Thursday 2 January 2020

Pengertian Hosting Untuk Orang Awam

Untuk anda yang ingin membuat website, jangan lupa untuk mempersiapkan hosting terlebih dahulu. Website master tentu sudah tidak asing lagi dengan hosting. Kenapa harus ada hosting sebelum membuat website ?. Jawabannya karena tidak mungkin ada website yang terbangun jika tidak ada hosting. Sebelum ada rumah, maka tanah lebih dulu ada di atas dunia. Nah tanah tersebut yang akan bisa memberikan keindahan dan kesuburan, karena tanah bisa anda tanami bunga, tumbuhan, padi, jagung dan sebagai sumber kehidupan, tidak terkecuali juga bisa untuk mendirikan bangunan.

Nah seperti itulah ibarat hosting. Hosting bisa anda bangun dengan sebuah website, bisa anda bangun dengan sebuah blog, bisa anda bangun dengan website marketing, dan lain sebagainya. Kemudian daripada itu, anda juga bisa memanfaatkan website untuk bisnis, untuk jualan, untuk promosi usaha orang, untuk menjual jasa atau keahlian pribadi. Setelah mengetahui apa pengertian hosting, maka anda juga harus mengetahui tentang jenis-jenis dan fungsi hosting.

Jenis-Jenis Hosting Yang Bisa Anda Pelajari

Shared Hosting
Shared hosting merupakan pilihan hosting yang bisa anda pilih karena biaya hosting paling murah dan sangat terjangkau. Hosting ini cocok untuk anda yang pemula, baru merintis usaha kecil, dan untuk bloging.

Cloud Hosting
Cloud Hosting termasuk jenis hosting yang baru dalam dunia hosting. Keberadaannya pun masih jarang ditemui. Harga sewa cloud hosting memiliki harga yang relatif mahal tergantung seberapa besar sumber daya yang anda gunakan. Hosting ini di rekomendasikan untuk anda yang memiliki website yang berkembang setiap waktu.

VPS Hosting
VPS Hosting adalah kepanjangan dari Virtual Private Server Hosting. VPS memberikan penawaran sebuah mesin virtual untuk klien. VPS secara virtualisasi hamper mirip dengan shared hosting yang mana satu komputer bisa memiliki beberapa situs yang berjalan bersama di atasnya. Jika anda menggunakan VPS hosting maka tidak akan memakan biaya meskipun pada saat menjalankan software dan website di lingkungan baru / tempat yang berbeda.

Managed WordPress Hosting
Jenis hosting ini adalah jenis hosting yang didirikan khusus untuk website dengan platform wordPress. Semua blogger pasti sudah tidak asing lagi dengan platform wordPress yang sangat populer di dunia. Disana ada banyak paket hosting khusus untuk membangun platform wordPress terutama pada woocommerce. Server pada manage wordPress hosting selalu stabil dan optimal dan dapat berjalan dengan baik tanpa ada gangguan.

Kelebihan managed wordPress Hosting yang lain adalah Situs otomatis update dengan sendirinya, dapat di backup harian maupun mingguan secara otomatis, database optimal, keamanan wordPress lebih optimal, server bisa lebih banyak menangani lalu lintas, dan yang sangat menarik adalah mendapatkan banyak dukungan dari para ahli yang berkecimpung dalam dunia wordPress.

Dedicated Hosting
Tidak jauh berbeda dengan jenis managed wordPress hosting, dedicated hosting merupakan istilah untuk mendeskripsikan paket website hosting yang menyediakan server dengan customer tunggal. Menggunakan hosting yang satu ini akan menarik pengunjung website anda dengan jumlah viewer atau pengunjung yang sangat besar. Anda juga harus mengeluarkan biaya yang cukup mahal jika menggunakan hosting ini karena dipengaruhi oleh jumlah sumber daya seperti ruang penyimpanan, besar kecilnya Ram, dan bandwidth.

Manfaat Hosting Yang Bisa Anda Rasakan

Hosting selalu anda butuhkan terlebih jika anda adalah web master atau blog yang menjualkan produk anda sendiri atau menjualkan keahlian anda. Hosting didirikan untuk membantu anda di bidang bisnis, sosial, pendidikan, dan sampai pada kehidupan pribadi yang sering tidak disadari oleh banyak pengguna hosting. Di bawah ini beberapa manfaat hosting bisa bisa anda rasakan, antara lain adalah :

1. Menyimpan Data Dengan Praktis
Dengan adanya hosting pada website maka meringankan anda dalam soal simpan menyimpan data secara praktis. Data pengunjung maupun data anda akan dikelompokkan dan tersimpan dalam suatu wadah yang memiliki ruang penyimpanan yang sangat luas dan hemat.

2. Anda Lebih Hemat Waktu Dan Tenaga
Website yang di bangun dengan hosting akan memudahkan anda dalam bekerja. Website sangat ampuh untuk membantu anda mengelola atau memfasilitasi bisnis online sehingga anda bisa lebih bisa berhemat waktu dan tenaga dengan memanfaatkan fitur-fitur atau layanan tertentu.

3. Konstumisasi Yang Sangat Mudah
Website juga sebagai media pemasaran online jadi anda bisa memberikan kenyamanan kepada setiap pelanggan sebab memiliki kostumisasi yang sangat mudah dikelola melalui Cpanel. Sedangkan Cpanel ini berfungsi untuk menyeting serta menambahkan fitur-fitur baru yang ingin anda tambahkan untuk mengembangkan website anda.

4. Anda Lebih Berhemat Biaya
Hosting sudah banyak membantu meminimkan biaya yang besar seperti untuk membeli media penyimpanan. Sebaiknya hosting memiliki ruang penyimpanan yang besar, jadi biaya tersebut bisa dialokasikan dengan keperluan lain.

5. Hosting Sebagai Media Untuk Pelestarian Alam
Dengan adanya hosting dan website, anda tidak perlu memberikan informasi secara face to face karena bisa melalui media digital yang jauh lebih mudah, murah serta yang penting untuk lingkungan hidup adalah bisa untuk melestarikan alam. Hosting tidak mengakibatkan lingkungan tercemar, tidak mengganggu kehidupan orang lain, bahkan sangat membantu pekerjaan anda.



Direkomendasikan Untuk Anda :

0 comments: