Selasa, 03 Februari 2015

5 Hal Yang Bisa Kamu Kerjakan Untuk Membantu Kesuksesanmu di Masa Depan

Ada pepatah yang mengatakan bahwa masa depan adalah apa yang kamu tanam hari ini. Izwie setuju banget nih guys, apa yang kita lakukan hari ini sangat berpengaruh dengan kesuksesan masa depan kita. Banyak yang tak menyadari hal ini sehingga merasa bisa melakukan apa saja dengan hidupnya di masa sekarang. Padahal, banyak lho hal-hal yang bisa kamu maksimalkan supaya kehidupan kamu di masa mendatang menjadi lebih baik lagi.

Jika kamu mulai melakukan kebiasaan baik, maka kamu akan terbiasa untuk berperilaku baik. Tentunya, hasil yang akan didapatkan juga baik, sesuai apa yang kita usahakan. Kebiasaan baik dapat terbentuk jika kamu dapat memilih aktivitas yang berkualitas. Oleh karena itu, kalian wajib membaca artikel ini hingga tuntas. Check this out, Guys!

1. Catat Jurnal Hidupmu

Tahu nggak guys, setiap orang pasti memiliki kisah unik yang dapat dibagikan kepada orang lain. Banyak orang sukses yang ditanya bagaimana ia bisa meraih kesuksesan. Kemudian orang yang mendengarnya terinspirasi oleh cerita tersebut dan mengaplikasikannya dalam kehidupan sehingga kesuksesan tersebut menular kepada sekitar.

Tentunya, kesuksesan tersebut tidak datang tiba-tiba, maka setiap orang sukses biasanya memiliki catatan-catatan khusus bagaimana mencapai sesuatu. Catatan ini bisa berbentuk jurnal, atau di era modern ini kalian bisa menggunakan blog guna menuangkan pemikiran kita. Jika tak ada jurnal, maka orang mungkin akan lupa dengan apa yang telah terjadi. Padahal bila cerita tersebut tersimpan rapi di jurnal suatu saat akan sangat berguna untuk diri sendiri dan orang lain. Bahkan, kamu bisa menceritakannya kembali dalam sebuah buku! Hebat bukan?

Makanya, jangan malas untuk menceritakan kisah perjalanan hidupmu. Meski kamu merasa hal itu tidak penting untuk saat ini, lakukanlah dari sekarang, Niscaya kamu akan merasakan manfaatnya nanti.

2. Banyak Membaca

Membaca adalah salah satu modal untuk mengasah otak. Orang yang tidak pernah membaca maka kemungkinan otaknya berkembang akan semakin kecil. Sebab, membaca dapat membuat syaraf otak menjadi berkembang dan tidak mudah lupa. Jika keterampilan membaca tidak diasah maka ketika kita sudah menjadi orang tua, kebiasaan ini akan sirna. Pernah lihat kan, ibu-ibu atau bapak-bapak yang malas membaca sehingga jadi kurang update dan lemot jika diajak ngobrol? Ih, nggak banget kan?

Makanya, mumpung masih muda, milikilah kebiasaan membaca ini supaya kamu tidak lagi menjadi orang yang berwawasan sempit. Membaca adalah bekal untuk kesuksesanmu di masa depan. Membaca membuatmu semakin bijak menghadapi kehidupan.

3. Bangun Jejaring Relasi

Relasi bukan hanya teman sepermainan saja lho, guys. Kamu harus terbuka berteman dengan siapa saja. Jangan jutek jadi orang. Bersikap ramah adalah modal untuk memperluas jaringan relasimu. Suatu saat kamu akan (selalu) membutuhkan orang lain untuk membantumu. Kita membutuhkan orang lain untuk berkarya. Oleh karena itu, jagalah pertemanan dan relasimu supaya kamu mendapat peluang-peluang yang ada dan bisa bersinergi bersama orang lain.

4. Belajar Ilmu Rumah Tangga

Waduh? Apa lagi ini? Hehe, jangan kabur dulu ah. Suatu saat kamu pasti juga akan melewati fase ini. Membina rumah tangga bersama pasanganmu, memiliki anak, dan seterusnya. Dan itu nggak lama lagi lho, guys. Apalagi jika kamu sudah menginjak usia 20 tahun ke atas.

Apalagi ilmu rumah tangga ini tidak diajarkan di bangku sekolah! Coba, ada tidak kurikulum sekolah atau mata kuliah yang mengajarkannya? Nggak ada, Guys. Ilmu rumah tangga ini banyak banget lho. Maka dari itu, belajarlah ilmu rumah tangga mulai dari sekarang, Bisa dari yang ringan-ringan seperti belajar masak sendiri, mencuci, tentang kehamilan, mengurus anak, komunikasi, dan yang tak kalah penting adalah belajar tentang keuangan rumah tangga. Tanya saja pada orang tua atau om dan tantemu. Kamu bisa membaca pula di internet atau buku-buku.

5. Menabung dan Belajar Investasi

Namanya menabung, tentu nggak bisa kalau nabung hari ini bulan depan duitnya langsung segunung. Menabung sekecil apapun akan membuat masa depanmu "terselamatkan". Tabungan berfungsi untuk mengcover kebutuhan mendadak atau kebutuhan yang memang sudah kamu rencanakan namun baru terpakai di masa mendatang. Misalnya tabungan pendidikan, tabungan pernikahan, beli rumah, beli mobil, tabungan pendidikan anak, modal usaha dan sebagainya.

Kamu bisa menabung mulai sekarang, berapapun nominalnya. Karena, jika konsisten, hasilnya tetap akan bemanfaat bagi masa depanmu. Buka tabungan di bank tanpa ATM, supaya kamu dapat mengamankan uangmu dan tak tergoda untuk mengambilnya untuk hal-hal yang konsumtif. Semakin giat menabung, kamu akan semakin menghargai uang yang kamu dapatkan.

Terakhir, kamu bisa belajar berinvestasi supaya kelak jika kamu sudah memiliki tabungan yang cukup banyak kamu bisa menginvestasikan uangmu dengan tepat sesuai dengan jenis investasi yang kamu inginkan. Selamat mencoba, Guys!

Editor : Bagus Hermawan
Direkomendasikan Untuk Anda :

0 komentar: