Kamis, 16 April 2015

9 Cara Mudah Untuk Mencari Uang Di Internet

Bagi kamu yang sudah lama berkecimpung dalam dunia maya, pasti sudah sering mendengar bahwa internet bisa membuat seseorang menjadi kaya raya. Dan tentunya sedikit banyak kamu juga mulai mencari cara untuk menghasilkan uang melalui internet bukan? Jika benar, maka tenang dan jangan terlalu mikir yang rumit ya guys.

Baca Juga : 7 Modal Utama Yang Harus Kamu Ketahui Ketika Ingin Menjadi Pengusaha Sukses

Pada postingan kali ini, izwie akan menyajikan tata cara untuk mencari uang melalui internet hasil dari pengalaman penulis dan informasi dari berbagi media. Untuk selengkapnya berikut 9 cara mudah untuk mencari uang di internet;

1. Membuat Website

Membuat Website
Bisa dikatakan website merupakan inti awal kenapa internet bisa menghasilkan uang. Melalui perkembangan website yang begitu cepat, seseorang bisa menghasilkan berbagai karya yang dapat menghasilkan uang berlimpah. Kita ambil contoh yang sukses seperti Facebook (media sosial) dan Kaskus (Forum Diskusi dan Jual Beli). Lantas mereka bisa dapat uang dari mana? apakah kalau ada yang berkunjung sebuah website bisa menghasilkan uang?. Tentu saja tidak demikian, mereka mendapatkan penghasilan melalui iklan yang mereka pampang di website-nya.

Memang cukup berat dan sulit jika ingin menirukan mereka (web developer namanya), selain memiliki skill programer yang mumpuni juga harus dikerjakan dengan tim yang solid. Tapi jika kamu memang mampu atau mempunyai keinginan untuk itu kenapa tidak. Dan bagi kamu yang belum mampu jangan terlalu rumit ya mikirnya, entar kamu malah jadi pusing sendiri :). Kamu bisa kok mencoba cara lain dengan penghasilan jutaan rupiah melalui website, seperti halnya menjadi;
Publisher
Cukup keren kan namanya "publisher". yup, publisher adalah istilah untuk para blogger yang menerbitkan iklan dari para advertiser (pemasang iklan). Dengan menjadi publisher tentunya kamu harus mempunyai blog (web log) yang berisikan tulisan-tulisan yang unik dan banyak dicari oleh orang lain agar kamu mendapat banyak pengunjung dan tentunya penghasilan melalui iklan juga semakin banyak jika blog-mu ramai dikunjungi.

Untuk mencari Advertiser yang bonafit, kebanyakan teman-teman blogger Indonesia menggunakan layanan Google Adsense. Namun agar bisa di terima, Google Adsense memiliki persyaratan yang cukup rumit dan peraturan yang ketat. Jadi kamu harus benar-benar memahami agar nantinya tidak di banned (dinonaktifkan). Namun advertiser dari Indonesia juga cukup banyak kok, silahkan googling sendiri ya :).

Web Desainer
Selain menjadi blogger atau publisher, kamu juga bisa mencari penghasilan dengan cara membuat desain website atau biasa disebut dengan website template. Jika kamu lebih suka desain grafis pelajari cara membuat template website wordpress, blogger, Jomla, HTML dan masih banyak lagi. Dan jika dirasa sudah cukup layak untuk dijual, kamu bisa menjualnya di themeforest.net atau bisa kamu jual sendiri melalui website-mu sendiri dan ditawarkan ke perusahaan-perusahaan yang membutuhkan keahlianmu.

Jasa Pembuatan Website
Bagi kamu yang baru mulai mencoba bisnis jasa pembuatan web mungkin akan sedikit bingung untuk memulainya karena saat ini penyedia jasa tersebut sudah banyak sekali. Lantas caranya bagaimana? ya minimal kamu harus punya website sendiri dan fortofolio hasil kerjamu agar bisa lebih meyakinkan para client. Biasanya para penyedia jasa ini, menawarkan jasanya ke teman dekat terlebih dahulu, setelah itu baru menawarkan ke perusahaan-perusahaan melalui proposal. Cara yang lebih mudah bisa menawarkan melalui email, promosi di forum, sosial media dan mencari orang yang membutuhkan jasa pembuatan website di situs freelance.

2. Desain Grafis

Desain Grafis
Selain menjadi web design, jika kamu suka mendesain, internet bisa menjadi lahan untuk mendapatkan uang secara maksimal. Kamu bisa membuat logo, design produk, banner dan masih banyak lagi desain-desain lain yang di cari oleh perusahaan. Untuk mendapatkan job, kamu bisa membuat website sendiri untuk mempromosikan keahlianmu atau kamu bisa menjualnya di fiverr.com

3. Menjual Foto

Menjual Foto
Suka memfoto? pasti sangat menyenangkan bukan jika hobi memfoto sambil traveling untuk hunting foto. Apalagi jika karya-karyamu dapat di jual, tentunya kamu akan lebih semangat untuk hunting foto. Dengan berkembangnya teknologi internet, sekarang foto-foto hasil jepretanmu juga bisa menghasilkan uang lo. Caranya silahkan berkunjung ke situs portal fotografer, buat akun dan upload foto kamu. Nantinya jika ada orang yang tertarik untuk menggunakan fotomu, kamu akan mendapat bayaran sesuai dengan kebijakan situs portal tersebut.

Jika ingin mencoba, kamu bisa langsung mengunjungi shutterstock.com, istockphoto.com, fotolia.com dan masih banyak lagi "silahkan google sendiri ya :)". Perlu di ingat, sebelum kamu menjual fotomu, pelajari tata cara, system pembayarannya, persyaratan dan peraturan yang di berikan oleh website tersebut agar kerjamu tidak sia-sia.

4. Penulis

Penulis
Bagi kamu yang sudah mendalami dunia tulis-menulis, bisa jadi mencari penghasilan melalui internet adalah langkah untuk kesuksesan finansialmu. Dengan bisa membuat tulisan menarik, cepat dan mudah di mengerti. Jasa menulismu sangat banyak di cari oleh orang, baik itu perusahaan yang membutuhkan penulis freelance dan para publisher. Jika kamu ingin independen, kamu juga bisa membuat website sendiri untuk menginformasikan bahwa kamu menerima jasa membuat tulisan. Untuk lebih maksimal, akan lebih baiknya jika kamu mempunyai website sendiri. Jika tidak bisa membuat website kamu bisa memesannya. Banyak kok jasa untuk membuat website murah :) bahkan Admin izwie juga bisa lo :)

5. Penjual

Penjual
Jika kamu adalah orang yang cukup ulet dan telaten, kamu bisa menjadi penjual online dengan hanya modal akses internet saja lo. Caranya dengan menjadi calo atau istilah kerennya adalah reseller. Carilah distributor yang benar-benar bonafit dengan cara googling, jika sudah ketemu kamu bisa menjualnya melalui media sosial, media chat, instagram dan masih banyak cara untuk menawarkan barangmu.

Baca Juga : 5 Hal Yang Perlu Kamu Ketahui Ketika Ingin Menjadi Seorang Entrepreneur

Untuk yang mau lebih serius, kamu bisa membuat website toko online sendiri dan memiliki barang sendiri. Lebih baik lagi jika kamu bisa memiliki brand sendiri dan bisa membuka lowongan buat para reseller. Menjadi penjual online memang lebih hemat modal, karena tanpa perlu membuat toko. Namun yang harus kamu ingat, kamu harus membuat pembukuan yang cukup detail mengenai barang jualanmu ya, agar kamu tidak banyak melakukan kesalahan dalam pengiriman.

6. Valas

Valas
Valas atau pasar valuta asing adalah perdagangan nilai mata uang suatu negara. Pada sistem valas, kita hanya melakukan jual dan beli. Ketika kita beli, kita berharap nilai mata uang yang kita beli bisa naik dan ketika menjual kita berharap nilai mata uang tersebut untuk turun. Walaupun kita hanya melakukan jual dan beli, namun kita harus bisa menganalisa agar tidak rugi besar karena pergerakan nilai mata uang kadang juga sulit untuk diprediksi. Dan janganlah menempatkan bisnis valas sebagai bisnis utamamu, karena cukup beresiko dan tidak bisa mendapatkan hasil secara stabil.

7. Penerjemah

Penerjemah
Jika Kamu lulusan fakultas bahasa inggris, jerman, prancis atau bahasa lain, kamu bisa mencoba bisnis menterjemahkan. Pekerjaan menterjemahkan ini bisa kamu dapatkan melalui situs-situs freelance dan jika dirasa hasilnya sudah lumayan, kamu bisa membuat website sendiri agar para client-mu bisa langsung menuju websitemu tanpa sebuah perantara.

8. Developer

Developer
Developer merupakan perorangan, kelompok atau perusahaan yang membuat sebuah perangkat lunak. Untuk saat ini, karena lagi musimnya smartphone Android, banyak orang yang membuat aplikasi Android untuk bisa mendapatkan penghasilan di market Android. Selain bisa dijual, aplikasi yang gratis biasanya disisipi dengan iklan agar para developer masih dapat mendapatkan penghasilan. Jadi untuk bisa meraup uang dalam jumlah banyak, kamu harus bisa membuat aplikasi yang menarik, unik, banyak dibutuhkan orang dan mudah untuk digunakan.

9. Freelance

Freelance
Untuk freelance ini, mungkin yang menarik bagi kamu karena sifatnya sangat amat tidak terikat :). Jika kamu bisa menguasai semua atau salah satu saja skil-skil di atas, kamu bisa mencari uang di internet dengan mengunjungi situs bertemunya antara para freelance dan pemasang job. Situs portal freelance Indonesia yang cukup terkenal dan bonafit, yaitu; freelancer.co.id dan sribulancer.com.

Baca Juga : 5 Hal Yang Bisa Kamu Kerjakan Untuk Membantu Kesuksesanmu di Masa Depan

Berikut beberapa cara mudah untuk mencari uang melalui internet, sebenarnya jika kamu mau menggali lagi, banyak sekali pundi-pundi uang yang bisa kamu dapatkan sesuai dengan kemampuanmu asalkan kamu bisa lebih kreatif dan ulet. Happy working :)
Direkomendasikan Untuk Anda :

7 komentar:

  1. semoga saya juga bisa dapat uang dari internet, terima kasih mas

    BalasHapus
    Balasan
    1. pasti bisa mas, asalkan sungguh-sungguh :)

      Hapus
  2. Jadi makin semangat menulis nih. Terimakasih atas tipsnya mas. Sangat bermanfaat buat kami pemula. Salam by anwariz

    BalasHapus
  3. Info yang bermanfaat...
    Makasih.

    BalasHapus
  4. Yang mampu menerima hasil dari internet adalah mereka yang memang terpilih, untuk bisa terpilih tentu karena sebagai yang terbaik, untuk menjadi terbaik butuh latihan, dan latihan tentu butuh waktu, terakhir waktu berjalan harus diiringi kesabaran.
    Hidup memang sangat banyak pilihan.

    BalasHapus