Kamis, 18 Desember 2014

10 Hal Sederhana Yang Bisa Bermanfaat Untuk Orang Lain

Di era yang serba cepat seperti saat ini, kebanyakan orang semakin disibukkan dengan urusannya sendiri. Yang terjadi, semakin sedikit orang yang peduli pada orang disekelilingnya. Kehadiran gadget yang canggih, justru mengubah pola hidup seseorang menjadi individual dan jarang bersosialisasi di dunia nyata. Seolah berkumpul dengan teman-teman serta kenalan di dunia maya jauh lebih penting ketimbang sekedar menyapa tetangga samping rumahnya. Begitulah, kecanggihan teknologi seolah mendekatkan yang jauh dan menjauhkan yang dekat.

Buat kamu yang masih punya rasa peduli dengan orang lain, cobalah memikirkan hal sederhana yang bisa kamu lakukan untuk orang lain. Meskipun bukan suatu hal yang wah, kamu bisa mengambil langkah nyata untuk membantu orang lain, berbagi dengan hal yang kamu miliki, atau minimal mendengarkan curhatan temanmu yang sedang galau. Yakinkan dirimu untuk dapat memberikan hal yang bermanfaat, selama nafasmu masih berhembus. Terutama untuk orang yang sedang kesusahan, tertimpa masalah, atau yang membutuhkan pertolongan.

Baca Juga : 10 Kebiasaan Yang Bisa Mencerdaskan Otak

So, apa sih hal sederhana yang bisa kamu mulai lakukan untuk orang-orang di sekelilingmu? Berikut 10 Hal sederhana yang bisa Kamu Lakukan untuk Orang Lain.

1. Jadilah Pendengar Yang Baik

Jadilah Pendengar Yang Baik
Umumnya, seseorang lebih senang bercerita dari pada mendengarkan. Kamu bisa mulai lakukan hal sederhana dengan menjadikan telingamu untuk menjadi pendengar yang baik bagi orang lain. Jangan sekali-kali memperburuk keadaan. Meskipun terkadang melelahkan, orang yang curhat padamu akan lega dan merasa lebih baik.

2. Memungut Sampah Di Dekatmu

Memungut Sampah
Memungut sampah - img : www.greenpeace.com

Buanglah sampah pada tempatnya. Kamu pasti sudah sangat sering mendengarnya, bukan? Tapi, masih ada aja orang yang buang sampah sembarangan. Daripada kamu menggerutu gak jelas, lebih baik ambil tindakan sederhana: pungut saja sampahnya, buang ke tempat sampah. Percaya deh, kalau semua berpikir seperti ini, gak ada ceritanya tuh bencana banjir.

3. Membantu Sahabat Yang Kesusahan

Ketika sedang tertimpa masalah, orang terdekat seperti sahabat adalah tempat mencari solusi. Sekecil apapun bantuan yang kamu berikan, akan sangat berarti buat sahabatmu.

4. Membeli Di Pedagang Kecil

Taukah kamu? Ada yang bilang daripada bingung kepada siapa kamu memberikan sedekah atau bantuan, lakukan hal yang kreatif seperti membeli barang kepada pedagang kecil seperti pedagang asongan. Butuh tidak butuh, beli saja. Uang receh yang sering kamu anggap remeh, sangat besar artinya bagi pedagang kecil tersebut sebagai sumber penghasilan untuk keluarganya lho.

5. Berbagi Informasi

Bagikanlah informasi kepada orang lain, lewat sms, media sosial ataupun membuat pamflet. Misalnya, memberi informasi tentang lowongan pekerjaan kepada teman yang menganggur. Jangan biarkan informasi penting berhenti padamu!

6. Mengajarkan Keterampilan

Keterampilan yang kamu kuasai seperti mengoperasikan komputer, memperbaiki mesin atau lampu, membuat kerajinan tangan dan lainnya akan sangat membantu mempermudah hidupmu dan orang lain. Apalagi kamu mau mengajarkannya. Gak bakalan rugi bukan?

7. Menjadi Relawan

Menjadi Relawan
Jadilah relawan - img : www.greenpeace.com

Ketika musibah datang, banyak gerakan tanggap darurat yang membuka lowongan menjadi relawan di daerah lokasi bencana. Kamu bisa mendaftarkan diri menjadi salah satu relawan yang terjun ke lapangan. Apapun yang dapat kamu lakukan untuk korban bencana, termasuk sekedar memberikan motivasi bagi pengungsi yang trauma.

8. Donor Darah

Donor Darah
Donor darah - img : www.nasional.news.viva.co.id

Nah, ini bisa kamu lakukan minimal satu bulan sekali di PMI terdekat. Kamu bisa membantu sesama lewat donor darah. Darah yang kamu donorkan dapat meningkatkan rasa kemanusiaan dan kepedulian kepada sesama. Donor darah juga bisa bikin kamu lebih sehat!

9. Belajar Berderma Saat Lapang Maupun Sempit

Berderma sangat dianjurkan dalam agama apapun. Karena dengan berderma, kita dapat berbagi dengan sesama. Biasakan berderma baik saat kondisi yang lapang maupun sempit. Karena memberi bukan masalah seberapa besar yang kamu berikan, namun seberapa besar ketulusanmu saat memberi.

10. Berbagi Pengalaman Lewat Tulisan

Berbagi Pengalaman Lewat Tulisan
Jika kamu sudah tak memiliki apapun yang dapat kamu beri atau lakukan untuk orang lain, kamu pasti punya pengalaman hidup yang dapat kamu bagikan pada orang lain, baik itu melalui buku, blog pribadi maupun media yang lain. Siapa tahu, suatu saat akan ada orang di luar sana yang hidupnya berubah lebih baik, termotivasi, terinspirasi dan merasa terbantu setelah membaca tulisanmu. Share your inspiration to the world, guys!

Baca Juga : 10 Manfaat Menulis Diary Untuk Mendukung Kesuksesanmu

Sobat Izwie tak perlu ragu lagi untuk memulai berbuat hal-hal sederhana untuk orang lain. Jangan biarkan dirimu larut dalam hal yang menyedihkan, meratapi nasibmu sendiri, atau merasa paling menderita dalam kehidupan. Ingat, di luar sana masih banyak orang yang jauh tidak beruntung daripada dirimu. Dan, betapa banyak hal yang dapat kamu lakukan untuk membantu sesamamu. Simplify your way of thinking, multiply the real action!

Editor : Bagus Hermawan
Direkomendasikan Untuk Anda :

0 komentar: