Wednesday 20 March 2019

Langkah Mudah Mencuci Pakaian Bayi

Mencuci pakaian bayi gampang-gampang susah. Bayi belum bisa melakukan sesuatu sendiri, jadi jarang sekali noda ada di pakaian. Hanya saja, popok bayi mengeluarkan bau dan membutuhkan cara tersendiri dalam mencucinya. Selain itu perlu sabun cuci food grade yang tidak mengandung banyak bahan kimia keras. Kulit bayi harus menghindari paparan bahan kimia.

Bagaimana cara mudah mencuci pakaian bayi? Perhatikan langkah-langkah berikut ini.

1. Segera Mencuci Popok Bayi

Popok bayi yang terkena ompol tidak boleh didiamkan lebih dari sehari. Air seni mengandung zat yang sangat merusak. Pakaian akan mudah sobek karenanya.

2. Memisahkan Pakaian Bayi

Pakaian bayi sebaiknya dicuci terpisah dengan pakaian anak atau orang dewasa. Kemudian, pisahkan juga pakaian yang mudah rusak dan pakaian yang terkena ompol atau pipis. Pakaian yang mudah rusak dapat dilihat dari bahannya. Biasanya pada label akan diberi gambar mesin cuci dengan tanda silang.
Pemisahan ini menjaga agar pencucian lebih mudah. Selain itu, menjaga agar pakaian orang dewasa yang mungkin mengandung kuman tidak menempel pada baju bayi.

3. Memilih Deterjen

Pemisahan pakaian bayi juga dilakukan karena kulit bayi sensitif. Sebaiknya tidak dicuci dengan menggunakan deterjen biasa yang meninggalkan banyak residu kimia.
Sleek Baby Laundry Detergent dari Kino, ahli kesehatan untuk semua peralatan bayi, sangat cocok digunakan. Sabun jenis ini tidak meninggalkan residu, anti jamur, dan anti bakteri.

4. Mencuci dengan Air Hangat

Berdasarkan artikel https://www.sleekbaby.co.id/1000-hari-perlindungan/detail/mengapa-air-hangat-disarankan-dalam-mencuci-pakaian-bayi , sebaiknya mencuci pakaian bayi dengan air hangat sekitar 30 sampai 40 derajat celcius. Air hangat melarutkan kotoran dan membunuh kuman yang mungkin menempel.
Setelah direndam beberapa saat, jangan lupa untuk mengucek pakaian perlahan. Umumnya pakaian bayi terbuat dari bahan tipis dengan sedikit jahitan sehingga mudah sobek.

5. Membilas Sampai Bersih

Agar benar-benar yakin tidak ada residu atau sisa sabun yang menempel, bilaslah cucian baju bayi minimal dua kali. Residu bahan kimia yang masih menempel kemungkinan dapat bersentuhan dengan bayi ketika dikenakan. Pada beberapa bayi, hal ini menyebabkan alergi atau masalah kulit lain.
Tidak sulit bukan mencuci pakaian bayi? Ibu dapat melakukannya sendiri sementara pakaian lain dapat menggunakan mesin cuci, di laundry, atau diserahkan pengerjaannya pada orang lain. Semoga bermanfaat!

Direkomendasikan Untuk Anda :

0 comments: