mempengaruhi tujuan hidupmu.

6. Ketika Kamu Sibuk, Kamu Lebih Rentang Untuk Multitask

Multitask
Berapa banyak tab yang kamu buka sekarang? Ketika membuka banyak tab akan membuat kerusakan pada otak-mu dan membuat produktivitas menjadi menurun karena tidak fokus (melakukan banyak hal sekaligus). Melakukan banyak pekerjaan sekaligus memang terasa hebat, tapi itu buruk bagimu.

Sebaiknya, cobalah untuk mengatur kerja baru dengan melakukan satu tugas tanpa gangguan yang lain. Hal itu mungkin akan memakan waktu yang cukup lama, namun kamu akan lebih fokus dan hasilnya juga lebih maksimal.

7. Ketika Kamu Sibuk, Kamu Lupa Untuk Berinvestasi Pada Diri Sendiri

Berinvestasi Pada Diri Sendiri
Bagaimanapun juga, kamu adalah orang yang paling penting jika dibandingkan dengan perusahaanmu, ketika dilihat dari sudut pandang pertumbuhan dan perkembanganmu. Mengambil waktu untuk berinvestasi dalam hobi atau proyek itu penting karena dapat membantumu untuk menjadi lebih baik dalam pekerjaanmu. Ketika kamu mengatakan tidak ada waktu untuk itu, apakah kamu mampu untuk terus semangat dan berkembang?

Bagaimanapun juga, mencintai diri sendiri merupakan langkah nyata agar kita bisa meraih kesuksesan. Berinvestasi pada diri sendiri untuk mengambil liburan itu penting agar kita mendapat banyak inspirasi dan membuat otak kita menjadi lebih segar kembali.

8. Ketika Kamu Sibuk, Kamu Lupa Untuk Bermimpi

Bermimpi
Mimpi adalah bahan bakar kita agar bisa lebih semangat dan produktif. Tanpa mimpi, semangat kita akan lebih cepat terkikis. Mempunyai impian sangat memungkinkan bagi seseorang yang ingin melakukan hal-hal yang luar biasa.

9. Ketika Kamu Sibuk, Bisa Membahayakan Kesehatanmu

Kesehatanmu
Terus-menerus sibuk dapat memicu stres kronis, akibatnya dapat menyebabkan sejumlah masalah yang tidak baik bagi tubuhmu. Tidak harus seperti itu, terutama ketika kamu membangun rutinitas yang mengutamakan kesehatan tubuh. Ada puluhan cara untuk membantu agar rutinitas sehari-hari dapat berjalan dengan lebih baik dan rutin. Jika kamu benar-benar serius melakukan pekerjaan yang luar biasa, maka kamu akan berkomitmen untuk menjaga tubuh agar tetap seimbang.

10. Bila Kamu Sibuk, Kamu Lupa Mengapa?

Bekerja
Ketika kamu sibuk, memungkinkan kamu untuk lupa kenapa kamu melakukan pencapaian dan bertahan dalam keadaan yang merugikan. Ketika lupa, memungkinkan kamu untuk bertahan pada jam kerja yang gila. Ingat kamu bukanlah mesin dan bahkan mesinpun butuh istirahat. Sesibuk apapun pekerjaanmu, kamu perlu meluangkan waktu untuk penyegaran dan berfikir tentang alasan kamu melakukan pekerjaan tersebut.

Melakukan hal-hal yang harus dilakukan memang tidaklah buruk. Tapi kesibukan yang ekstrem juga bisa sangat membahayakan bagi kehidupanmu.Untuk itu, mulai sekarang cobalah untuk berfikir tentang tujuan hidupmu yang sebenarnya dan melakukan pekerjaan tanpa mengorbankan sesuatu yang penting. Selamat beraktifitas.
TAGS
#Inspirasi
Direkomendasikan Untuk Anda :

0 komentar: