Sunday 29 July 2018

PENTING, Kenali Gejala Diabetes Sejak Dini

Setiap harinya sel dalam darah kita memiliki pekerjaan, dan hal ini bisa terjadi dengan baik karena adanya energi yang berasal dari gula. Kandungan gula dalam darah biasa dikendalikan oleh sebuah hormon bernama insulin. Jika suatu saat tubuh kita kekurangan insulin, yang terjadi yaitu zat gula dalam tubuh menjadi kian meningkat.

Diabetes termasuk kedalam penyakit jangka panjang, dimana gula di dalam darah kita berada pada tingkatan yang sangat tinggi. Sebagian besar orang mengatakan bahwa penyakit diabetes termasuk penyakit keturunan, namun di jaman sekarang ini setiap orang bisa saja terkena penyakit diabetes. Untuk itulah penting bagi Kita untuk mengetahui dengan detail gejala dari penyakit mematikan ini.

Dengan mengenal gejala diabetes sejak dini, Kita akan lebih mudah melakukan penanganan dengan segera jika ada anggota keluarga yang terkena. Apa sajakah itu? Berikut ulasan tentang cara mendeteksi gejala diabetes!

1. Berat Badan

Berat Badan
Cara mengenal gejala diabetes sejak dini yang pertama yaitu dengan melihat perubahan berat badan kita. Seorang yang terjangkit penyakit diabetes biasanya akan mengalami penurunan berat dalam jumlah yang besar dan dalam waktu yang singkat.

Untuk seorang yang kelebihan berat badan hal ini tentu sebuah hal yang sangat menggembirakan, namun anda harus tetap waspada karena bisa saja hal ini mejadi titik awal terjadinya penyakit diabetes.

2. Poliuri

Cara mengenal gejala diabetes sejak dini yang kedua yaitu dengan mengetahui gejala Poliuri. Ini adalah cara untuk mendeteksi diabetes dengan melihat seberapa banyak air urine yang kita keluarkan setiap harinya.

Jika anda memiliki intensitas buang air kecil yang tinggi, sedangkan air yang anda konsumsi sangat sedikit, maka anda harus mulai mewaspadai penyakit satu ini. Ingat, gejala awal diabates adalah keluarnya urine melebihi jumlah air yang dikonsumsi.

Kenapa seorang yang terjangkit penyakit diabetes sering buang air kecil? Hal ini terjadi karena ginjalnya sudah tidak bisa mentolerir banyaknya kadar gula dalam darah. Alhasil ginjal mengambil air dari tubuh dan akhirnya produktivitas urine meningkat. Pengambilan air oleh ginjal ini tidak bisa kita biarkan, karena jika hal ini terus terjadi tubuh kita akan mengalami dehidrasi.

3. Polidipsi

Cara mengenal gejala diabetes sejak dini yang ketiga ini masih memiliki kaitan erat dengan cara kedua tadi, yaitu melihat seberapa cepat tubuh kita membutuhkan air atau kehausan.

Seperti yang sudah disebutkan bahwa seorang yang memiliki kadar gula terlalu tinggi akan menggunakan air di dalam tubuh untuk mengencerkan urine agar lebih mudah untuk disaring. Pengambilan air dalam tubuh ini akan membuat tubuh kita sering merasa haus. Hal ini merupakan sebuah respon alami dimana kita tidak bisa menolaknya karena jika tubuh tidak diberi asupan air akan membuat dehidrasi.

4. Polifagi

Cara mengenal gejala diabetes sejak dini selanjutnya biasa disebut sebagai Polifagi. Polifagi adalah melihat seberapa cepat tubuh kita merasa lemas. Jika anda salah satu orang yang merasa mudah sekali lemas, anda harus segera mewaspadainya karena bisa saja ini adalah awal terjadinya penyakit diabetes.

Timbulanya rasa lemas secara mendadak ini diakibatkan oleh kurangnya insulin yang digunakan tubuh untuk mengolah kadar gula menjadi energi. Ketika asupan energi berkurang, maka sudah otomatis tubuh kita akan merasa mudah sekali lemas dan tidak bersemangat.

Tidak hanya itu saja, bahkan hal ini juga menyebabkan mata menjadi kurang fokus karena suplai darah menuju mata mengalami hambatan.

5. Terjadinya Penggelapan Warna Kulit

Cara mengenal gejala diabetes sejak dini yang kelima yaitu dengan melihat perubahan warna kulit. Seorang yang terkena penyakit diabetes biasanya akan mengalami penggelapan warna kulit berupa bintik-bintik yang berada di sekitar leher.

Ketika seorang mengalami penyakit diabetes, maka tubuh kita akan merespon kekurangan insulin tersebut sehingga produktivitas pigmen menjadi kian meningkat. Produktivitas pigmen yang kian meningkat inilah yang membuat kulit pada tubuh menjadi semakin gelap.

6. Mudah Lapar

Cara mengenal gejala diabetes sejak dini yang enam yaitu dengan melihat seberapa banyak konsumsi tubuh kita. Jika anda salah satu orang yang mudah sekali merasa lapar, namun berat badan tiba-tiba turun, mungkin ini adalah gejala awal timbulnya penyakit diabetes.

7. Luka Sulit Untuk Sembuh

Cara mengenal gejala diabetes sejak dini yang ke delapan ini sangat ampuh untuk melihat apakah anda terkena penyakit diabetes atau tidak. Dari beberapa kasus orang yang memiliki riwayat penyakit diabetes, umumnya mereka mengalami pengeringan luka dalam waktu yang lama.

8. Terjadinya Infeksi Pada Saluran Kemih & Vagina

Cara mengenal gejala diabetes sejak dini yang selanjutnya yaitu dengan melihat seberapa sering kita mengalami infeksi terutama pada bagian saluran kandung kemih dan juga vagina. Hal ini terjadi karena glukosa dalam tubuh kita terlalu banyak, yang akhirnya membuat tubuh kita mudah sekali terkena infeksi.

9. Sering merasa kesemutan

Dan cara mengenal gejala diabetes sejak dini yang terakhir yaitu dengan melihat kondisi tubuh kita apakah sering mengalami kesemutan atau tidak. Selain itu orang yang terkena penyakit diabetes biasanya akan mengalami penurunan fungsi saraf yang mengakibatkan hilangnya rasa sakit pada bagian tungkai kaki.

Itulah sembilan cara mengenal gejala diabetes sejak dini yang sudah terbukti sangat efektif untuk melihat apakah tubuh kita terkena penyakit diabetes atau tidak. Jika memang anda sering merasakan sembilan point penting di atas, ada baiknya untuk segera memeriksakan diri ke dokter. Jika dibiarkan penyakit ini akan begitu berbahaya bagi anda.
Direkomendasikan Untuk Anda :

0 comments: