Jumat, 31 Juli 2015

Jangan Lakukan 8 Hal Ini Jika Kamu Ingin Sukses

Agar kehidupan kita bisa berjalan dengan baik, sudah seharusnya bagi kita untuk mengetahui hal-hal yang harus dihindari agar kita bisa menjadi orang sukses. Pikiran manusia adalah suatu hal yang sangat luar biasa. Memiliki sikap dan pola pikir yang benar memang merupakan kunci dari sebuah kesuksesan. Sayangnya, tidak semua orang memiliki hal itu.

Seperti yang telah kami sampaikan pada artikel-artikel kami sebelumnya, setiap orang memiliki definisi kesuksesan sendiri dan kita semua berhak untuk menentukannya. Yang jelas, agar kamu tidak salah melangkah dalam mencapai kesuksesanmu, berikut 9 hal yang harus kamu hindari agar kamu bisa menjadi orang sukses;

Baca Juga : 17 Definisi Sukses Yang Harus Kamu Ketahui

1. Jangan Mengharapkan Kesempurnaan

Jangan Mengharapkan Kesempurnaan
Seringkali kita merasa frustrasi ketika apa yang kita inginkan tidak sesuai dengan harapan. Yang terjadi kita akan menyalahkan diri sendiri dan tidak fokus pada tujuan kita yang sebenarnya. Semua orang bisa berbuat salah. Kesalahan dan kekurangan adalah fakta kehidupan. Tidak pernah menjadi sempurna tidak mengapa, yang terpenting kita sudah melakukan yang terbaik untuk kehidupan kita.

2. Jangan Berpikir Negatif Pada Diri Sendiri

Jangan Berpikir Negatif Pada Diri Sendiri
Dalam menjalani sebuah kehidupan, kita semua memang mengalami banyak sekali pengalaman. Baik itu pengalaman baik maupun pengalaman buruk seperti mem-bully orang lain, dipecat dari tempat kerja, tidak sengaja mendengarkan orang lain berbicara negatif pada kita. Dengan berbagai pengalaman buruk tersebut, lebih cenderung untuk membuat kita berfikir negatif pada diri kita sendiri.

Kita juga sering berkata bahwa "aku tidak cukup cantik atau ganteng", "tiga tahun yang lalu aku melakukan hal yang mengerikan dan membuatku tidak bisa memaafkan diriku sendiri" atau berbagai pernyataan negetif lainnya. Jika kamu sudah membaca artikel ini, berhentilah untuk berfikir negatif pada diri sendiri. Lihatlah cermin dan katakan sesuatu yang baik pada diri sendiri. Bacalah beberapa kutipan inspirasi dan bertekat-lah untuk tidak mengulangi kesalahan yang sama dengan mengambil langkah-langkah untuk menjadi pribadi-pribadi yang lebih baik. Dan yang lebih penting bahwa semua orang pernah berbuat salah. Kita boleh hanyut dalam kesalahan-kesalahan kita, tapi jangan sampai larut hingga menggagalkan tujuan kita.

Terus-menerus menghukum diri sendiri untuk kesalahan masa lalu adalah kontradiktif (berlawanan dengan apa yang kita inginkan) pada titik-titik tertentu. Pada beberapa titik memang sangat penting untuk membuat kita bisa belajar dan berkembang pada situasi selanjutnya. Namun jangan sampai terjebak pada titik dimana kita berfikir negatif dan mengalah pada diri sendiri.

Berfikir negatif pada diri sendiri membuat kita kurang percaya diri dan tentunya akan melupakan tujuan kita. Untuk itu, janganlah menyerah dan teruslah berusaha untuk terus berfikir positif. Latihlah otakmu untuk memikirkan hal-hal yang baru, cara-cara yang lebih positif dan sadarilah bahwa kegagalan bukanlah akhir dari segala-galanya.

3. Jangan Mengatakan Ya Ketika Kamu Ingin Mengatakan Tidak

Jangan Mengatakan Ya Ketika Kamu Ingin Mengatakan Tidak
Ini sangat penting untuk mengetahui batasan dalam dirimu. Manusia adalah makhluk sosial dan kamu akan banyak mendapatkan ujian melalui itu. Ketika kita berinteraksi dengan orang lain, kebanyakan kita merasa seperti ingin menjadi pribadi yang menyenangkan dan berguna bagi orang lain. Baik itu membantu rekan kerja walaupun sebenarnya kita tidak benar-benar mampu untuk melakukannya atau diajak pergi teman walaupun sebenarnya kita tidak bisa karena ada kesibukan.

Karena kita tidak ingin merasa bersalah, dalam berbagai situasi kita sering mengatakan ya kepada orang-orang yang membutuhkan kita. Yang terbaik, janganlah takut untuk mengatakan tidak sesuai dengan keinginanmu dan kondisimu. Terkadang kamu memang tidak bisa melakukan sesuatu karena mempunyai rencana atau tugas penting yang harus diselesaikan.

4. Jangan Fokus Pada Hari-hari Tertentu

Jangan Fokus Pada Hari-hari Tertentu
Kebanyakan orang sukses lebih cenderung untuk memahami nilai dari suatu rencana yang baik. Mereka selalu merencanakan hari-hari mereka, tujuan mereka, anggaran mereka dan berencena banyak menabung untuk pensiun. Ini bukan berarti mereka tidak boleh bersenang-senang. Mereka juga merencanakan kapan waktu yang tepat untuk bersenang-senang. Mereka merencanakan waktu untuk produktivitas dan hal-hal yang menyenangkan, tapi juga merencanakan tentang masa depan mereka.

Jadi, berhentilah untuk fokus pada hari-hari tertentu saja dan lebih banyak menghabiskan waktu untuk bersenang-senang saja. Pikirkan tentang apa yang kamu inginkan atau di mana kau ingin berada di lima, 10 atau 15 tahun ke depan. Merencanakan banyak hal dan fokus merupakan hal yang baik dalam keberhasilan.

Baca Juga : 20 Hal Yang Harus Kamu Hindari Agar Hari Tuamu Bisa Menakjubkan

5. Jangan Mengabaikan Tujuanmu

Jangan Mengabaikan Tujuanmu
Hal-hal yang baik hanya terjadi pada orang yang berusaha dengan sungguh-sungguh. Orang sukses tidak pernah mengabaikan tujuannya, dan selalu fokus pada tujuan yang ingin dicapainya, walaupun mereka memahami bahwa semua itu tidak bisa dilakukan hanya dalam waktu sehari. Seperti pada poin no 4, apapun yang terjadi kita harus terus merencanakan sesuatu untuk mencapai tujuan.

Dan perlu di ingat. Janganlah memiliki banyak tujuan, karena hanya akan membuatmu menjadi tidak fokus pada tujuan utamamu.

6. Jangan Mengisolasi Diri

Jangan Mengisolasi Diri
Fokus pada pekerjaan yang sedang kita jalani memang baik. Namun mengisolasi diri dari lingkungan sosial karena alasan tersebut bisa membuat seseorang mendapatkan banyak masalah. Orang-orang sukses memahami bahwa mereka tidak hanya fokus pada pekerjaannya, mereka memahami tentang pentingnya keseimbangan, seperti waktu untuk keluarga, waktu untuk bersosialisasi dan melakukan hobi. Banyak orang mendapatkan kesan bahwa mereka sukses, tapi mereka tidak memiliki waktu luang untuk keseimbangan hidup mereka.

7. Jangan Membandingkan Diri Dengan Orang Lain

Jangan Membandingkan Diri Dengan Orang Lain
Orang-orang sukses memahami bahwa mereka tidak harus membandingkan diri dengan orang lain karena hal itu kontraproduktif atau tidak menguntungkan. Mereka hanya menganalisa titik lemah pada diri mereka sendiri sebagai cara efektif untuk terus berkembang dan mampu mengagumi orang-orang yang bisa melakukan hal-hal yang tidak bisa mereka lakukan. Tidak ada gunanya membandingkan diri dengan orang lain. ini kontraproduktif dan membahayakan dirimu sendiri.

8. Jangan Berhenti Untuk Belajar

Jangan Berhenti Untuk Belajar
Orang-orang sukses memahami bahwa belajar tidak ada akhirnya. Bahkan jika mereka gagal, mereka belajar untuk mengambil pelajaran yang telah mereka peroleh dari kegagalan tersebut dan menerapkannya pada masa kini dan masa depan. Bahkan jika kamu berhasil hari ini, jika kamu tidak terus belajar, caramu hari ini mungkin tidak akan lagi efektif di masa mendatang.

Baca Juga : 10 Hal Yang Membedakan Antara Orang Sukses & Orang Gagal
Direkomendasikan Untuk Anda :

1 komentar:

  1. yang penting terus bersemangat ya mas :) dan berdo'a ..

    BalasHapus