Selasa, 06 September 2016

Cara Terbaik Untuk Menjadi Orang Yang Lebih Bertanggung Jawab

Setiap individu pastinya mempunyai hak dan kewajiban. Kedua hal ini juga akan dapat berjalan dengan seimbang jika kita mampu menjadi pribadi yang lebih bertanggung jawab. Memiliki rasa tanggung jawab yang tinggi memang tidaklah mudah, semua itu membutuhkan proses balajar dan tentunya juga dibarengi dengan tindakan.

Rasa tanggung jawab bisa didapatkan dari keluarga dekat, saudara, teman atau dari menonton film. Memiliki rasa tanggung jawab tinggi merupakan sebuah ketrampilan hidup dan semua itu tergantung pada dirimu seutuhnya. Sebagai contoh, ketika kamu lebih memilih untuk membolos kuliah atau menghamburkan uang pribadimu dengan sembarang. Ini merupakan pembuktian pada diri sendiri, bagaimana seharusnya kamu mempertangggung jawabkan hidupmu.

Jadi pada akhirnya, semua itu sepenuhnya ada pada keputusanmu. Dan kamu tidak bisa serta merta menyalahkan orang lain atas kesalahan yang telah kamu perbuat. Sebagai bahan untuk inspirasi, berikut beberapa tips agar kamu bisa menjadi pribadi yang lebih bertanggung jawab;

1. Berhentilah Membuat Alasan Untuk Diri Sendiri

Orang Yang Lebih Bertanggung Jawab
Setiap orang memiliki hak untuk melakukan kesalahan, yang terpenting mereka harus berani mempertanggung jawabkannya dan memperbaiki hal itu. Ketika kamu melakukan kesalahan, langkah yang terbaik adalah dengan mengakuinya dan memperbaiki kesalahan tersebut hingga mendapat hasil yang lebih sempurna. Melemparkan kesalahan kepada orang lain hanya akan membuatmu menjadi seorang pengecut dan hanya akan menambah masalah dalam hidupmu.

Kamu harus berfikir dengan jelas tentang apa yang bisa kamu lakukan dan tidak bisa kamu lakukan agar kamu tidak terjebak untuk membuat alasan pada diri sendiri. Ini artinya, janganlah kamu gampang menghiyakan sesuatu, padahal kamu masih mempunyai tanggungan yang lain. Jika kamu memang tidak menyanggupi sebaiknya katakan tidak, dari pada kamu hanya membuat banyak janji namun tidak mampu menempati semua. Bukanlah hal itu hanya akan memperburuk keadaanmu.

2. Jangan Mudah Mengeluh

Mengeluh biasanya dilakukan oleh orang-orang yang terlalu banyak bicara tanpa diimbangi dengan tindakan. Mereka hanya terlihat besar melalui kata-katanya, namun jika mereka benar-benar dihadapkan pada masalah, mereka lebih memilih untuk menjauh.

Baca Juga : 15 Ciri-ciri Orang Yang Memiliki Mental Kuat

Jika kamu benar-benar ingin menjadi pribadi yang lebih bertanggung jawab, berhentilah untuk banyak mengeluh. Dari pada mengeluh, bukankah lebih baik mengumpulkan energi untuk menyelesaikan tanggung jawab yang sudah diberikan padamu. Lebih lagi jika tanggung jawab itu adalah sesuatu yang sudah kamu pilih sebelumnya.

Dengan mengeluh, kamu hanya akan lebih berfikir negatif dan ini hanya akan menyengsarakan hidupmu.

3. Jangan Mudah Menunda

Ketika berbicara tentang penundaan dan tanggung jawab, ini tentunya akan selalu berkaitan dengan kesuksesan. Di dunia ini tak ada satupun orang sukses yang tidak bekerja keras. Jika dalam kehidupan ini kamu sering menunda-nunda segala sesuatu dan lebih banyak membuang waktu berhargamu, kamu akan lebih lama untuk meraih kesuksesanmu dan bahkan sampai kapanpun kamu tidak akan bisa meraihnya.

Dengan menunda-nunda hanya akan membuat hidupmu sia-sia. Jadi ketika saat ini kamu masih memiliki banyak waktu luang, pergunakanlah dengan cerdas dan kreatif agar kamu bisa menjadi orang yang lebih bertanggung jawab hingga membawamu menjadi pribadi yang lebih bahagia dan sukses.

4. Jadilah Pribadi Yang Terorganisir

Setiap orang dewasa pastinya memiliki satu kesamaan, yaitu jadwal yang padat walaupun berbeda takaran. Yang jelas mereka akan dipenuhi dengan janji-janji dan tanggung jawab. Saat ini kamu mungkin tidak terlalu memiliki banyak janji, namun tetap saja kamu akan dihadapkan dengan kehidupan yang perlu kamu atur dengan baik agar kamu bisa lebih mudah untuk mempertanggung jawabkannya.

Kunci hakikat kehidupan yang baik terletak pada bagaimana kamu memprioritaskan setiap aspek dalam kehidupanmu. Jadi ketika kamu tidak bisa mengatur hidupmu dengan baik, janji-janji dan tanggung jawabmu akan lebih sulit untuk diselesaikan. Ini hanya akan membuatmu menjadi pribadi yang penuh dengan janji tanpa ada rasa tanggung jawab yang lebih baik.

5. Jadilah Konsisten & Jaga Jadwalmu

Setelah kamu bisa mengorganisir hidupmu dengan baik, jadilah konsisten dan selalu jaga jadwalmu dengan baik. Jika kamu sudah bekerja, cobalah untuk bangun pada waktu yang sama setiap hari, bahkan pada hari libur sekalipun. Ini akan membuatmu konsisten.

Dampak baiknya jika kamu mampu bangun lebih awal, kamu akan memiliki lebih bayak waktu untuk menyelesaikan tugas-tugasmu. Dan ketika di waktu libur, kamu bisa lebih bersantai dan menikmati hari libur semaksimal mungkin. Setelah itu, jangan sampai lupa untuk menyisihkan waktumu untuk keluarga dan temanmu. Jika memang kamu tidak bisa berkunjung kamu bisa melakukan panggilan. Sesibuk apapun dirimu, menyisihkan waktu untuk mereka adalah hal yang penting juga.

Baca Juga : 11 Perbedaan Antara Orang Sibuk Dan Orang Produktif Yang Jarang Dipahami Oleh Orang Lain

6. Pelajari Cara Mengelola Keuangan

Salah satu tanggung jawab utama menjadi orang dewasa adalah mengurus keuangan dengan baik. Hal ini karena kelak kamu akan mendapatkan pekerjaan, menerima gaji dan mencoba hidup dengan itu dari bulan ke bulan. Kamu harus bisa membayar tagihan bulanan tepat waktu agar hidupmu tidak berantakan.

Jika kamu mampu menabung uangmu untuk berjaga-jaga pada hal-hal yang tidak dinginkan, ini merupakan sebuah ide yang baik. Sayangnya tidak semua orang bisa belajar tentang bagaimana mengelola keuangan mereka dengan baik. Mereka lebih sering untuk menghabiskan sebagian dari gaji mereka sebelum akhir bulan. Bahkan kadang-kadang mereka sampai tidak mampu membayar tagihan bulanan mereka, seperti; tagihan listrik, air, internet dan lain-lain. Tentu saja ini adalah contoh orang yang tidak bisa bertanggung jawab bukan?.

Apakah kamu ingin hidupmu normal dan lebih bertanggung jawab? Kamu perlu belajar tentang bagaimana mengelola keuangan dengan baik. Kamu harus membayar semua tagihan ketika kamu mendapatkan gaji. Kemudian membeli bahan makanan, membuat rencana tentang bagaimana menggunakan sisanya dengan sebijak mungkin. Kamu juga harus memiliki uang tabungan atau kamu bisa berinvestasi. Hal ini merupakan suatu hal yang baik daripada kamu menghabiskannya dengan sembarangan, hingga pada akhirnya kamu hanya akan memiliki banyak hutan dan masalah.

Baca Juga : 10 Hal Yang Dilakukan Orang Sukses Ketika Berumur 30 Tahun

Berikut tadi adalah cara-cara terbaik untuk menjadi orang yang lebih bertanggung jawab. Jika kamu ingin menjadi orang yang lebih bertanggung jawab, jangan sampai terlepas dari hal itu. Sekarang apakah kamu mempunyai pendapat lain? Silahkan melakukan komentar dan jangan lupa untuk berbagi informasi yang inspiratif ini ya....
Direkomendasikan Untuk Anda :

0 komentar: