Senin, 21 September 2015

Inilah 10 Cara Mengelola Keuangan Yang Dilakukan Oleh Orang Sukses

Mengelola uang secara efektif merupakan kunci keberhasilan. Orang-orang sukses membuat keputusan secara efektif agar uangnya dapat dikelola dengan benar. Bagi kamu yang ingin sukses secara finansial, mengetahui cara mengelola keuangan dengan benar sangatlah diperlukan. Meluangkan waktu untuk menguasai beberapa prinsip dasar keuangan sangatlah diperlukan agar keuanganmu dapat berjalan dengan baik.

Lantas, langkah apa saja yang dapat diambil agar kita bisa sukses dalam mengelola keuangan? selengkapnya, berikut 10 cara orang sukses mengelola keuangannya;

1. Mereka Tidak Menghambur-Hamburkan Uang

Cara Mengelola Keuangan Yang Dilakukan Oleh Orang Sukses
Orang yang sukses secara finansial cenderung untuk tidak menghambur-hamburkan uang dengan tidak membeli barang yang benar-benar tidak mereka butuhkan. Mereka tidak terpengaruh oleh barang-barang yang lagi tren, ketika hendak membeli sesuatu, mereka selalu berfikir "apakah benda yang akan saya beli ini akan benar-benar bermanfaat bagi saya?".

Bahkan orang sukses lebih cenderung untuk hidup dengan kurang dari apa yang mereka dapat. Itu artinya mereka selalu menyimpan 10-15% penghasilan mereka. Disamping itu mereka juga tidak lupa untuk bersedekah.

Belajar untuk hemat atau hidup dengan kurang dari yang kita dapat memang membutuhkan waktu. Mulailah dengan mencari cara dengan membaca: 9 Tips Seru Menabung Supaya Kamu Punya Rekening Gendut

2. Mereka Tidak Terpaku Pada Harga

Banyak orang mengatakan bahwa prinsip ekonomi itu mencari barang murah tapi tidak murahan. Hal itu memang sah-sah saja, namun jika kamu juga berpola pikir demikian, kamu bagaikan mencari jarum dalam jerami. Hal itu akan sangat sulit didapatkan, bahkan akan menyita banyak waktumu.

Orang-orang sukses lebih cenderung tidak terpaku pada harga, mereka memahami pentingnya kualitas. Dalam hal apapun, mereka lebih cenderung untuk mencari produk-produk berkualitas yang mampu bertahan lama. Semisal untuk barang-barang pribadi seperti smartphone berkualitas baik tentunya memiliki harga di atas 3 - 5 juta. Tetapi smartphone tersebut memiliki spesifikasi dan kinerja yang baik dalam membatu pekerjaan menjadi lebih baik pula.

Membiasakan diri untuk memahami pentingnya kualitas memang tidak mudah karena diperlukan banyak biaya. Namun jika kamu terbiasa membeli produk-produk berkualitas yang mampu bertahan lebih lama, dapat dipastikan hidupmu akan jauh lebih baik. Jika kamu tidak mampu membeli, bersabarlah untuk menabung.

3. Mereka Tahu Bagaimana Mengelola Perbankan Mereka

Memiliki kartu kredit memang lebih mudah saat melakukan transaksi apapun, namun jika kita tidak bisa mengelola dengan baik kita akan memiliki jumlah hutan yang cukup banyak dan bisa menjadikan masalah keuangan yang cukup serius. Selain mengelola kartu kredit dengan baik, orang-orang sukses juga mengawasi biaya kartu debit saat melakukan transaksi melalui ATM, SMS maupun internet banking. Mereka benar-benar memahami bagaimana sistem bekerja.

Biaya transaksi atau tranfer memang bisa dikatakan cukup kecil, namun perlu kamu ketahui bahwa kapal yang besar juga bisa tenggelam karena lubang yang cukup kecil. Jadi setidaknya kamu harus mengetahui bagaimana sistem tersebut bekerja dan mencari jalan terbaik untuk mengelola keuanganmu pada perbankan.

Jadi tinjau kembali semua rekening keuangan atau transaksi apapun selama 10 menit di setiap bulannya, semuanya hanya diperlukan untuk memahami biaya dan mengambil langkah terbaik untuk mengatur keuanganmu di kemudian hari.

4. Mereka Menyesuakan Keuangan Mereka Setelah Menikah

Menyesuakan Keuangan Mereka Setelah Menikah
Apakah sudah mempunyai keinginan untuk menikah atau baru saja menikah? Setidaknya kamu harus memahami ini. Ini adalah beberapa poin yang dilakukan orang-orang sukses untuk mengelola keuangan mereka secara efektif. Meskipun kamu dapat mengatur semua keuanganmu sendiri, sangat penting untuk melakukan penyesuaian ketika kamu sudah menikah. Hidup sendiri dengan hidup bersama orang yang kamu cintai sangatlah berbeda, jadi setidaknya kamu harus bisa menyesuaikan dan meninjau kembali di setiap tahunnya.

Baca Juga : Strategi Keuangan Bagi Pasangan Yang Berencana Menikah

Jadi jika kamu ingin sukses secara finansial, aturlah keuanganmu untuk jangka panjang dengan merencanakan untuk membeli tanah dan rumah.

5. Mereka Tidak Puas Dengan Pendapatan Stagnan

Beberapa orang tidak pernah berusaha lebih keras untuk mendapatnya hasil yang lebih baik, mereka hanya puas pada titik tertentu. Sebaliknya, orang-orang sukses selalu bekerja dengan keras dan sungguh-sungguh untuk mendapatkan penghasilan lebih. Walaupun tidak mutlak, setidaknya peningkatan pendapatan memberi kita lebih banyak pilihan untuk kesenangan diri sendiri dan memberikan rasa aman.

Orang yang sukses secara finansial selalu mengambil tindakan untuk meningkatkan pendapatan mereka. Semisal dengan mengambil kursus untuk meningkatkan ketrampilan mereka atau menjalankan ide-ide untuk meningkatkan produktifitas kerja mereka. Mereka juga tahu bagaimana untuk mendapatkan lebih banyak uang.

Jika kamu ingin menjadi sukses secara finansial, jangan puas dengan apa yang kamu punya saat ini. Teruslah berusaha untuk menjadi yang terbaik di antara yang terbaik.

6. Mereka Tidak Mengabaikan Laporan Keuangan

Laporan Keuangan
Untuk mencapai kesuksesan secara finansial diperlukan kebiasaan yang lambat dan mantap. Itu termasuk kebiasaan untuk memantau laporan keuangan di setiap bulannya. Orang-orang sukses selalu menyempatkan waktu 30 - 60 menit di setiap bulan untuk meninjau semua keuangannya; hal itu mencakup investasi, kartu kredit, rekening bank, tagihan bulanan dan masih banyak lagi. Ketika mereka menemukan kesalahan atau kelalaian, mereka segera mengambil tindakan untuk memperbaikinya.

Bagi kamu yang ingin sukses secara finansial, mulai dari sekarang biasakan untuk mengambil waktu di setiap bulan untuk meninjau kembali keuanganmu.

7. Mereka Tidak Mengambil Risiko Untuk Kehilangan Uang

Aturan nomor satu untuk orang sukses secara finansial adalah tidak boleh kehilangan uang dengan cara yang bodoh. Semua investasi memang terlihat menggiurkan, namun juga memiliki ukuran resiko masing-masing yang bisa berpotensi untuk kehilangan uang dengan sia-sia. Di samping itu memahami asuransi untuk mengendalikan risiko seperti rumah, mobil dan asuransi jiwa juga sangat dipertimbangkan.

Investasi merupakan langkah terbaik untuk mencapai kesuksesan finansial, namun sebelum kamu melakukan investasi, kamu harus memahami perusahaan investasi tersebut secara keseluruhan. Sebagai bahan pertimbangan, setidaknya perusahaan tersebut sudah berjalan lebih dari 5 tahun, memiliki track record yang baik, menjalankan banyak bidang dan berbagai pertimbangan penting lainnya.

Baca Juga : 9 Hal Yang Dilakukan Orang Sukses Sebelum Mereka Tidur

8. Mereka Memahami Batas-batas Mereka

Ketika berhubungan dengan investasi, ada banyak sekali informasi dan ide-ide brilian di luar sana. Namun orang-orang sukses selalu memahami batas-batas mereka dan hanya fokus pada kekuatan mereka.

Ketika kamu masih dalam proses menuju kesuksesan finansial. Tinjau kembali pengetahuanmu tentang keuangan dan investasi. Jika kamu baru memulainya, perbanyaklah baca buku tentang investasi dan janganlah malu untuk bertanya pada ahlinya.

9. Mereka Tidak Mengalihkan Tanggung Jawab Sepenuhnya Pada Para Ahli

Orang-orang sukses tidak menelan mentah-mentah nasihat yang diutarakan oleh para ahli. Mencari nasihat dari seorang akuntan pajak dalam merencanakan keuangan merupakan hal yang wajah dan sangat diperlukan. Namun, orang-orang yang sukses selalu meluangkan waktu untuk mengajukan pertanyaan dan mengevaluasi saran yang diberikan pada mereka.

Jadi, mencari saran dari para profesional sangatlah diperlukan, namun jangan lupa untuk mengajukan pertanyaan yang sesuai dengan apa yang kamu alami. Jika tidak kamu akan sulit bertindak dari saran yang mereka berikan.

10. Mereka Tidak Mengejar Uang Secara Brutal

Tidak Mengejar Uang Secara Brutal
Menjadi orang yang sukses secara finansial merupakan tujuan yang valid. Sumber daya keuangan yang signifikan memberikan kita lebih banyak pilihan. Itu berarti juga tidak mengejar uang secara brutal tanpa memikirkan kesehatan. Orang-orang sukses memahami dengan betul bahwa kesuksesan finansial hanyalah salah satu aspek dari kehidupan yang sukses. Jadi mereka tidak akan mengabaikan kesehatan, keluarga mereka ketika mengejar uang.

Yang terbaik tinjau kembali kehidupanmu, apakah kamu memiliki keseimbangan antara tujuan keuangan, karir, keluarga dan kegiatan yang lainnya.

Baca Juga : 14 Alasan Kenapa Traveling Bisa Menjadi Faktor Pendukung Kesuksesan

Setiap orang memiliki definisi kesuksesan tersendiri, kamu-pun berhak menentukan definisi kesuksesanmu. Semoga 10 cara mengelola keuangan yang dilakukan oleh orang sukses di atas dapat membuka wawasanmu dan bermanfaat untuk kehidupanmu. Selamat berjuang...
Direkomendasikan Untuk Anda :

1 komentar: