Friday 17 August 2018

8 Bahan Alami Yang Terbukti Ampuh Menghilangkan Komedo

Apakah anda sering dipusingkan dengan komedo di wajah? Tentu hal ini sangat mengganggu anda. pada dasarnya, komedo dibedakan menjadi dua jenis, komedo hitam dan komedo putih. Munculnya komedo hitam menandakan bahwa komedo putih tertutup lapisan kulit dan lama kelamaan akan menghitam. Komedo hitam ini jauh lebih sulit dihilangkan daripada komedo putih. Lalu bagaimana cara menghilangkan komedo?

Komedo
Penyebab munculnya komedo ini sebenarnya hampir sama dengan jerawat. Penyebabnya antara lain banyaknya bakteri atau kuman pada kulit wajah, menumpuknya sel kulit mati, perubahan hormon yang meningkatkan produksi minyak, dan pola hidup yang tidak sehat.

Komedo membuat rasa percaya diri berkurang karena mengganggu penampilan. Komedo yang membandel seringkali sulit untuk dihilangkan. Berbagai usaha juga sudah dilakukan untuk melawan komedo. Bahkan banyak wanita yang rela menghabiskan biaya yang tidak sedikit untuk perawatan di salon atau klinik kecantikan. Kini anda tidak perlu khawatir karena terdapat cara menghilangkan komedo.

Menghilangkan komedo memang tidak sulit. Anda dapat menggunakan bahan alami sebagai cara menghilangkan komedo. Selain murah, bahan alami dapat ditemukan dengan mudah dan tanpa efek samping. Daripada penasaran, simak tips melawan komedo dengan bahan alami berikut ini.

1. Jeruk nipis

Jeruk nipis
Jeruk nipis merupakan bahan yang murah sekaligus ampuh membasmi komedo. Sebenarnya penggunaan jeruk nipis ini sama khasiat dan caranya dengan lemon. Jeruk nipis juga mengandung vitamin c yang tinggi yang baik untuk kulit yang mengalami masalah komedo. Cara pemakaiannya sangat mudah. Potong buah jeruk nipis menjadi dua bagian. Gosokkan secara merata pada bagian yang berkomedo. Biarkan selama 15 menit, maka komedo akan terangkat. Setelah itu anda dapat membersihkan dengan air seperti biasanya.

2. Lemon

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, buah ini sangat ampuh dan cepat membasmi komedo baik di hidung maupun bagian wajah lainnya. Lemon mengandung asam alpha yang dapat mengeluarkan komedo dengan cepat. Cara menggunakan bahan ini sangat mudah. Cara pertama, potong lemon lalu gosokkan pada wajah. Cara kedua dengan memeras dan mengambil sari air lemon lalu dibalurkan pada bagian yang berkomedo. Diamkan selama kurang lebih 15 menit. Maka komedo akan keluar dengan sendirinya.

3. Putih telur

Putih telur merupakan bahan yang juga efektif melawan komedo. Komedo sendiri muncul akibat produksi minyak berlebih sehingga kotoran mudah menempel dan masuk kedalam pori-pori. Kandungan protein dan asam amino dalam putih telur bermanfaat untuk mengecilkan pori-pori sehingga mengurangi produksi minyak berlebih. Cara menghilangkan komedo dengan putih telur ini sangat mudah, anda dapat langsung menggunakan putih telur sebagai masker pada area yang terdapat komedo. Diamkan selama kurang lebih 15 menit, lalu bersihkan dengan air dingin. Maka komedo akan ikut terangkat bersama putih telur.

4. Lidah buaya

Lidah Buaya
Seperti yang kita ketahui bahwa lidah buaya memiliki manfaat yang banyak untuk kesehatan dan kecantikan. Bahan ini juga digunakan sebagai cara menghilangkan komedo. Anda dapat membelah daunnya lalu menggosokkan dagingnya pada kulit yang berkomedo. Lakukan pijatan agar komedo terangkat.

5. Pepaya

Buah yang satu ini mengandung vitamin E yang tinggi sehingga berkhasiat untuk kecantikan. Pepaya dapat melembabkan dan menutrisi kulit sehingga kulit menjadi sehat. Pepaya juga dapat membasmi komedo pada area wajah. Cara menghilangkan komedo dengan buah ini adalah dengan menghancurkan papaya lalu gunakan sebagai masker. Seperti pada pemakaian masker lainnya, diamkan selama 15 menit lalu bersihkan. Maka komedo akan terangkat dengan sendirinya.

6. Garam

Garam memang lebih banyak digunakan untuk bumbu dapur. Namun garam juga digunakan sebagai cara untuk menghilangkan komedo. Kandungan yodium dalam garam inilah yang dapat mengangkat komedo. Cara menghilangkan komedo dengan garam sangat mudah. Buatlah scrub dari air lemon dan garam halus. Campurkan kedua bahan tersebut lalu gosokkan pada area yang terdapat komedo. Setelah komedo keluar dengan sendirinya, bersihkan dengan air. Jika anda memiliki kulit sensitive, sebaiknya jangan terlalu sering melakukan scrub ini. Hentikan pemakaian jika iritasi.

7. Kulit Jeruk

Selain daging buahnya yang segar, kulit jeruk juga ampuh menghilangkan komedo. cara menghilangkan komedo yang satu ini memang belum banyak yang mencoba. Karena belum banyak yang mengetahui dari manfaat kulit jeruk. Cara menggunakan kulit jeruk ini sangat mudah. Anda dapat membuat scrub dari kulit jeruk dan gula pasir. Hancurkan kulit jeruk kemudian campur dengan gula pasir. Tambahkan sedikit air agar tercampur rata. Setelah scrub siap anda dapat menggunakannya pada area yang berkomedo dengan menggosokkannya. Jika sudah selesai, bersihkan dengan air. Jika anda tidak mau kerepotan membuat scrub, anda dapat langsung menggosokkan kulit jeruk tersebut pada bagian yang berkomedo. Namun hasilnya lebih maksimal jika dibuat scrub.

8. Baking Soda

Bahan yang satu ini lebih akrab digunakan pada pembuatan roti. Namun baking soda juga efektif digunakan sebagai cara menghilangkan komedo. Cara menggunakan baking soda ini adalah dengan mencampurkan 2 sendok teh baking soda dengan air hangat hingga terbentuk pasta. Lalu gosokkan pada bagian yang berkomedo. Pijat dengan lembut hingga komedo keluar lalu jika selesai segera bersihkan dengan air hangat. Anda juga tidak disarankan terlalu sering menggunakannya jika kulit anda sensitive.

Itulah tadi sedikit tips mengenai cara menghilangkan komedo. Bahan-bahan tersebut udah terbukti ampuh membasmi komedo. Lakukanlah perawatan tersebut secara rutin agar mendapat hasil yang maksimal. Selamat mencoba.
Direkomendasikan Untuk Anda :

0 comments: