Sabtu, 27 Juli 2019

Merawat Luka Setelah Operasi Caesar dengan Tepat

Merawat Luka Setelah Operasi Caesar dengan Tepat
Proses persalinan dapat dilakukan melalui dua proses yakni antara proses secara normal maupun caesar. Bagi Anda yang ingin melakukan operasi caesar, ada beberapa hal seputar luka operasi caesar yang perlu Anda ketahui. Berikut ini beberapa diantaranya.

Proses penyembuhan luka

Meskipun setelah melakukan operasi caesar akan timbul luka di area sekitar perut, namun bukan berarti luka tersebut tidak dapat disembuhkan sama sekali. Dengan melakukan perawatan yang tepat, luka bekas operasi caesar bisa disembuhkan dengan mudah. Setelah luka tertutup dengan sempurna serta jahitan juga telah dilepas, berikan pijatan lembut di area sekitar bekas luka. Proses pemijatan berguna untuk memperlancar aliran darah agar tidak terasa mati rasa di area tersebut. Anda juga bisa menggunakan krim khusus untuk menghilangkan bekas luka agar proses penyembuhan berjalan lebih optimal. Ketika bekas luka terasa gatal, jangan garuk dengan tangan karena bisa menimbulkan iritasi yang membuat luka tak kunjung sembuh.

Bekas luka yang berdarah

Apabila setelah proses operasi pendarahan terjadi di area sekitar vagina, maka hal tersebut merupakan hal yang wajar mengingat pada proses tersebut sedang terjadi proses penyembuhan di area rahim Anda. Ini disebabkan karena saat plasenta terpisah maka akan tertinggal pembuluh darah yang terbuka dan mengalir ke dalam rahim. Rahim akan kembali menyusut usai proses operasi dan sisa-sisa darah akan keluar melalui vagina.

Akan tetapi, apabila pendarahan terjadi di area bekas luka operasi, maka Anda perlu berhati-hati. Sebab, ketika terjadi gesekan, bekas luka bisa menjadi iritasi dan bahkan berujung pada luka yang kembali berdarah. Ketika bekas luka kembali berdarah, maka proses pengeringan akan berjalan lambat dan tertunda sekitar 4-6 minggu. Pastikan bekas area operasi tetap kering dan hindari gesekan untuk meminimalisir terjadinya pendarahan lanjutan pada area sekitar bekas operasi.

Itulah dua hal seputar perawatan luka operasi caesar yang perlu Anda ketahui. Setelah melakukan operasi, Anda perlu berhati-hati dan menjaga betul pola hidup sebaik mungkin. Sebab, hal tersebut akan sangat mempengaruhi proses penyembuhan luka pasca operasi apakah akan berjalan lebih cepat atau tidak. Anda juga bisa menggunakan obat luka operasi dengan mencarinya melalui Go Apotik.

Direkomendasikan Untuk Anda :

0 komentar: