Kamis, 19 Maret 2015

5 Hal Yang Perlu Kamu Ketahui Ketika Ingin Menjadi Seorang Entrepreneur

Sekarang ini menjadi entrepreneur sudah marak menjadi pilihan karir seseorang. Disaat lapangan pekerjaan semakin sulit didapatkan, maka menjadi pengusaha adalah pilihan bagus. Namun, apakah kamu menyangka jika menjadi entrepreneur itu mudah? Atau sebaliknya, menjadi entrepreneur bagimu sangat jauh karena memerlukan keahlian khusus? Mungkin kamu perlu mengetahui 5 hal berikut ini supaya langkahmu menjadi seorang entrepreneur semakin mantap.

1. Entrepreneur Itu Super Kreatif. Benarkah?

Banyak yang mengira seorang entrepreneur itu super kreatif sehingga dapat menciptakan sesuatu yang besar seperti Steve Jobs. Pemikiran ini ada benarnya, namun tidak selalu.

Seorang entrepreneur mestilah seseorang yang kreatif dalam mengolah sesuatu menjadi bisnis yang menguntungkan. Entrepreneur dapat melihat keunggulan suatu barang sehingga ia bisa menjadikannya ladang uang sebagai sumber penghasilannya. Jika ia memproduksi barang, maka keunikan barang tersebutlah yang dijual. Kreativitas mutlak ada dalam diri entrepreneur sukses.

Namun, jika entrepreneur harus super kreatif, tidak juga. Entrepreneur bisa menjadi leader dari orang-orang kreatif. Seorang pengusaha butik tidak harus pandai mendesain dan menjahit agar bisnisnya dapat dijalankan. Namun, mengatur supaya usaha butiknya berjalan dan maju, itulah skill yang harus dimiliki oleh entrepreneur yang berhasil.

Baca Juga : 30 Hal Yang Hanya Pengusaha Yang Akan Mengerti

2. Entrepreneur Itu Tidak Menghitung Resiko

Dalam seminar-seminar bisnis, trainer yang memberikan motivasi pasti akan menyarankan kita untuk BERANI menjadi seorang entrepreneur. Apakah berani di sini berarti mengabaikan resiko? Tentu tidak. Seorang pebisnis harus memiliki ilmu juga untuk menjalankan sebuah bisnis. Berani saja tidak cukup. Perlu perhitungan juga agar bisnis Anda menguntungkan. Keberanian tanpa perhitungan seperti terjun bebas ke jurang, tidak ada artinya.

3. Hanya yang Punya Modal yang Bisa jadi Pengusaha Besar

Big, big, NO! Menjadi seorang entrepreneur memang tak bisa tanpa modal. Pasti butuh modal. Namun, seberapapun modal yang Anda punya, jika Anda memiliki kreativitas yang cukup maka Anda sudah bisa menjalankan sebuah bisnis. Seorang pengusaha besar tidak ditentukan dari seberapa modal awal yang ia keluarkan.

Banyak pengusaha besar yang awalnya hanya memiliki modal seadanya, namun modalnya berkembang dan bisnisnya lambat laun membesar. Keuntungan yang didapat berkali-kali lipat dari apa mereka korbankan di awal. Ada juga pengusaha yang mengucurkan dana ratusan juta hingga milyaran, namun bisnisnya tumbang karena tidak sanggup mempertahankan bisnisnya. Modal yang dikeluarkan tidak kembali, dan merugi.

4. Semua Berawal dari Hal-hal Kecil

Ya, walaupun sepele, entrepreneur yang berhasil adalah mereka yang  dapat mengambil pelajaran dari hal-hal kecil. Seorang pedagang kecil yang mengalami kesuksesan dalam menjual, maka ia berkesempatan untuk mendapatkan hal yang lebih besar karena telah memiliki pengalaman. Namun, jika dia tidak mau berkembang, maka tidak akan pernah ada kesuksesan besar yang bisa mereka lahirkan.

5. Siap Gagal, Siap Jatuh. Itulah Entrepreneur yang Sesungguhnya!

Pengusaha yang berhasil bukanlah dia yang tidak pernah gagal. Pengusaha yang sukses adalah yang mampu bangkit dari keterpurukan. Jika dia jatuh 7 kali, maka dia akan bangun 8 kali. Entrepreneur yang pantang menyerah akan meraih kesuksesan walaupun banyak kesulitan dan hambatan yang menghadang. Terbentur, terbentur, terbentur, terbentuk. Demikian ungkapan yang cocok bagi seorang entrepreneur yang sesungguhnya.

Siap gagal harus, siap sukses juga penting. Entrepreneur yang siap sukses artinya mereka yang tidak lupa diri. Saat sudah sukses, seorang pengusaha bisa terjatuh karena mereka melupakan perjuangan mereka di awal-awal mereka memulai usaha. Kesiapan mental ini juga penting agar kestabilan usaha yang Anda rintis dapat dipertahankan.

Baca Juga : 7 Modal Utama Yang Harus Kamu Ketahui Ketika Ingin Menjadi Pengusaha

Bagaimana, sudah siap menjadi entrepreneur sukses? Semoga berhasil, ya!

Editor : Bagus Hermawan
Direkomendasikan Untuk Anda :

0 komentar: