Thursday 26 December 2019

Mencegah Flu Akibat Cuaca yang Tidak Menentu

Mencegah Flu Akibat Cuaca yang Tidak Menentu
Ada banyak penyakit yang sering disebut sebagai ‘penyakit musiman’. Sebutan tersebut memiliki arti, ada penyakit-penyakit yang mudah menyerang kita ketika memasuki sebuah musim atau kondisi. Gangguan kesehatan ini umum terjadi di Indonesia. Misalnya ketika memasuki musim kemarau, atau ketika memasuki musim hujan. Salah satu ialah flu atau pilek. Obat pilek resep dokter menjadi pilihan paling tepat.

Apalagi bila memang gejala pileknya sudah mengganggu aktivitas sehari-hari. Beberapa gejala umum dari penyakit pilek di antaranya sakit kepala, nyeri badan (di persendian), demam hingga menggigil, sakit pada tenggorokan, bersin-bersin, dan hidung tersumbat.

Menghindari Lelah Berlebih dan Jaga Kebersihan

Berikut rutinitas sehat sederhana yang lebih baik dilakukan.
1. Olahraga Ringan Lebih Rutin
Bagi sebagian orang, melakukan olahraga rutin bukan satu hal yang mudah. Selain dari segi mengatur waktu, biasanya kondisi tubuh mendukung untuk tidak melakukannya. Baik rasa malas, atau merasa sudah terlalu capek dengan kegiatan rutin lainnya. Coba terapkan olahraga rutin setiap hari, seperti gerakan senam atau pun lari pagi selama 30 menit.

2. Konsumsi Vitamin dan Suplemen Tambahan
Sudah sering konsumsi sayur atau buah-buahan tetapi masih merasa sering lemas dan mudah terserang penyakit? Anda bisa mengonsumsi vitamin tambahan dalam bentuk tablet. Khususnya bila memang tidak memiliki kesempatan dalam rutin konsumsi makanan kayak akan vitamin.

3. Minum Air Putih 1,5 – 2,5 Liter Setiap Hari
Mengatur jumlah asupan air putih juga tidak kalah penting dalam mencegah pilek. Air putih akan membantu melancarkan aliran darah sehingga jantung bekerja lebih sempurna. Tidak hanya itu, air putih akan membantu membuang racun dari tubuh melalui urine.

4. Lebih Menjaga Kebersihan
Selanjutnya, menjaga kebersihan wajib dilakukan. Baik diri sendiri, mau pun lingkungan. Rutin cuci tangan pakai sabun sebelum dan sesudah makan, serta sesudah beraktivitas di luar rumah.

5. Relaksasi dan Hindari Kelelahan
Sudah memberi obat-obatan dan vitamin pencegah pilek di apotek online namun masih merasa belum maksimal? Kondisikan diri Anda menjadi lebih relaks dan hindari rasa lelah berlebihan. Istirahat yang cukup setiap hari.
TAGS
#Kesehatan
Direkomendasikan Untuk Anda :

0 comments: