Rabu, 08 April 2015

9 Tips Seru Menabung Supaya Kamu Punya Rekening Gendut

Memiliki banyak uang tentu sangat menyenangkan. Kamu bisa liburan, membeli barang yang diidam-idamkan, atau jalan-jalan ke luar negeri. Namun, bagaimana bisa mewujudkan itu semua jika kamu orangnya sangat boros? Melihat uang, bawaannya ingin membelanjakannya sampai habis. Kalau sudah habis, barulah menyesal. Harusnya uang tersebut bisa ditabung untuk masa depan atau untuk mewujudkan mimpi.

Nah,sepertinya 10 tips seru menabung dari Izwie inilah yang kamu butuhkan, supaya kamu punya rekening gendut. Eit, ini rekening gendut karena usaha yang halal ya, bukan karena korupsi! Kamu bisa kok, memulainya dari hal yang paling sederhana untuk mengatur keuangan kamu. Penasaran?

1. Langsung Potong Gaji, Tanpa Kompromi

Uang Potong Gaji
Menabung itu di awal, bukan menabung sisa uang setelah membayar tagihan dan belanja ini itu. Saran ini pasti juga diamini oleh para pakar keuangan, karena menabung di awal bisa menyelamatkan uangmu dengan segera. Jika menunggu sisa, maka yang terjadi adalah kamu tidak akan pernah bisa menabung. Percayalah!

Baca Juga : 5 Hal Sederhana Yang Dapat Kamu Lakukan Agar Bisa Lebih Semangat Di Hari Senin

2. Jangan Mau Dibodohi Rekening

Kartu Kredit
Apa maksudnya? Sebelum membuka sebuah rekening tabungan di bank, pertimbangkan untuk tujuan apa kamu membukanya? Jika kamu membuka rekening untuk tujuan transaksi, maka bersiaplah uangmu terombang ambing. Untuk menabung, pilh rekening tabungan tak ber-ATM dan kalau bisa yang tanpa potongan administrasi. Uang anda akan aman jika kamu menabung di bank dengan cara ini. Sedangkan untuk rekening transaksi, cari yang biaya transaksinya paling rendah, Guys.

3. Belikan Emas Saja!

Perhiasan
Sudah berusaha menabung uang tapi pada akhirnya selalu habis terpakai? Kalau begitu, coba alihkan tabunganmu ke dalam bentuk emas. Untuk kemudahan, pilihlah emas perhiasan sebagai alat menyimpan harta. Dengan membeli emas, tentu uang tidak akan terkikis dan lama-lama akan habis karena untuk mengambilnya kita harus repot ke toko emas untuk menjualnya terlebih dahulu. Menyimpan dengan emas ini sudah dipraktekan oleh orang tua kita jaman dulu dan terbukti mereka mampu membayar kebutuhan di masa mendatang dengan simpanan emas mereka.

Bingung mau beli emas di mana? klik di sini untuk beli emas secara online dengan mudah dan terpercaya.

4. Buang Uang di Tempat Tak Terduga

Uang
Membuang uang di sini maksudnya adalah dengan sengaja menyelipkan sejumlah uang di berbagai tempat yang tidak diduga untuk mengamankan uang kita. Bisa di bawah tumpukan baju, di selipan dompet, di jok mobil, di pigura foto, atau di tempat-tempat lain yang tidak terdeteksi. Suatu saat, uang ini akan berguna untuk membantumu membayar kebutuahan mendesak. Setelah "membuang"-nya, lupakanlah.

5. Uang Kembalian Itu Bukan Uangmu

Uang kembalian yang kita dapatkan sepulang belanja anggaplah bukan uang kita. Langsung sisihkan dan masukkan ke dalam celengan khusus dan setelah penuh bisa kamu pindahkan ke rekening di bank.

6. Celengan Adalah Penyelamat Keuanganmu

Celengan
Seperti poin ke 6, menabung di celengan bukanlah hal yang memalukan. Bahkan terbukti celengan bisa menjadi penyelamat keuangan saat kita benar-benar sudah tidak punya uang lagi. Ada pula orang yang akhirnya berhasil menggapai impiannya seperti pergi haji, beli motor, atau bahkan kuliah lagi dengan berbekal uang yang ditabung di celengan.

7. Uang yang Terkucilkan

Uang yang Terkucilkan
Untuk variasi seru cara menabung, kamu bisa melakukan diskriminasi atau mengucilkan uang pada nominal tertentu, misalnya uang Rp20.000,-an. Setiap kali menemukan uang 20 ribu, langsung masukkan dalam celengan sehingga kamu tidak bisa menggunakannya untuk belanja atau membayar sesuatu. Cara ini terbukti cukup ampuh untuk mengumpulkan uang, lho!

Baca Juga : Cara Ampuh Untuk Mengatur Keuangan (Cash Flow)

8. Diskon Besar? Cermati Dulu Barangnya!

Diskon
Jika Anda sering mengikuti diskon di sebuah pusat perbelanjaan atau toko online, maka mulai sekarang belajarlah tutup mata pada diskon. Diskon memang menguntungkan, namun seringkali barang yang kita beli ternyata tidak kita butuhkan, Guys! Jika memang masih tergoda, cermatilah barang yang ditawarkan dan tanyakan pada hatimu apakah kamu benar-benar membutuhkan barang tersebut?

9. Satu Hari Tanpa Belanja

Hal ini hampir sama dengan gerakan satu hari tanpa nasi. Kamu bisa menghemat pengeluaran dengan mencanangkan satu hari tanpa belanja tiap bulan (atau tiap minggu), dan rasakan bahwa sebenarnya kita bisa kok tetap hidup normal walau pada hari itu tidak berbelanja sepeserpun. Selamat mencoba!

Editor : Bagus Hermawan
Direkomendasikan Untuk Anda :

0 komentar: