Rabu, 05 September 2018

Cara Jitu Untuk Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Banyak orang mengatakan bahwa tekanan darah tinggi adalah salah satu penyakit yang mampu membunuh orang secara diam-diam, hal ini karena kondisi medis yang satu ini tidak memiliki gejala yang jelas sehingga membuat orang yang mengindapnya tidak sadar bahwa mereka terkena tekanan darah tinggi.

Lantas bagaimana cara seseorang mengetahui dirinya terkena tekanan darah tinggi? Cara melihat anda terkena tekanan darah tinggi atau tidak yaitu dengan melihat seberapa tinggi tekanan darah anda. Memeriksakan tekanan darah tidak seribet penyakit lain. Cukup pergi ke dokter atau apotek terdekat dan tekanan darah Anda akan di cek menggunakan tensimeter.

Lalu bagaimana jika hasilnya positif bahwa Anda terkena tekanan darah tinggi? Jangan khawatir, jika Anda mengalami tekanan darah tinggi, berikut cara menurunkan tekanan darah tinggi yang paling efektif dan aman tanpa mengganggu keseimbangan tubuh.

Menurunkan Berat Badan Terlebih Dahulu

Tekanan Darah Tinggi
Dari beberapa kasus yang ada, tekanan darah tinggi umumnya terjadi pada mereka yang memiliki kelebihan berat badan. Hal ini terjadi karena seorang yang kelebihan berat badan memiliki tekanan darah yang lebih tinggi dibandingkan mereka yang memiliki tubuh ideal.

Dari keterangan di atas, maka cara untuk menurunkan hipertensi yang pertama yaitu dengan menurunkan berat badan terlebih dahulu. Setiap anda mampu menurunkan berat badan sekitar 4,5kg maka otomatis tekanan darah juga turun.

Selain itu, seorang yang terlalu banyak menumpuk lemak pada lingkar pinggang juga memiliki resiko tekanan darah tinggi yang semakin besar. Untuk itulah mulai sekarang cobalah mengamati seberapa besar lingkar pinggang anda.

Kurangi Mengkonsumsi Zat Natrium

Zat natrium atau yang biasa disebut sebagai sodium merupakan sebuah logam lunak yang bersifat reaktif dimana zat ini terdapat pada senyawa alam. Perlu anda ketahui bahwa konsumsi natrium yang berlebihan dapat menyebabkan tekanan darah tinggi, namun setiap orang memiliki tingkat sensitifitas yang berbeda-beda.

Sumber zat natrium yang paling besar berada pada garam. Dan jika anda bisa mengurangi konsumsi natrium, maka tekanan darah bisa turun 2 sampai dengan 8 mmhg.

Mengkonsumsi Makanan Sehat

Cara untuk menyembuhkan hipertensi secara alami tanpa efek samping selanjutnya yaitu dengan mengkonsumsi makanan sehat. Namun jangan asal pilih. Pilhlah makanan sehat yang sudah terbukti efektif untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Salah pilih makanan sehat, alih-alih ingin menurunkan tekanan darah, malah bisa membuat tekanan darah kian tinggi.

Ada banyak sekali makanan yang cocok untuk penderita hipertensi, makanan-makanan tersebut seperti susu rendah lemak, sayur mayur, buah-buahan, makanan lain yang kaya akan biji-bijian dan yang terbukti ampuh adalah dengan mengkonsumsi buah belimbing.

Jika anda belum terbiasa dengan pola makan sehat seperti di atas, tentu saja hal ini sulit untuk dilakukan. Tidak usah terlalu memaksa, lakukan hal tersebut secara perlahan, lambat laun tubuh anda pasti akan bisa menyesuaikan dengan pola makan seperti itu.

Berolahraga Secara Teratur

Sebenarnya cara menyembuhkan hipertensi yang ketiga ini masih berkaitan dengan dengan point pertama, yakni menjaga berat badan pada posisi yang ideal. Hal ini dapat kita tempuh dengan melakukan olahraga secara rutin. Berolahraga minimal 30 menit dalam sehari dapat membuat tekanan darah menjadi normal. Yang terpenting hal ini bisa dilakukan secara rutin.

Jika memang tubuh tidak terbiasa untuk berolahraga, jangan langsung melakukan aktivitas yang berat-berat, lakukan aktivitas olahraga yang ringan terlebih. Lebih baik melakukan olahraga yang ringan namun teratur dari pada olahrga satu minggu sekali dengan intensitas yang berat.

Mengurangi Minuman Beralkohol

Mungkin anda pernah mendengar bahwa mengkonsumsi alkohol dapat menurunkan tekanan darah tinggi. Hal ini tidak sepenuhnya salah, namun alkohol ini seperti pedang bermata dua. Bagi penderita hipertensi, mengkonsumsi alkohol dalam jumlah yang sedikit dapat menurunkan tekanan darah namun jika dikonsumsi dalam jumlah banyak malah dapat menaikkan tekanan darah.

Jika anda selama ini belum pernah mengkonsumsi alkohol, sebaiknya urungkan niat untuk mengkonsumsinya meskipun tujuannya untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Selain itu, efek negatif alkohol jauh lebih berbahaya dibandingkan dengan manfaat yang akan anda dapatkan.

Hindari Asap Rokok

Tentu anda sudah tidak asing lagi dengan zat berbahaya yang ada di dalam rokok yaitu nikotin, dan perlu anda ketahui bahwa nikotin merupakan sebuah zat yang dapat meningkatkan tekanan darah mencapai 10 mmhg, hal ini terjadi tepat setelah satu jam anda mengkonsumsi rokok.

Tidak hanya berbahaya untuk penikmat rokok saja, mereka para perokok pasif juga memiliki memiliki resiko terkena tekanan darah tinggi.

Hindari Strees

Stres atau seseorang yang merasa cemas dengan kehidupan dapat menyebabkan hipertensi. Untuk mengatasi hal ini, langkah pertama cari terlebih dahulu masalah apa saja yang menyebabkan anda merasa cemas, juga sudah fikirkan bagaimana cara anda untuk mengatasi hal tersebut sehingga anda merasa lebih nyaman.

Jika hal tersebut sangat sulit untuk dilakukan, langkah yang terbaik yaitu dengan menghilangkan rasa cemas tersebut dengan berbagai hal seperti istirahat, tidur, atau berekreasi.

Itulah beberapa cara yang dapat anda gunakan untuk mengurangi tekanan darah tinggi tanpa harus menimbulkan efek yang membahayakan bagi tubuh. Selain itu, jika hasil pengecekan mengindikasikan Anda memiliki tekanan darah tinggi, maka cara terbaik adalah dengan memperbaiki pola hidup Anda.

Gaya hidup memang salah satu penyebab segala penyakit, tak terkecuali tekanan darah tinggi. Untuk itulah disamping terapi dengan beragam pengobatan ada baiknya juga dibarengi dengan pola hidup yang sehat. Selain hal di atas, cafein juga disinyalir dapat menyebabkan tekanan darah tinggi kian meningkat, namun hal ini masih dalam perdebatan.
Direkomendasikan Untuk Anda :

0 komentar: