Senin, 21 Desember 2015

Inilah Alasan Kenapa Banyak Mahasiswa Bernilai "C" Bisa Menjadi Sukses

Banyak orang berfikir bahwa jika kita mau belajar dengan keras dan lulus dengan nilai yang baik, maka kita akan bisa mendapatkan pekerjaan yang baik. Sayangnya hal itu tidak selalu benar. Nilai yang baik dan ijazah memang penting, tapi jika sudah masuk dalam dunia kerja semua hal itu tidaklah penting. Orang-orang tidak akan melihat melalui nilai yang sudah kamu hasilkan. Ketika kamu lulus, satu-satunya hal yang paling penting adalah pengetahuan dan kemampuanmu.

Bagi kamu yang masih bersekolah atau kuliah, mungkin akan sulit menerima hal ini. Tapi jika kamu sekarang sudah bergelut dalam dunia kerja kamu bisa melihat bagaimana kondisi teman-temanmu dulu yang memiliki nilai akademis di bawah rata-rata. Dan untuk lebih jelasnya, berikut beberapa alasan kenapa banyak siswa yang memiliki nilai C bisa menjadi sukses.

1. Mereka Benar-benar Memahami Apa Yang Mereka Inginkan

Mahasiswa Bernilai "C" Bisa Menjadi Sukses
Seorang mahasiswa yang memiliki nilai di bawah rata-rata cenderung untuk tidak banyak menghabiskan waktu di dalam kelas. Apalagi jika pelajaran dalam kelas tersebut tidak sesuai dengan tujuan mereka. Mereka lebih memilih untuk belajar di luar untuk meningkatkan kemampuan mereka.

Dan ketika kamu mencoba untuk menjadi seorang programmer atau teknisi, tentunya kamu tidak perlu untuk menulis berbagai makalah menjengkelkan yang benar-benar tidak sesuai dengan bidang atau tujuanmu.

Baca Juga : 11 Perbedaan Antara Orang Sibuk Dan Orang Produktif Yang Jarang Dipahami Oleh Orang Lain

Mahasiswa yang memiliki nilai C benar-benar berani untuk tidak ikut jam mata kuliah jika mata kuliah tersebut tidak ada kaitannya dengan tujuan mereka. Kita ambil contoh orang-orang yang sukses seperti Steve Jobs, Mark Zuckerberg, Bill Gates. Jika kita membaca biografinya, mereka tidak pernah menyelesaikan kuliahnya dan berhasil dalam bidangnya karena mereka benar-benar terfokus untuk melakukan apa yang mereka sukai. Jadi satu-satunya cara untuk bisa menjadi sukses adalah dengan melakukan pekerjaan sesuai dengan apa yang kita cintai. Dengan begitu kita akan terus berusaha untuk menghasilkan suatu mahakarya yang sempurna tanpa mudah merasa puas.

2. Mereka Tahu Bagaimana Cara Menikmati Hidup

Ketika mahasiswa yang hidupnya selalu disibukan dengan belajar, belajar dan belajar hanya karena ingin mengejar nilai A, mahasiswa dengan nilai C lebih bisa memahami bagaimana cara menikmati hidup. Mereka sadar bahwa masa depan mereka tidak ditentukan oleh ijazah dengan nilai A semua. Bahkan jika mereka tidak bisa mendapatkan ijazah, hal itu tidak akan menjadi masalah karena mereka yakin bahwa ijazah bukanlah satu-satunya faktor pendukung kesuksesan.

3. Mereka Mementingkan Pengalaman

Kebanyakan para mahasiswa yang memiliki nilai C mulai bekerja lebih awal dari teman-temannya. Mereka berani menggambil resiko meninggalkan kelas untuk mencari nafkah atau pengelaman baru agar kemampuan mereka terus meningkat. Disaat yang sama, tentunya pengalaman itu memiliki arti tak ternilai melebihi nilai mata kuliah "A". Dan kamu juga harus memahami bahwa ketika kita lulus kuliah dan mulai bekerja di perusahaan. Kita cenderung akan dipekerjakan tanpa pengalaman sedikitpun.

4. Mereka Membangun Relasi

Disaat para mahasiswa dengan nilai A terjebak pada mata kuliah yang mungkin tidak akan berguna bagi hidupnya kelak, mahasiswa dengan nilai pas-pasan mencari peluang untuk kehidupannya kelak. Mereka lebih memilih untuk mencari relasi dengan berbicara dengan berbagai macam orang untuk mencari wawasan, ide dan inspirasi. Saat berada dalam dunia kerja yang sesungguhnya, memahami bahwa sebuah relasi dan kemampuan berkomunikasi yang baik merupakan suatu hal yang sangat berpengaruh bagi kesuksesan seseorang.

5. Mereka Menemukan Solusi Yang Paling Sederhana

Karena mahasiswa bernilai C lebih mementingkan pengalaman dan banyak melakukan praktek dari pada teori. Dari pada sibuk membicarakan berbagai teori yang paling cocok untuk menemukan solusi, mereka lebih memilih untuk menemukan solusi yang paling sederhana. Hal inilah yang bisa membuat mereka bisa lebih cepat berkembang dan bisa menjadi sukses.

Bahkan seorang miliader Bill Gates yang bisa dikatakan sukses dalam bidang yang ia geluti. Dia selalu berfikir terbuka tidak seperti kebanyakan orang, dia tidak pernah melihat orang dari nilai ijazah atau dia lulusan dari universitas mana. Dalam salah satu kutipan terkenalnya, mengatakan bahwa "saya akan selalu memilih orang yang malas untuk melakukan pekerjaan yang sulit. Karena dia akan menemukan cara yang mudah untuk melakukannya"

6. Mereka Mengikuti Impian Mereka

Sudah banyak kesuksesan yang datang karena kita benar-benar mencintai apa yang kita lakukan. Sayangnya ketika memasuki perguruan tinggi, banyak mahasiswa yang tidak mengerti apa yang sebenarnya mereka butuhkan.

Seorang mahasiswa bernilai C yang mempunyai impian, mereka lebih percaya pada mimpi mereka dibandingkan dengan teori-teori dalam kelas. Hal itulah kenapa mereka lebih suka berfikir tentang bagaimana cara untuk menggapai mimpi mereka, ketimbang bagaimana cara untuk mendapatkan nilai A.

7. Mereka Memahami Perjuangan

Ini tidak berlaku bagi mahasiswa yang memiliki nilai C karena mereka hanya malas untuk menghadiri kelas dan hanya pergi untuk nongkrong bersama teman-temannya di cafe tanpa mempunyai tujuan yang jelas dan tidak ada upaya sedikitpun.

Seorang mahasiswa bernilai C yang sukses, mereka selalu memiliki visi dan memahami tentang perjuangan dengan terus-menerus untuk mewujudkannya. Mereka juga memamahi bahwa kesuksesan membutuhkan kecerdasan emosional, ketekunan, semangat dan yang paling penting bagaimana cara untuk mengatasi kegagalan.

Dalam dunia bisnis serta kehidupan, pasti akan ada yang namanya pasang surut tanpa memperdulikan berapa nilai dalam ijazahmu. Untuk itu, seorang mahasiswa bernilai C yang bisa menjadi sukses karena mereka tahu artinya perjuangan, dimulai dengan melewati berbagai ujian dan berakhir dengan meraih apa yang menjadi impian mereka.

Baca Juga : 10 Ciri-ciri Orang Yang Tidak Bisa Sukses

Jadi inti dari pembahasan kali ini, setiap kesuksesan seseorang tidak hanya ditentukan oleh nilai ijazah. Semua orang berhak untuk menjadi sukses asalkan memahami berbagai urian yang sudah disebutkan di atas. Semoga berbagai penjelasan di atas bisa menjadi inspirasi dan selamat berjuang...
Direkomendasikan Untuk Anda :

0 komentar: