Minggu, 06 Januari 2019

Mengenal Konstipasi Pada Ibu Hamil

Konstipasi atau sembelit pada ibu hamil adalah kondisi sulitnya mengosongkan isi perut atau sulit BAB yang diikuti dengan mengerasnya feses. Ketika wanita sedang hamil, maka ia akan sering sekali mengalami konstipasi atau sembelit, Mengapa? Hal ini disebabkan karena perubahan hormon serta adanya tekanan pada perut akibat kehamilan. Pada ibu yang sedang hamil konstipasi sering juga menyebabkan rasa sakit pada bagian perut sehingga sangat menyiksa.

Mengapa Wanita Hamil Sering Mengalami Konstipasi?
Wanita hamil sering mengalami konstipasi disebabkan karena perubahan hormon. Ketika hamil, hormon progesteron meningkat dan menyebabkan otot tubuh menjadi lebih rileks. Hal ini juga terjadi pada organ dalam sehingga pacuan terhadap rasa buang air besar menjadi menurun, akibatnya wanita yang sedang hamil akan lebih sering mengalami konstipasi.

Bagaimana Mencegah Konstipasi?
Ibu hamil memang memiliki potensi yang besar mengalami konstipasi seperti yang telah disebutkan sebelumnya. Ketika otot menjadi rileks maka pergerakan pencernaan menjadi menurun, akibatnya feses akan bertumpuk dan menyebabkan sembelit pada ibu hamil. Jika anda tidak ingin mengalami konstipasi, maka anda sebagai wanita hamil bisa mencoba melakukan cara-cara berikut ini:

Konsumsi Lebih Banyak Serat

Konstipasi Pada Ibu Hamil
Setiap orang membutuhkan serat untuk bisa terus menjaga kesehatan pencernaannya. Hal ini juga diperlukan oleh ibu hamil. Bahkan ibu hamil harus mengkonsumsi lebih banyak serat agar terhindar dari konstipasi. Konsumsi lebih banyak buah dan juga sayur akan sangat membantu sistem pencernaan wanita yang sedang hamil. Selain mencukupi kebutuhan serat, sayuran dan juga buah-buahan dapat juga digunakan untuk memenuhi kebutuhan vitamin dan juga antioksidan yang sangat penting untuk tubuhnya.

Wanita hamil membutuhkan 25 hingga 30 gram fiber dalam setiap makanannya agar lebih sehat dan terhindari dari sembelit pada ibu hamil. Untuk mencukupi kebutuhan akan serat ini, wanita hamil bisa mengkonsumsi sayuran, buah, kacang-kacangan,sereal dan juga makanan dari gandum utuh. Anda bisa mancampurkan buah-buahan segar pada sayuran untuk membuat salad yang menggugah selera.

Konsumsi Air Lebih Banyak

Untuk mencegah sembelit, wanita yang sedang hamil juga membutuhkan minuman yang lebih banyak. Mendapatkan asupan air yang cukup adalah hal yang sangat penting bagi ibu hamil. Wanita yang hamil bahkan memerlukan jumlah air dua kali lebih besar dari orang pada umumnya. Oleh karena itu pastikan anda minum setidaknya 12 gelas air putih setiap hari untuk menjaga makanan di dalam usus tetap lembut sehingga lebih mudah untuk dicerna dan menghindari sembelit.

Makan Sedikit Tapi Sering

Untuk mengurangi kemungkinan terjadinya konstipasi, anda juga bisa mencoba mengubah cara makan anda. Makanlah dengan jumlah yang sedikit dengan frekuensi yang lebih sering. Dengan begitu, usus anda bisa melakukan pekerjaan dengan lebih ringan dengan nutrisi yang tetap terjaga. Jika anda hanya makan sekali dengan jumlah yang sangat besar, usus anda mungkin akan cepat penuh dan menyebabkan pencernaan makanan yang sudah lambat menjadi semakin lambat.

Olahraga Teratur

Siapapun membutuhkan olahraga, terlebih ibu yang sedang hamil. Olahraga yang teratur dapat membantu mengurangi konstipasi karena mambantu sistem pencernaan untuk terus bergerak. Bagi anda yang sedang hamil, anda cukup berolahraga selama 20 hingga 30 menit setiap hari. Olahraga yang dilakukan juga tidak perlu olahraga berat, cukup dengan berjalan anda bisa menghindari sembelit pada ibu hamil. Jika tidak selalu lakukan konsultasi dengan dokter anda, mengenai olahraga apa yang cocok dan aman untuk anda dan bayi yang anda kandung.

Mengobati Konstipasi Yang Tidak Tertahankan

Ketika anda sudah rajin melakukan langkah-langkah diatas tapi tetap mengalami masalah konstipasi, maka anda bisa mengunjungi dokter dan meminta resep untuk menyembuhkan sembelit pada ibu hamil yang anda alami. Konstipasi pada orang yang normal saja akan sangat menyiksa apalagi untuk ibu yang sedang hamil. Tapi untuk masalah obat, pastikan anda mengunjungi dokter dahulu untuk mendapatkan obat konstipasi apa yang baik dan aman untuk si jabang bayi. Jangan asal beli di apotek, hal ini diperlukan demi menjaga kesehatan anda dan juga calon bayi anda.
TAGS
#Kesehatan
Direkomendasikan Untuk Anda :

0 komentar: