Minggu, 01 Maret 2015

Tips Mengatur Waktu Agar Hidupmu Makin Teratur

Sobat Izwie, seringkali Anda mengeluhkan kekurangan banyak waktu. Padahal, waktu yang Tuhan berikan kepada manusia adalah sama yakni 24 jam. Namun, mengapa ada banyak orang di luar sana yang mampu mendedikasikan waktu mereka untuk mengerjakan hal-hal yang luar biasa?

Nah, barangkali Anda adalah termasuk orang yang super sibuk namun sering merasa keteteran jika harus menyelesaikan seluruh pekerjaan satu-persatu. Yang Anda butuhkan adalah bagaimana cara agar waktu yang tersedia menjadi lebih efektif untuk menyelesaikan seluruh pekerjaan Anda. Kali ini Izwie akan memberikan beberapa Tips Mengatur Waktu Agar Hidupmu Makin Teratur. Yuk, simak!

1. Berdoa Sebelum Memulai Pekerjaan

Berdoa Sebelum Memulai Pekerjaan
Hal pertama yang harus Anda lakukan agar waktu Anda cukup untuk mengerjakan seluruh pekerjaan Anda adalah berdoa. Mengapa? Ya, karena Tuhan lah yang mengatur jalan hidup kita. Dengan memohon kepada Tuhan agar waktu Anda yang berharga dapat berjalan dengan maksimal, Anda harus memulai pekerjaan bahkan seluruh aktivitas dengan berdoa. Dengan begitu, hati Anda-pun akan tenang dalam bekerja. Pekerjaan yang telah Anda rencanakan akan berjalan dengan lancar.

2. Membuat To-do-List

Membuat To-do-List
Sebaiknya, Anda merancang apa saja hal yang harus Anda kerjakan secara detail. Atau hanya poin-poin yang penting saja, namun urutkan berdasarkan skala prioritas Anda. Lakukan hal ini pada malam sebelumnya, sehingga Anda telah memiliki daftar pekerjaan yang akan Anda lakukan keesokan harinya. Jangan membebani hidup Anda dengan memasukkan daftar kegiatan yang tidak mungkin dapat Anda lakukan. Terlalu banyak hal yang tak mampu Anda capai akan membuat Anda stress.

Baca Juga : 10 Manfaat Menulis Diary Untuk Mendukung Kesuksesanmu

Berikan tanda centang setiap Anda berhasil melaksanakan tugas Anda. Hal ini akan sangat membantu Anda. Review kembali pada malam harinya, apa saja pencapaian hari itu. Apakah sudah sesuai dengan rencana yang Anda susun? Dengan begitu, alokasi waktu Anda akan semakin terarah.

3. Menyalakan Alarm

Menyalakan Alarm
Jika Anda termasuk orang yang susah untuk bangun lebih awal, cobalah mengatur waktu tidur Anda menjadi lebih awal. Tinggalkan kebiasaan begadang jika hanya melakukan hal yang tidak penting. Kebiasaan bangun pagi sangat dianjurkan bagi Anda yang ingin hidup lebih teratur. Manfaatkan waktu istirahat di malam hari secara maksimal. Dengan tidur yang cukup, Anda akan memiliki energi berlimpah untuk mengerjakan pekerjaan Anda. Jika Anda tidak dapat bangun lebih awal, pastikan Anda menyalakan alarm di handphone Anda!

4. Kurangi Penggunaan Gadget

Kurangi Penggunaan Gadget
Hal yang seringkali membuat waktu kita habis adalah kebiasaan menggunakan gadget secara berlebihan. Seperti, bermain game, internet, membuka media sosial dan hal yang kurang bermanfaat bagi hidup kita. Jadikan hal itu sebagai selingan dan hiburan, bukan kebutuhan. Kurangi penggunaan gadget agar waktu Anda lebih produktif. Dengan membiasakan diri menggunakan gadget sesuai fungsinya, pekerjaan kita akan cepat selesai dan waktu kita tidak akan habis.

5. Jangan Malas!

Jangan Malas!
Ini dia yang menjadi penghambat utama Anda untuk mencapai hidup yang teratur: MALAS! Yup, jika Anda menuruti rasa malas Anda, dijamin waktu Anda akan habis. Anda harus menghilangkan rasa malas. Mulailah mengerjakan dari hal yang paling dekat dengan Anda, yang paling ringan yang dapat Anda kerjakan. Lakukanlah dengan senang hati. Jangan menunda-nunda pekerjaan yang dapat Anda kerjakan saat ini. Sekali Anda menunda pekerjaan, maka akan menggeser waktu untuk mengerjakan hal yang lain.

6. Patuhilah

Patuhilah
Jika Anda telah membuat rancangan kegiatan dalam sehari, seminggu atau perbulannya, langkah selanjutnya adalah mematuhinya. Rencana tidak dibuat untuk dilanggar bukan? Maka, agar hidup Anda lebih teratur, cobalah untuk mematuhi rencana yang telah Anda buat sendiri. Dibutuhkan komitmen yang serius dari diri Anda sendiri.

Baca Juga : 10 Ciri-ciri Orang Yang Tidak Bisa Sukses

Nah, sobat Izwie, itu tadi Tips Mengatur Waktu Agar Hidupmu Makin Teratur. Mari biasakan hidup teratur, dengan menyusun ulang jadwal kita sehari-hari. Ingat, hanya orang-orang yang mampu mengatur waktu lah yang dapat meraih kesuksesan. Selamat mencoba!

Editor : Bagus Hermawan
Direkomendasikan Untuk Anda :

1 komentar:

  1. Manajemen waktu menjadi hal penting tak terkecuali pelaku usaha via teknologi internet. Terimakasih atas infonya, sangat bermanfaat dalam menyusun strategi menuju kesuksesan. Salam kenal dan sukses selalu by Mitra Google Blog

    BalasHapus