Minggu, 05 Juli 2015

10 Perubahan Gaya Hidup Yang Harus Kamu Lakukan Ketika Berusia 30-an

Bagi kebanyakan orang, ketika memasuki usia 30-an mungkin adalah waktu yang menyenangkan. Hal itu terjadi karena mereka benar-benar merasakan hidup karena sudah melewati berbagai rintangan dan sudah bisa benar-benar hidup dengan mandiri. Ketika menginjak usia 30-an, kebanyakan seseorang juga sudah berperilaku dewasa dan mulai meninggalkan perilaku-perilaku buruk untuk menggapai tujuan yang benar-benar mereka capai.

Baca Juga : 10 Manfaat Menulis Diary Untuk Mendukung Kesuksesanmu

Agar kamu tidak salah langkah dan fase hidupmu bisa menarik dikemudian hari, perlu kamu ketahui tentang 10 perubahan gaya hidup yang harus kamu lakukan ketika berusia 30-an di bawah ini;

1. Mulailah Untuk Lebih Mencintai Diri Sendiri

Mencintai Diri Sendiri
Agar kehidupan kita bisa lebih baik, kita memang harus lebih mencintai, baik itu mencintai pekerjaan, saudara, keluarga, pasangan dan anak-anak. Dan tentunya kamu juga harus lebih mencintai diri sendiri agar bisa lebih lama untuk mencintai orang-orang yang mencintaimu, baik itu dalam kehidupan pribadi maupun kehidupan profesionalmu.

Mencintai diri sendiri bisa diwujudkan dengan memuji diri sendiri bahwa kamu cantik, ganteng, cerdas dan mampu melakukan yang terbaik dalam setiap kewajibanmu di setiap hari. Jadilah pribadi yang percaya diri dan bangga dengan semua pilihanmu. Dan berhentilah untuk berteman dengan orang-orang yang tidak memperlakukanmu dengan baik. Sebaliknya, habiskan lebih banyak waktu dengan orang-orang yang mencintaimu agar membuatmu merasa baik. Hal ini akan memelihara emosimu, meningkatkan harga diri dan produktivitasmu.

2. Mulailah Membangun Impianmu

Membangun Impianmu
Kehidupan pribadi akan memainkan peran utama dalam kebahagiaanmu, kesuksesan dan kepuasan dalam hidup. Jadi, jika kamu ingin menikah, punya anak atau membeli rumah, di usia 30-an adalah waktu yang tepat untuk memulai tujuan tersebut. Tanyakan kepada diri sendiri apa yang dapat kamu lakukan antara sekarang dan akhir tahun untuk memulai impianmu. Jangan menunda untuk mengejarnya, jika kamu menginginkan sekarang segera lakukanlah, sebelum semua itu terlambat.

3. Mulailah Mengejar Pekerjaan Yang Benar-benar Kamu Inginkan

Mengejar Pekerjaan Yang Benar-benar Kamu Inginkan
Tak bisa dipungkiri, bahwa pekerjaan yang paling menyenangkan adalah pekerjaan yang benar-benar kita cintai. Karena apapun jenis pekerjaannya, berapapun uang yang didapatkan, jika kita mencintainya kita akan lebih total dalam mengerjakannya dan bukan tidak mungkin akan membawa kita pada kesuksesan dan kebahagiaan. Saat menginjak usia 30-an, jika kamu masih tertekan dengan pekerjaanmu karena membecinya. Kamu sudah harus memulai untuk mencari cara supaya kamu dapat melakukan pekerjaan yang benar-benar kamu ingingkan dan dapat mewujudkan gairah sejatimu.

Memang sangat disayangkan jika saat ini kamu masih bergelut dengan pekerjaan yang kamu benci, kamu mungkin mendapatkan uang. Namun apakah kamu bisa menghasilkan karya-karya yang sempurna? Apakah kamu saat ini bahagia? Dan apakah pekerjaan yang kamu benci saat ini bisa membawamu menuju kesuksesan? renungkanlah.

4. Berhenti Membandingkan Diri Dengan Orang Lain

Berhenti Membandingkan Diri Dengan Orang Lain
Adanya situs jejaringan sosial seperti Facebook memang lebih mudah dalam membandingkan diri sendiri dengan teman-teman yang mungkin sudah menikah, mendapatkan anak, membeli sebuah mobil atau rumah dan hal itu membuat kita merasa seperti pecundang. Jangan lakukan hal itu. Berhentilah untuk membandingkan diri sendiri dengan orang lain. Dari pada melakukan hal itu, lebih baik lakukanlah sesuatu dengan sungguh-sungguh dalam setiap aspek kehidupanmu. Rawatlah terus dirimu dan biarkan dirimu tumbuh dan berkembang, jika kamu tidak dapat melakukan beberapa hal yang dilakukan orang lain, mensyukuri segala sesuatu yang ada dalam kehidupanmu adalah jalan yang terbaik.

5. Mulailah Bersyukur Dengan Apa Yang Sudah Kamu Miliki

Bersyukur Dengan Apa Yang Sudah Kamu Miliki
Daripada menjadi iri pada orang lain, lebih baik kamu mensyukuri apa yang telah kamu miliki selama ini. Penelitian menunjukkan bahwa menghargai apa yang kamu miliki dapat meningkatkan kebahagiaan dan mengurangi perasaan negatif. Dan tentu saja, kamu juga harus berusaha lebih baik, namun juga harus memahami bahwa hidup tidak selalu bisa berjalan sesuai dengan apa yang kita inginkan maupun rencanakan.

Jika kamu ingin lebih bersyukur, buatlah jurnal rasa syukur setiap hari. Ini akan membuatmu jauh lebih baik dan membuatmu lebih mensyukuri hidupmu.

Baca Juga : 10 Hal Yang Tidak Seharusnya Kamu Korbankan Saat Berpacaran

6. Mulai Mengampuni Diri Sendiri Untuk Kesalahan Yang Pernah Kamu Buat

Mengampuni Diri Sendiri Untuk Kesalahan Yang Pernah Kamu Buat
Pada masa remaja di usia 20-an kamu mungkin membuat banyak kesalahan. Tentu saja tidak ada manusia yang sempurna dan semua orang pernah berbuat salah. Saat kamu menginjak usia 30-an, sudah saatnya kamu memaafkan diri atas kesalahan-kesalahan yang pernah kamu buat. Orang-orang yang berlatih mengampuni diri sendiri selalu melihat kelemahan mereka sebagai bahan untuk perubahan dan mencoba menghindari kesalahan yang sama di masa depan.

Belajar dari kesalahanmu, biarkanlah kesalahan itu dan tetap lanjutkan hidupmu. Jangan terpaku pada kesalahan masa lalu. Memaafkan diri sendiri dan belajar dari kesalahan yang pernah di buat adalah kunci utama keberhasilan.

7. Mulailah Berolahraga Secara Teratur

Berolahraga Secara Teratur
Kesehatan merupakan investasi bentuk nyata. Saat kamu berusia 30-an seringlah berolahraga untuk menjaga kesehatanmu. Saat berusia 30-an kamu akan kehilangan massa otot dan metabolisme tubuhmu semakin melambat. Maka dari itu, mengapa sangat dianjurkan untuk rajin berolahraga di usia 30-an.

Cobalah untuk sering bergerak seperti lari maupun jalan kaki, jangan terbiasa untuk naik motor. Kamu juga bisa dengan berolahraga sesuai dengan yang kamu sukai seperti hiking, berenang, bersepeda, sepakbola dan berbagai jenis olahraga yang menyehatkan lainnya.

8. Mulailah Menjenguk Orang Tuamu Secara Berkala

Menjenguk Orang Tuamu Secara Berkala
Bukan hal yang mengherankan lagi, ketika kita berusia 30-an. Kita akan terjebak dalam membesarkan keluarga, membangun karir dan sebagian banyak dari kita lupa untuk mempererat hubungan kita dengan orang tua. Ingatlah bahwa orang tua kita akan bertambah tua dan mereka tidak akan hidup selamanya. Mengabaikan orang tua dapat membuatmu menyesal di kemudian hari.

Ketika menjenguk orang tua-mu, tentu saja kamu akan melakukan percakapan-percakapan sederhana yang membuat mereka merasa lega, seperti "hai ibu/ bapak, bagaimana kabarmu?". Itu semua yang diperlukan untuk mengurangi kekhawatiran mereka, menjaga kesejahteraan mental dan emosional mereka utuh dan menjaga hubunganmu dengan mereka tetap sehat. Kunjungi orang tuamu kapanpun kamu bisa.

9. Mulailah Terbiasa Memakan Makanan Yang Sehat

Makanan Yang Sehat
Saat kamu berusia 20-an kamu mungkin memakan apa saja karena ingin mengetahui rasa tanpa memikirkan dampaknya. Namun, ketika kamu berusia 30-an hal semacam itu harus kamu hindari agar di usia 40-an, 50-an dan umur berikutnya kamu tidak terbebani dengan daftar keluhan kesehatan.

Agar hidupmu sehat, makanlah makanan yang rendah lemak jenuh, perbanyak makan buah-buahan dan sayuran. Hindari makanan instan, hindari alkohol. Prioritaskanlah kesehatanmu, karena kesehatan adalah kekayaanmu.

10. Menikmati Hidup

Menikmati Hidup
Hanya karena kamu tidak berusia 20-an lagi bukan berarti kamu harus berhenti bersenang-senang. Menghabiskan waktu saat berusia 30-an hanya dengan mengejar uang hanya akan membuatmu marah-marah, stres dan tidak bahagia. Kamu harus tahu waktunya bekerja keras dan waktunya besenang-senang. Jadi nikmati hidup dengan orang-orang yang kamu sayangi sebisa mungkin.

Pergilah kencan dengan pasanganmu, bermain dengan anak-anak Anda (jika kamu memilikinya), mengatur perjalanan berwisata dengan teman-teman dekatmu untuk pergi melihat dunia. Kamu hanya hidup sekali. Mengapa tidak hidup dengan cara yang terbaik? Bersenang-senanglah di usia 30-an dan buatlah kenangan indah, tapi ingat jangan sampai melupakan tujuan hidupmu.

Baca Juga : 12 Hal Yang Harus Kamu Hindari Saat Berada Di Tempat Kerja

Nah berikut 10 perubahan gaya hidup yang harus sobat izwie lakukan ketika berusia 30-an, semoga bermanfaat dan selamat beraktifitas :)
Direkomendasikan Untuk Anda :

0 komentar: