Minggu, 13 September 2015

Inilah 8 Cara Cerdas Mengelola Keuangan Untuk Anak Kos

Di tahun ajaran baru seperti sekarang ini, banyak anak yang rela merantau untuk menempuh pendidikan di jenjang yang lebih tinggi ke luar kota, bahkan ke luar pulau. Kamu kah salah satunya? Tentu tidaklah mudah untuk tinggal seorang diri dan jauh dari orang tua, apalagi jika kamu terbiasa dimanjakan oleh orang tua tentu semuanya akan terasa sangat berat kan? Jangan cemas! kamu masih punya banyak kesempatan untuk mengatur ulang hidupmu, termasuk keuanganmu.

Baca Juga : Cara Ampuh Untuk Mengatur Keuangan (Cash Flow)

Jika selama ini kamu sangat kesulitan untuk mengelola atau mengatur keuangan pribadimu, ayo mulai dengan menjalani tips-tips berikut agar keuanganmu tetap lancar jaya!

1. Membuat Daftar Belanja

Membuat Daftar Belanja
Sebagai anak kos yang jauh dari orang tua, kamu bertanggung jawab terhadap semua kebutuhan pribadimu. Ketika semua perlengkapan pribadi yang kamu butuhkan untuk menunjang hidupmu habis, kamu harus segera berbelanja kembali. Nah, saat-saat rawan menghabiskan uang adalah saat berbelanja. Maka dari itu, sebelum berbelanja kamu sangat perlu membuat daftar belanja yang berisi barang apa saja yang kamu butuhkan. Untuk melihat perkiraan harga, kamu bisa melihatnya melalui internet. Jumlahkan lalu bawalah uan secukupnya atau sesuai perkiraan saat pergi ke supermarket.

2. Menabung

Menabung
Ini nih yang wajib selalu kamu lakukan saat berada jauh dari orang tua, menabung! Yup, dengan menabung kamu akan dapat untung! Uang kiriman dari orang tua, sebaiknya disisihkan sebagian untuk mengisi rekening tabunganmu. Jika ada keperluan mendesak, uang tabungannya akan sangat amat membantu dan kamu tidak perlu merepotkan orang tua. Tidak harus selalu menabung di bank kok, di celengan ayam pun kamu bisa mengumpulkan koin demi koin untuk dikumpulkan. Menabung itu menyenangkan loh!

Baca Juga : 9 Tips Seru Menabung Supaya Kamu Punya Rekening Gendut

3. Menjatah Uang Perhari

Menjatah Uang Perhari
Nah, agar keuanganmu tetap terjaga pengeluarannya maka kamu harus melakukan penjatahan perharinya. Kamu boleh mencatat terlebih dahulu dalam satu hari biasanya kamu mengeluarkan uang untuk apa saja, jumlahkan nominalnya maka sejumlah nominal tersebut yang jadi jatahmu perhari. Kurangi keinginanmu untuk bermewah-mewah ya karena selama jauh dari orang tua kamulah yang bertanggung jawab terhadap keuanganmu.

4. Hemat Pemakaian Pulsa

Hemat Pemakaian Pulsa
Jika kamu pengguna smartphone yang membutuhkan pulsa khusus internet, maka belilah kuota terbesar yang disediakan oleh provider pilihanmu. Selain lebih hemat, pemakaiannya pun dapat lebih lama. Harus diingat bahwa jatah internet yang kamu pakai saat ini adalah jatah untuk sebulan kedepan, jangan terlalu sering dipakai untuk mengunduh atau menonton sesuatu yang tidak penting. Hal ini pun berlaku untuk pemakaian pulsa biasa, jika tidak terlalu penting berkirim sms dan menelpon sebaiknya jangan terlalu sering ya.

5. Kurangi Kegiatan Yang Tak Penting

Kurangi Kegiatan Yang Tak Penting
Dalam usahamu untuk berhemat, maka kamu perlu sekali untuk menghindari berkegiatan yang tidak penting selama kamu memiliki waktu senggang. Misalnya pergi ke mall, atau pergi ke tempat yang akan membuatmu berkeinginan mengeluarkan uang. Sebaiknya kamu berkumpul dengan temanmu di sekitar kampus, taman terbuka, atau ruang terbuka publik yang ada di kotamu.

6. Banyak Mencari Teman

Banyak Mencari Teman
Mencari teman sangatlah perlu dilakukan untuk menambah relasi. Dengan memiliki banyak teman disekelilingmu, tentu kamu tidak akan kesulitan mendapatkan bantuan saat kamu dilanda kesulitan. Maka, banyak-banyak bergaul ya!

7. Mulailah Bekerja Paruh Waktu

Mulailah Bekerja Paruh Waktu
Saat orang tua telat mengirim uang adalah saat-saat yang paling menyedihkan selama masa menjadi anak kos. Agar kamu tidak terlalu bergantung pada uang kiriman dari orang tua, kamu dapat mulai mencari pekerjaan paruh waktu. Meskipun waktu luangmu akan terkuras, tetapi kamu dapat memiliki uang hasil sendiri. Untuk menikmatinya pun kamu tidak akan merasa terbebani. Mulailah dengan pekerjaan yang ringan saja, misal menjaga toko, menjadi pelayan, bahkan jika kamu memiliki bakat menulis, kamu bisa bekerja menjadi penulis artikel untuk bloger di dunia maya.

Baca Juga : 9 Cara Mudah Untuk Mencari Uang Di Internet

8. Memasak

Memasak
Kegiatan yang satu ini merupakan kegiatan yang paling menyenangkan. Selama menjadi anak kos, kamu akan terbiasa untuk menyediakan makanan sendirian. Momen ini juga yang pantas kamu manfaatkan untuk belajar memasak banyak menu. Memasak akan membuat uang sakumu semakin terjaga, selain itu kamu bisa makan sepuasnya jika memasak sendiri. Jika rumah kosmu tidak menyediakan dapur untuk memasak, manfaatkanlah rice cooker yang kamu punya. Selain untuk memasak nasi, kamu juga bisa memasak telur, mie instan, bahkan nasi goreng.

Masa-masa awal menjadi anak kos adalah masa terberat apalagi bagi mereka yang tidak terbiasa melakukan semuanya sendiri. Namun, dengan tips-tips di atas, kamu dapat mulai belajar menjadi anak kos yang hemat dan cerdas. Menjadi hemat bukan berarti kamu tidak bisa bersenang-senang, kamu dapat meluangkan waktu pergi ke tempat terbuka di kotamu bersama teman-teman.Yuk mulai berhemat sekarang agar terbiasa di kehidupan nanti.
Direkomendasikan Untuk Anda :

1 komentar: