Rabu, 16 September 2015

Ketahui 10 Manfaat Menulis Diary Untuk Mendukung Kesuksesanmu

Menulis buku harian atau diary memang identik dengan masa-masa remaja, dan ternyata ada banyak sekali manfaat menulis diary. Mencoret-coret tentang bagian dari diri sendiri pada waktu senggang atau menjelang tidur merupakan aktifitas yang cukup menyenangkan. Namun diary tidak hanya untuk remaja, menulis buku harian sangatlah baik untuk siapa saja tanpa memandang faktor usia.

Baca Juga : 9 Hal Yang Dilakukan Orang Sukses Sebelum Mereka Tidur

Banyaknya manfaat diary ini ternyata juga mampu menjadi faktor pendukung kesuksesan lho sobat Izwie.Ingin tahu alasannya? berikut ini izwie akan menjabarkan tentang 10 Alasan Mengapa Menulis Diary Bisa Menjadi Faktor Pendukung Kesuksesan

1. Berlatih Untuk Disiplin Diri

Manfaat Diary Untuk Mendukung Kesuksesanmu
Menulis buku harian secara rutin membuat kita terlatih untuk disiplin diri dan tekun. Dengan terbiasa melakukan apapun secara disiplin, tentu saja mereka akan lebih mungkin untuk menjadi pribadi-pribadi yang sukses. Menulis secara teratur dan melihat kembali tulisan-tulisan sebelumnya juga lebih baik dari pada melihat hasil secara instan.

2. Menulis Diary Bisa Menjadi Penyembuh Diri

Banyak orang menungkan perasaan sedihnya pada teman maupun saudaranya agar mereka bisa terasa lega. Namun, ada juga seseorang yang tidak ingin mengetahui masalah yang sedang ia hadapi. Jadi cara terbaik mereka adalah dengan mencurahkannya pada buku harian. Orang-orang yang menulis diary secara rutin mampu mendongkrak perasaan mereka sendiri. Menaruh semua pikiran mereka pada buku diary agar pikiran dapat dilihat secara nyata merupakan hal baik agar mereka bisa terus berkembang.

3. Mereka Confident

Orang-orang yang menulis diary secara alami dan selalu bersikap jujur tentang apa yang sedang mereka rasakan membuat mereka lebih percaya diri, terutama jika mereka menggunakan diary online (blog misalnya) karena mudah digunakan dan dapat akses oleh siapapun. Kita ambil contoh blog Raditya Dika yang menuliskan kegiatan sehari-harinya. Walaupun terlihat  lucu, namun itulah yang mampu membuat Radit menjadi orang sukses.

Terkadang jika ada orang lain yang membaca buku harian-mu, itu tidaklah mengapa dan suatu hal yang normal jika mereka juga merasakan tekad yang sama seperti kamu mencurahkan perasaanmu pada halaman dengan perasaan yang jujur dan keberanian dalam mengambil keputusan.

4. Memiliki Fokus Yang Kuat Pada Ambisi

Orang-orang yang selalu menulis pikiran dan perasaan-nya secara teratur cenderung lebih mengetahui di mana mereka telah melakukan kesalahan dalam kehidupannya. Dan ketika mereka sukses, mereka mampu melihat pikiran dan perasaan mereka di masa lalu yang dapat memungkinkan menjadi petunjuk dan ambisi dalam usaha masa depan.

5. Menulis Diary Membuat Kita Termotivasi

Menulis Diary Membuat Kita Termotivasi
Karena keyakinan dan ambisi mereka, orang-orang yang disiplin menulis diary akan lebih termotivasi dan ingin menggunakan waktu mereka dengan bijak. Menuliskan pikiran dan perasaan memungkinkan untuk menjadi refleksi diri, dan dapat digunakan sebagai penentu seberapa baik mereka mampu menggunakan waktu mereka, motivator yang baik untuk aspirasi masa depan mereka.

6. Melihat Perspektif

Rajin menulis buku harian tentunya akan memberikan seseorang perspektif hidup, sebagai kemampuan untuk melihat kembali pikiran dan pengalaman yang sudah dilalui sebelumnya. Dengan begitu mereka tidak akan pernah puas dengan apa yang sudah mereka capai dan akan selalu berusaha untuk menjadi lebih baik dari sebelumnya.

Baca Juga : 8 Cara Hidup Bahagia Yang Jarang Dipikirkan Orang

7. Menulis Diary Bisa Menjadi Penghubung

Buku harian merupakan catatan yang mampu merefleksi masa lalu dengan masa sekarang. Dengan mampu menjembatani masa lalu dan masa depan, buku harian akan mampu membuat seseorang menghasilkan sesuatu yang luar biasa.

8. Merapikan Otak

Karena kehidupan sehari-hari sering mengalami kekacauan, bukan tidak mungkin otak akan menjadi berantakan. Cara terbaik untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan menulisnya melalui buku diary secara rutin. Dengan begitu kita bisa melihat dimana letak kekacauan yang seharusnya kita perbaiki dan mambuat kita lebih fokus pada hal-hal yang ingin kita capai seperti pada poin no 4.

9. Lebih Memahami Emosi Sendiri

Dengan bantuan buku harian yang ditulis secara rutin, dapat membatu seseorang memahami emosi diri sendiri. Mengambil langkah mundur dengan melihat halaman buku harian sebelumnya akan membuat pikiran dan perasaan seseorang menjadi lebih jelas dan lebih mudah untuk menguraikannya.

10. Menjalani Kehidupan Sehari-hari Dengan Baik & Lebih Produktif

Menjalani Kehidupan Sehari-hari Dengan Baik & Lebih Produktif
Dengan menulis buku harian secara teratur, hari-hari kemarin yang sudah kita lalui dapat kita pelajari dengan lebih mudah. Dengan begitu, kita dapat menyimpulkan segala sesuatu yang sudah kita tuangkan dalam buku diary. Pada akhirnya kita akan berusaha untuk menjalani kehidupan berikutnya dengan lebih baik dan lebih produktif.

Baca Juga : 9 Sikap Yang Mampu Menentukan Kebahagiaan & Kesuksesanmu

Banyak orang yang sudah mendapatkan manfaat dari menulis buku harian secara rutin. Tuangkan pikiran dan perasaanmu dalam buku diary secara teratur - Kamu mungkin akan terkejut karena tidak hanya seberapa banyak perasaan yang sudah kamu rasakan, tetapi juga bagaimana usaha-usahamu yang lain bisa sukses, hanya karena kamu telah membuat pikiran-mu beristirahat dengan baik. Selamat menulis diary dan salam sukses :)
Direkomendasikan Untuk Anda :

2 komentar:

  1. ternyata dalam hal menulis pada diary pun ada manfaatnya juga :)

    BalasHapus
  2. Terima kasih atas infonya, ini sangat bermanfaat!

    BalasHapus