Sabtu, 29 Agustus 2015

7 Cara Mudah Mendapatkan Modal Usaha Tanpa Harus Meminjam Bank

Seperti yang kita ketahui, memiliki bisnis sendiri bisa jadi jalan pintas untuk menjadi kaya di usia muda. Banyak orang yang sudah jenuh dengan pekerjaan mereka di kantor, kemudian berganti haluan untuk membangun bisnis sendiri. Namun, memiliki usaha sendiri bukanlah hal yang mudah jika kamu tidak memiliki cukup modal. Sebab, sekecil apapun usaha pasti membutuhkan modal uang untuk menggerakkannya.

Saat ini, banyak penawaran dari bank dengan persyaratan yang relatif mudah untuk mendapatkan tambahan modal finansial. Bermodal jaminan berupa sertifikat atau BPKB mobil/motor, kamu bisa mendapatkan dana segar. Namun, tentunya ada persyaratan khusus seperti perusahaanmu minimal harus berjalan 3 tahun. Hal ini tentu menyulitkanmu yang baru akan membuka usaha.

Dengan keterbatasan tersebut, ternyata ada 7 cara yang dapat kamu lakukan untuk mendapatkan modal usaha tanpa harus mengandalkan bantuan bank. Kamu bisa mendapatkannya dari sumber yang lain, asalkan kamu peka dengan peluang-peluang yang ada di sekitarmu. Apa saja cara-cara mendapatkan modal tersebut? Yuk simak penjelasannya berikut ini.

1. Jual Aset dan Barang Preloved

Jual Aset dan Barang Preloved
Cara paling mudah dan tanpa resiko adalah dengan menjual aset. Kalau kamu punya barang berharga seperti emas, handphone, laptop, dan barang berharga lainnya boleh tuh dijual dulu. Nanti, uang penjualannya bisa kamu pakai buat modal usaha. Namanya usaha, harus ada pengorbanan dong! Apalagi jika benda-benda tersebut tidak memiliki manfaat yang terlalu besar buat kamu.

Selain aset, kamu bisa nambah dana segar dengan menjual barang-barang preloved alias barang-barang bekasmu. Misalnya tas, baju yang baru sekali dipakai, sepatu yang kekecilan, buku, dan lain-lain. Daripada numpuk digudang, mendingan kamu jual deh ke situs jual beli barang bekas atau bikin garage sale di rumahmu. Siapa tahu ada yang adopsi. Lumayan kan, dapet uang tunai buat nambahin modal usaha.

Baca Juga: 7 Modal Utama Yang Harus Kamu Ketahui Ketika Ingin Menjadi Pengusaha Sukses

2. Bongkar Tabunganmu

Bongkar Tabunganmu
Cara kedua untuk mendapatkan dana adalah dengan menggunakan dana pribadi sebagai modal usaha. Kalau kamu rajin menyisihkan penghasilan atau uang jajanmu, pastinya kamu punya tabungan walau sedikit. Nah, uang itulah yang bisa kamu gunakan untuk modal usahamu.

Kamu pasti mengira bahwa modal usaha harus banyak, padahal dengan uang berapapun kamu bisa memulai usaha. Caranya adalah dengan memilih usaha yang modalnya sesuai dengan dana yang kamu miliki. Kalau modalmu berkisar ratusan ribu, kamu bisa mulai usaha jualan pulsa, makanan ringan, souvenir dll. Jika danamu mencapai jutaan rupiah, kamu bisa menimbang bisnis yang lebih besar seperti jualan baju, kosmetik, herbal, laundry, dan sebagainya.

3. Gadaikan Barang Berhargamu atau Barang Orang Lain

Gadaikan Barang Berhargamu atau Barang Orang Lain
Kalau kamu masih sayang untuk menjual asetmu, kamu masih bisa pakai cara lain yakni menggadaikan barang berhargamu. Kamu tidak akan kehilangan barangmu, tapi tetap dapat uang buat modal usaha. Namun, kamu harus pastikan kalau kamu bisa menebusnya saat jatuh tempo ya. Jadi, nggak cocok kalau kamu pakai buat usaha yang BEP-nya bertahun-tahun kemudian.

Kalau kamu nggak punya barang berharga, coba deh pinjam barang berharga ortumu, atau kakamu. Barangkali mereka mau berbaik hati meminjamkannya. Tapi ingat, kamu harus tetap bertanggung jawab ya, Guys!

4. Ikut Arisan

Ikut arisan bisa jadi jalan pintas buat kamu yang pengen dapetin uang dalam jumlah banyak. Memang sih, arisan ini baru terasa untungnya kalau dapet arisan itu di awal-awal saat kamu butuh uang buat modal. Tapi, kalau kamu dapatnya belakangan, berarti kamu harus lebih sabar nunggu untuk memulai usahamu. Itung-itung nabung dulu gitu.

5. Patungan Usaha

Patungan Usaha
Mau cara yang lebih cepat? Kenapa nggak bikin proposal lalu patungan usaha bareng temen-temenmu? Sesama anak muda yang ingin penghasilan lebih dari usaha, pastinya akan lebih mudah untuk ngajak mereka bikin usaha bareng. Usahakan semua kesepakatan harus ada hitam di atas putih. Jangan sampai kamu terlibat konflik gara-gara pengelolaan usaha bersama ini.

6. Cari Investor

Cari Investor
Saat kamu memiliki ide bisnis yang brilian, kamu bisa membuat proposal yang menarik dan mendapatkan investor. Saat ini banyak orang yang memiliki kelebihan dana dan bingung mau dikemanakan uangnya. Mereka akan dengan senang hati menginvestasikan uangnya untuk membiayai usaha yang potensial dan prospeknya bagus. Jika kamu yakin bahwa bisnismu menguntungkan, kamu bisa mulai bekerjasama dengan para investor.

Baca Juga : 5 Hal Yang Perlu Kamu Ketahui Ketika Ingin Menjadi Seorang Entrepreneur

7. Ikut Program Wirausaha Mahasiswa

Ikut Program Wirausaha Mahasiswa
Buat kamu yang masih mahasiswa, ada program pembiayaan usaha dari pemerintah bernama Program Wirausaha Mahasiswa, dimana kamu bisa mengajukan proposal untuk mendapatkan sejumlah dana. Kamu bisa mengasah kreativitasmu dengan membuat ide usaha yang bagus sehingga berpeluang untuk dibiayai. Lumayan kan, tanpa keluar banyak modal kamu bisa dapat dana segar jutaan rupiah.

Baca Juga : 30 Hal Yang Hanya Pengusaha Yang Akan Mengerti

Nah, itulah 7 cara untuk mendapatkan modal usaha tanpa harus ke bank. Kamu tidak perlu pusing dengan cicilan plus bunga yang akan memberatkan. Semoga berhasil ya!
Direkomendasikan Untuk Anda :

0 komentar: