Kamis, 25 Desember 2014

10 Kebiasaan Yang Bisa Mencerdaskan Otak

10 Kebiasaan Yang Bisa Mencerdaskan Otak - Menjadi cerdas tidak harus menunggu untuk mendapatkannya dari pendidikan formal. Bahkan kamu yang sudah tidak sekolah atau kuliah pun harus terus melatih kemampuan otakmu agar lebih cerdas dari hari ke hari.

Kebiasaan-kebiasaan yang dapat mencerdaskan otak salah satunya dengan melakukan kebiasaan-kebiasaan yang membuat otakmu makin cerdas berikut ini.

1. Brainstrorming Ide

Munculkan ide-ide yang dapat membuat otakmu bekerja. Otak memiliki kemampuan luar biasa untuk mengolah ide-ide baru yang menghasilkan penemuan atau solusi dari sebuah masalah. Luangkan waktu minimal 15 menit sehari untuk brainstorming dan segera catat ide-ide liarmu agar tak lari.

2. Mencatat Gagasan Bagus

Setelah brainstorming, cara terbaik adalah mengikatnya dalam sebuah tulisan. Gagasan yang bagus seringkali datang tak diundang, pergi tak diusir #eh. Catatlah gagasanmu di atas selembar kertas atau catatan ponsel Anda agar ide tersebut tidak terbang terbawa angin. Dengan rutin mencatat ide, maka otakmu akan terlatih untuk mengomunikasikan gagasan sehingga gagasan tersebut dapat dieksekusi atau ditindaklanjuti.

3. Update Informasi

Di jaman digital ini, mencari informasi tidak sesulit dulu saat belum memasuki era komputer dan internet. Kamu bisa mengupdate informasi terkini hanya dalam hitungan detik dengan membuka situs-situs berita serta mem-follow akun yang menyajikan informasi yang bermanfaat.

4. Think Out of The Box

Berpikirlah diluar kotak. Bebaskan otakmu untuk memikirkan suatu topik dan lihatlah bagaimana otak bekerja begitu kompleks, bahkan dengan cara yang tidak pernah kita duga sebelumnya. Berpikir out of the box melatih otak menjadi lebih kreatif.

5. Turn The TV Off, and Start Reading

Tahukah kamu, menonton televisi berlebihan membuat otakmu makin dangkal? Hal ini berkaitan dengan efek negatif dari televisi terhadap alam bawah sadar kita. Daripada menonton televisi, lebih baik batasi kebiasaan nonton tv-mu dan gantilah dengan membaca. Membaca buku fiksi dapat melatih imajinasi otakmu sehingga bisa menambah kecerdasan otak secara signifikan.

6. Rewrite your Knowledges

Pernah dengar kalimat ini? "Tulislah dengan kata-katamu sendiri." Ya, biasanya guru Bahasa Indonesia di sekolah menyuruh kita untuk menceritakan ulang suatu kisah atau paragraf. ternyata, hal ini sangat berguna kalau kamu ingin meningkatkan kemampuan otakmu.

Semua informasi yang sudah "terinstall" dalam otakmu butuh untuk dikeluarkan lagi agar otakmu makin paham dengan materi tersebut. Hal ini berlaku untuk materi apapun. Jika kamu menulis ulang ilmu yang kamu kuasai, niscaya ilmu tersebut bakalan lebih nempel lagi di otak kamu, Guys.

Baca Juga : 10 Manfaat Menulis Diary Untuk Mendukung Kesuksesanmu

7. Lakukan Hal Baru Setiap Hari

Melakukan rutinitas berpotensi membuat otakmu jenuh. Cobalah melakukan hal baru setiap hari, apapun itu asalkan positif dan bermanfaat. Melakukan hal baru membuat otakmu refresh dan terjadi perkembangan otak karena kamu dituntut untuk memikirkan hal-hal baru tersebut.

8. Ngobrol dengan Orang yang Berwawasan Luas

Peluas relasimu dan berdiskusilah tentang hal-hal baru atau suatu ilmu dengan orang yang berwawasan lebih luas dari kamu. Bisa jadi, kebiasanmu ini akan membawamu menemukan sesuatu yang menarik untuk kamu lakukan dalam hidupmu. Saran-saran dari orang yang lebih expert akan membuat otakmu terimbas menjadi lebih cerdas.

9. Suplai Makanan Otak

Selain tubuh, otak juga membutuhkan suplai makanan otak yang membuat otak sehat dan berkembang. Makanan otak bisa berupa fisik dan mental/rohani. Makanan fisik misalnya makanan-makanan yang mengandung omega 3 seperti ikan laut. Makanan rohani misalnya adalah ilmu pengetahuan, games yang dapat melatih otak dan doa. Berdoalah pada Tuhan agar selalu diberi kesehatan dan kecerdasan otak.

10. Refreshing

Setelah otak lelah dipakai terus menerus, saatnya merefresh otakmu dengan sesuatu yang menyenangkan. Hal termudah adalah dengan cara tidur sepuasnya saat libur. Tidur dapat mengembalikan kesegaran otak yang kelelahan. Anda juga bisa jalan-jalan mencari udara segar, hingga travelling ke tempat-tempat yang membuat kamu enjoy. Otak juga butuh istirahat. Usahakan mengagendakan minimal liburan sebulan sekali, walaupun liburannya tidak jauh-jauh dari tempat tinggalmu.

Itulah 10 kebiasan yang membuat otakmu makin cerdas. Mudah, kan? Selamat mempraktekkan!

Editor : Bagus Hermawan
Direkomendasikan Untuk Anda :

0 komentar: