Wednesday 13 January 2016

8 Hal Yang Mahasiswa Fakultas Ekonomi Yang Akan Mengerti

Menjadi mahasiswa Fakultas Ekonomi (FE), mungkin tidak sekeren menjadi mahasiswa Fakultas Kedokteran (FK), karena FE adalah fakultas yang hampir selalu ada di setiap universitas baik negeri maupun swasta. Jika ada "gengsi" menjadi mahasiswa FE, mungkin hanya bisa dirasakan oleh mahasiswa yang berkuliah di universitas bonafid, serta akreditasinya sangat baik (A). Jumlah mahasiswa FE memang bejibun, sehingga lulusannya pun sangat membludak. Karena banyaknya lulusan FE membuat persaingan mereka di dunia kerja menjadi cukup sengit. Sehingga mereka berusaha untuk menjadi terbaik di bidangnya agar mendapatkan posisi yang baik di tempat kerja mereka.

Ngomong-ngomong soal FE, nggak ada salahnya jika kita mengintip sejenak apa saja sih yang dirasakan oleh mahasiswa yang berkuliah di FE ini. KAmu yang kebetulan sedang kuliah atau lulusan FE pasti merasakan dan mengerti hal-hal berikut ini. Check this out!

1. Walau Sering Dianggap Mata Duitan dan Suka Itung-itungan, Hal Itu Semata-mata Karena Mahasiswa Akuntansi adalah Pengatur Keuangan yang Andal

Salah satu jurusan yang ada di Fakultas Ekonomi adalah Akuntansi. Kerjaan utama mereka adalah membuat laporan dan menganalisanya. Jadi jangan heran, kadang jiwa akuntansi yang sudah merasuk di jiw mereka membuat mahasiswa akuntansi menjadi orang yang itun-itungan, terlihat mata duitan dan kadangkala pelit. Nggak usah heran, mereka itu bukan seperti anggapan kalian. Mereka hanya berusaha menanamkan jiwa teliti, hemat dan bertanggungjawab dalam kehidupan mereka meskipun uang yang dihitung bukan milik mereka sendiri. Hehehe.

Baca Juga : Alasan Kenapa Banyak Mahasiswa Bernilai "C" Bisa Menjadi Sukses

2. Anak Ilmu Ekonomi Sering Disebut Kebanyakan Makan Teori. Muka Mereka Pun Serius Banget, Nggak Jauh-jauh dari Adam Smith atau Keynes

Jurusan lainnya yang tergabung dalam FE adalah Ilmu Ekonomi. Mereka mempelajari ilmu ekonomi secara luas (makro), sehingga mereka harus menguasai berbagai teori yang telah dikembangkan oleh para ahli ekonomi. Nggak usah heran deh, kalau ketemu dengan mahasiswa ilmu ekonomi, mereka akan nampak selalu serius karena yang mereka pikirkan mulai dari kenaikan harga bawang hingga kerjasama internasional. Nah, lho! Muka mereka kadang sudah mirip dengan ahli ekonomi yang ada di buku-buku macam Adam Smith atau Keynes.

3. Setiap Mahasiswa FE Diajarkan Kewirausahaan. Inilah yang Membuat Mereka Pandai Memanfaatkan Peluang Usaha

Ya, setiap mahasiswa FE pasti mendapat matakuliah kewirausahaan. Jadi mereka sudah punya bekal untuk menapaki karir menjadi pengusaha atau entrepreneur. Mereka pun pandai menangkap peluang usaha yang bahkan sudah mereka rintis sejak masih kuliah dengan berbisnis sampingan. Keren, kan?

4. Bagi Mereka yang Kuliah Manajemen, Mereka Terkadang Berperilaku Layaknya Bos Karena Suka Mengatur Orang Lain

Punya temen anak manajemen yang tingkahnya bossy? Terkadang, sikap suka mengatur orang dimiliki oleh mereka yang kuliah ilmu manajemen. Positifnya, mereka berbakat menjadi pemimpin. Negatifnya, mereka kadan jadi menyebalkan karena sikap bossy mereka.

5. Yang Nyebelin Itu, Saat Mahasiswa Jurusan Ekonomi Pembangunan ditanya Mau Membangun Bangunan Apa? Fiuh...

Satu lagi jurusan di FE yang sering jadi sasaran salah pertanyaan yang bikin mereka berkerut dahi, yaitu jurusan EKonomi Pembangunan (EP). Mau membangun bangunan apa sih? Hellow, padahal yang mereka pelajari di jurusan Ekonomi Pembangunan bukanlah membangun bangunan fisik layaknya gedung. Kalau itu mah lebih tepatnya ditanyakan kepada mahasiswa jurusan teknik sipil atau arsitektur! Namun, biasanya anak EP dengan tabah dan sabar menjelasakan kepada orang yang bertanya bahwa mereka membangun perekonomian negara, bukan membangun gedung.

6. Karena Lulusan FE Jamak Ditemukan di Pasar Kerja, Mereka Pun Jadi Kreatif Membuat Pembeda di Antara Para Pesaingnya

Seperti yang sudah disebutkan di awal tadi, FE mudah ditemui di universitas negeri maupun swasta, sehingga lulusan mereka pun membludak memenuhi pasar kerja. Nah, karena itu mereka jadi kreatif untuk menampilkan sesuatu yang beda dari yang lain untuk menarik minat calon pengguna mereka supaya diterima kerja di perusahaan terbaik. Bisa jadi mereka punya keahlian lain seperti penguasaan bahasa asing, keterampilan khusus, dan juga jiwa pemimpin yang unggul.

7. Mereka Selalu Berpikir Global, dan Mengikuti Sosial Ekonomi yang Berkembang di Masyarakat. Jangan Heran Mereka Suka Ngikutin Berita Terkini

Inilah yang keren dari mahasiswa FE. Mereka selalu berusaha memiliki wawasan yang luas, karena itu mereka pun punya ketertarikan lebih untuk mengikuti berita terkini baik di koran, televisi, media online, jurnal, dan sebagainya. Mereka update bukan cuma gaya-gayaan. Mereka ingin jadi mahasiswa yang tahu situasi terkini perekonomian karena bidan ekonomi selalu berkembang sesuai dengan keadaan sosial politik sebuah negara. (Pusing nggak sih bacanya? Hehehe).

8. Lebih dari Itu, Mahasiswa FE Adalah Pencipta Lapangan Pekerjaan. Kamu Patut Berbangga Turut Menjadi Solusi Bagi Pemerintah dalam Mengurangi Angka Pengangguran

Kalau kamu mahasiswa FE, selamat! Kamu punya kesempatan untuk membantu pemerintah untuk mengurangi angka pengangguran di negeri ini. Setelah lulus kuliah, kamu pantang menganggur. Bahkan dengan ilmu kewirausahaan yang kamu miliki, kamu bisa membuka lapangan pekerjaan untuk orang lain. Mulia banget kan?

Nah, itulah beberapa hal yang hanya bisa dimengerti oleh mahasiswa Fakultas Ekonomi. Buat kamu yang punya gebetan anak FE, saatnya mempertimbangkan hal-hal tersebut supaya kamu merasa yakin bahwa anak FE bisa diandalkan untuk jadi pasangan. Pun sebaliknya, jika kamu anak FE, maksimalkan kelebihanmu untuk meraih prestasi dan bermanfaat untuk orang lain.
TAGS
#Mahasiswa
Direkomendasikan Untuk Anda :

0 comments: