Kamis, 29 Oktober 2015

15 Ciri-ciri Orang Yang Memiliki Mental Kuat

Kebiasaan sehat hanya dimiliki orang-orang yang memiliki mental yang kuat. Hal itu karena mereka selalu mengelola emosi, pikiran dan perilaku mereka agar hidup mereka bisa menjadi sukses dan bahagia.

Semua orang bisa memiliki mental kuat asal mereka mau dan berani untuk menjalaninya, dan agar kamu bisa lebih memahami, berikut 15 ciri-ciri orang yang memiliki mental kuat yang perlu kamu ketahui;

1. Mereka Bertanggung Jawab

Ciri-ciri Orang Yang Memiliki Mental Kuat
Orang yang memiliki mental yang kuat tidak duduk santai agar dikasihani atas keadaan mereka atau bagaimana orang lain telah memperlakukan mereka. Melainkan, mereka mengambil tanggung jawab atas perbuatan yang mereka lakukan dan memahami bahwa hidup tidak selalu mudah dan adil.

Baca Juga : Cara Terbaik Untuk Menjadi Orang Yang Lebih Bertanggung Jawab

2. Mereka Tidak Dikendalikan

Orang yang bermental kuat tidak mengizinkan orang lain untuk mengendalikan mereka dan tidak memberikan orang lain memiliki kekuasaan atas hidup mereka. Mereka juga tidak mengatakan hal-hal seperti "Orang di sekitar saya yang membuat saya menjadi buruk," mereka memahami bahwa mereka bisa mengendalikan emosi dan mereka mempunyai pilihan untuk merespon berbagai keadaan dengan cara bijak. Jadi, seandainya mereka melakukan kesalahan atau perbuatan buruk, mereka tidak akan menyalahkan orang lain. Hal itu murni kesalahan sendiri karena telah salah dalam menerjemahkan keadaan yang sedang mereka hadapi.

3. Mereka Menghadapi Perubahan Dengan Fleksibel

Harus kamu tahu bahwa orang yang memiliki mental kuat tidak mencoba untuk menghindari perubahan. Sebaliknya, mereka menyambut perubahan positif dan bersedia untuk menjadi fleksibel. Mereka memahami ada perubahan yang tidak bisa dihindari dan percaya pada kemampuan mereka untuk berusaha beradaptasi.

4. Mereka Bisa Mengontrol Emosi

Kamu tidak akan mendengar orang yang memiliki mental kuat mengeluh karena kehilangan dompet atau terjebak dalam kemacetan lalu lintas. Mereka hanya fokus pada apa yang dapat mereka kontrol dalam hidup mereka. Mereka menyadari bahwa satu hal penting yang harus mereka kontrol adalah sikap mereka.

5. Mereka Tidak Mengikuti Kebanyakan Orang

Hanya karena semua orang melakukan sesuatu secara bersama-sama bukan berarti mereka juga harus mengikutinya. Ini seperti fenomena seseorang yang bertindak secara brutal dengan mengikuti suatu tren yang sedang ramai diperbincangkan. Orang yang memiliki mental kuat tidak akan mengikuti kebanyakan orang, sebaliknya mereka justru mundur dari kerumunan dan mengamati apa yang sedang orang lain lakukan.

Di sisi lain, orang bermental kuat juga tidak akan membiarkan pikirannya dipengaruhi oleh perilaku negatif orang lain. Perilaku negatif orang lain hanya akan melewati pikirannya tanpa membuatnya berperilaku sama.

6. Mereka Tidak Khawatir Jika Tidak Menyenangkan Orang Lain

Orang yang memiliki mental kuat menyadari bahwa mereka tidak perlu untuk menyenangkan semua orang. Mereka tidak takut untuk mengatakan tidak atau berbicara ketika benar-benar diperlukan. Mereka berusaha untuk menjadi baik dan adil, tetapi dapat menangani orang yang marah karena sikap mereka.

7. Mereka Tidak Takut Untuk Mengambil Resiko

Orang-orang yang memiliki mental kuat tidak mengambil resiko dengan cara sembrono, tetapi juga tidak takut untuk mengambil resiko. Mereka menghabiskan waktu untuk menimbang resiko sebelum membuat keputusan yang besar.

8. Mereka Tidak Terpaku Pada Masa Lalu

Salah satu tanda orang bermental kuat, mereka tidak membuang waktu untuk terus memikirkan masa lalu mereka. Mereka mengakui masa lalu mereka dan dapat mengatakan apa yang telah mereka pelajari dari itu. Mereka juga tidak terus-menerus mengulangi kesalahan di masa lalu, tetapi mereka terus berusaha untuk menjadi lebih baik, mereka benar-benar hidup di saat ini dan merencanakan masa depan mereka.

9. Mereka Tidak Melakukan Kesalahan Berulang-ulang

Mental orang kuat menerima tanggung jawab atas perilaku mereka dan terus belajar dari kesalahan mereka di masa lalu. Akibatnya, mereka tidak terus mengulangi kesalahan-kesalahan secara terus menerus. Melalui hal itu, mereka membuat keputusan yang baik untuk masa depan mereka.

10. Mereka Tidak Cemburu Dengan Kesuksesan Orang Lain

Orang yang memiliki mental kuat dapat menghargai dan merayakan kesuksesan orang lain. Mereka tidak cemburu atau merasa terhina ketika orang lain mampu melampaui mereka. Sebaliknya, mereka mengakui bahwa keberhasilan datang karena kerja keras dan mereka bersedia bekerja keras untuk kesempatan mereka sendiri agar bisa sukses.

11. Mereka Tidak Menyerah Pada Kegagalan Pertama

Orang bermental kuat tidak melihat kegagalan sebagai alasan untuk menyerah. Sebaliknya, mereka menggunakan kegagalan sebagai kesempatan untuk tumbuh dan berkembang. Mereka bersedia untuk terus mencoba dan mencoba sampai mereka bisa melakukannya dengan benar.

12. Mereka Tidak Takut Untuk Sendiri

Orang bermental kuat bisa mentolerir kesendirian dan tidak takut untuk sendiri. Saat mereka dalam kesendirian, mereka menggunakan waktunya untuk menjadi produktif. Mereka menikmati pekerjaan yang sedang mereka kerjakan dan tidak tergantung pada orang lain. Tidak takut sendiri bukan berarti harus kesepian dan tidak butuh teman, tetapi mereka bisa membahagiakan diri walaupun hanya seorang diri.

13. Mereka Tidak Menunggu

Orang bermental kuat menyadari bahwa di dunia ini tidak ada waktu yang tepat dan tidak berharap dunia akan memberikan sesuatu kepada mereka. Sebaliknya, mereka akan terus mencari peluang untuk bisa mencapai tujuan yang ingin mereka capai.

14. Mereka Memahami Pentingnya Sebuah Proses

Orang-orang yang memiliki mental kuat tidak pernah mengharapkan hasil secara instan. Mereka memahami pentingnya sebuah proses, menerapkan keterampilan dan waktu mereka untuk mewujudkan keinginan mereka dan memahami bahwa untuk memperoleh hasil yang maksimal memerlukan sebuah proses.

15. Mereka Tidak Bertindak Secara Impulsif

Orang yang bermental kuat tidak akan melakukan sesuatu secara spontan dan impulsif (berubah-ubah). Hal ini memang terkadang cukup menyenangkan, seperti halnya membolos dari pekerjaan atau kuliah hanya didasarkan pada keinginan sesaat. Namun orang yang bermental kuat memahami, melakukan tindakan spontan bisa membuatnya mengesal dikemudian hari dan mereka akan selalu memikirkan segala hal sebelum mereka melakukan sesuatu.

Baca Juga : 10 Cara Berfikir Untuk Menjadi Orang Bijak

Nah berikut 15 ciri-ciri orang yang memiliki mental yang kuat yang bisa izwie sampaikan, dari 15 ciri-ciri di atas apakah kamu termasuk orang yang memiliki mental kuat?
Direkomendasikan Untuk Anda :

0 komentar: