Minggu, 22 Maret 2015

8 Cara Hidup Bahagia Yang Jarang Dipikirkan Orang

Sebagian besar dari kita sering berfikir bahwa kita adalah orang yang cukup bahagia, namun jauh di lubuk hati yang terdalam kita mungkin tidak selalu merasakan kebahagian. Ketika Anda melihat orang-orang disekitar yang dibesarkan dengan kehidupan lebih dari cukup, sementara Anda terus bekerja setiap hari, mengulangi rutinitas yang sama dan mudah untuk merasa kurang bersyukur.

Lantas apa rahasia orang bahagia tersebut? Selengkapnya, simak ulasan berikut untuk membuat hidup Anda lebih bahagia secara maksimal.

1. Mereka Berbagi

Berbag
Berfokus untuk mendapatkan uang adalah salah satu cara untuk mendapatkan kebahagiaan. Bahkan, dalam studi kebahagiaan, para peneliti telah menyimpulkan bahwa setelah Anda memiliki cukup uang untuk memenuhi kebutuhan dasar, hanya ada dua cara supaya uang dapat membantu Anda. Salah satunya adalah dengan meningkatkan status sosial dan yang lainnya adalah untuk berbagi. Dengan menggunakan uang untuk membantu orang lain yang benar-benar membutuhkan dan tidak menyia-nyiakan uang, mereka bisa merasakan kebahagiaan karena mereka memberikan kontribusi positif pada dunia.

2. Mereka Fokus Pada Pekerjaan

Fokus Bekerja
Orang-orang bahagia juga cenderung lebih fokus pada pekerjaan mereka sendiri. Sementara orang lain sering terjebak pada hubungan yang berdampak buruk pada kehidupannya. Orang-orang yang bahagia memilih untuk fokus pada hal-hal yang positif dan bisa mengontrol kehidupannya. Memperhatikan kehidupan Anda sendiri dan tidak terlalu mencampuri urusan orang lain adalah cara sederhana untuk hidup bahagia.

Baca Juga : 9 Sikap Yang Mampu Menentukan Kebahagiaan & Kesuksesanmu

3. Mereka Bersyukur

Bersyukur
Meskipun mereka tidak terlalu kaya atau hidup dengan sederhana. Mereka bisa merasakan kebahagiaan karena mereka lebih sering bersyukur untuk hal-hal yang telah mereka miliki. Mereka tidak menghabiskan waktu untuk menginginkan apa yang orang lain miliki atau membayangkan kehidupan-nya yang lebih baik. Sebaliknya, mereka sering berfikir tentang semua hal yang pernah mereka capai dan mensyukuri semua hal tersebut.

4. Mereka Melihat Sisi Positif

Melihat Sisi Positif
Ketika Anda menjadi sulit untuk bisa benar-benar bahagia karena sering memikirkan maupun membayangkan kegagalan, Anda perlu mengubah pemikiran tersebut. Jika Anda benar-benar ingin bahagia, Anda harus memiliki keyakinan lebih untuk bisa percaya bahwa apa pun yang akan terjadi, Anda akan terus berusaha untuk menjadi lebih baik dan mampu bangkit lagi ketika Anda terjatuh. Jika Anda beriman, percayalah bahwa tuhan tidak akan menguji hambanya melebihi kemampuannya.

5. Mereka Menghargai Hubungan

Menghargai Hubungan
Alih-alih berfokus pada uang dan terus-menerus mengejar kemajuan karir dengan bekerja tanpa mengenal waktu. Orang yang hidupnya bahagia, mereka bisa membagi waktu untuk orang lain. Pada akhir hidup Anda, Anda tidak akan ingat berapa banyak waktu yang Anda habiskan di tempat kerja. Sebaliknya, Anda akan lebih menghargai waktu ketika bersama-sama dengan keluarga dan teman-teman Anda. Lebih mengutamakan orang-orang yang kita sayangi melebihi uang adalah cara yang ampuh untuk bisa mencapai sebuah kebahagian.

Baca Juga : Cara Hidup Unik Orang Bhutan Ini Mampu Membuat Mereka Bahagia

6. Mereka Mengelola Kehidupan Mereka

Mengelola Kehidupan
Selain mereka bisa menempatkan waktu untuk sebuah hubungan, orang yang hidup bahagia tidak menjalankan hidup hanya dengan satu aspek kehidupan. Mereka memperjuangkan karir yang mereka minati, mereka memiliki hobi dan mereka suka belajar agar bisa terus berkembang. Dengan memperhatikan berbagai aspek kehidupan, mereka tidak akan khawatir ketika salah satu unsur dari kehidupan mereka sehari-hari hilang. Jika mereka dibuang, mereka masih memiliki karir. Jika mereka tidak bisa bermain olahraga favorit untuk sementara waktu karena cidera, mereka masih memiliki teman-teman untuk bergaul. Tidak menempatkan segala sesuatu pada satu wadah adalah kunci untuk menjadi orang yang bahagia.

7. Mereka Tidak Hanya Fokus Pada Materi

Traveling
Sebagian besar dari kita sering berpikir bahwa berbelanja adalah cara yang tepat untuk menghilangkan stres dan memiliki hal-hal baru akan membuat kita lebih bahagia dalam jangka panjang dan memilih untuk nilai pengalaman atas barang material. Tidak hanya fokus pada materi dan bisa menggunakan uang untuk keperluan pribadi seperti berbelanja maupun rekreasi adalah cara untuk membuat kita bahagia.

8. Mereka Mengikuti Hasrat Mereka

Mengikuti Hasrat Mereka
Orang-orang bahagia mengikuti hasrat mereka. Jika mereka menyadari ketika pekerjaan mereka tidak sesuai keinginan, mereka tidak takut untuk meninggalkannya dan mengejar sesuatu yang benar-benar mereka inginkan. Ini mungkin akan mendapatkan resiko dan berdampak pada kegagalan yang besar. Namun orang yang berjalan pada sesuatu yang benar-benar mereka inginkan, mereka akan bisa menghasilkan sesuatu yang maksimal dan bisa terus belajar dan bangkit dari kegagalan.

Baca Juga : Jangan Lakukan 8 Hal Ini Jika Kamu Ingin Sukses

Berikut 8 cara hidup bahagia yang bisa Anda jadikan renungan, semoga bermanfaat.

Sumber : lifehack.org
Direkomendasikan Untuk Anda :

0 komentar: