Wednesday 24 August 2016

Cara Terbaik Untuk Membuatmu Menjadi Lebih Bebas & Merdeka

Pernahkan kamu mempunyai keinginan untuk tidak terlalu tergantung pada orang lain atau menjadi lebih mandiri? Belajar untuk menjadi mandiri merupakan keinginan yang sangat baik, ini akan membuatmu menjadi lebih bebas, merdeka atau bahasa kerennya "independen".

Orang-orang yang independen selalu memahami apa yang benar-benar mereka inginkan dan bagaimana untuk mewujudkannya. Mereka tampil lebih percaya diri dan lebih bahagia. Mereka sanggup untuk mengurus diri sendiri bahkan orang lain, mereka punya pemikiran sendiri dan tidak mudah terpengaruh oleh pendapat orang lain. Mereka juga benar-benar bertanggung jawab atas diri mereka, pikiran mereka, dan tindakan mereka.

Lantas, apakah saat ini kamu berkeinginan untuk menjadi lebih mandiri atau independen? Jika kamu berkeinginan namun kamu masih belum tahu secara pasti bagaimana cara untuk memulainya, berikut beberapa cara terbaik untuk membuatmu menjadi lebih mandiri.

Mengenal Diri Sendiri

Menjadi Lebih Bebas & Merdeka
Kamu hanya akan menjadi diri sendiri jika kamu tahu siapa sebenarnya dirimu. Sebelum melangkah lebih jauh, kamu harus benar-benar mengenali siapa dirimu. Apa yang membuatmu senang, apa favoritmu, kelemahanmu, maupun kelebihanmu. Keputusan apa saja yang akan kamu lakukan untuk diri sendiri dan apa yang sedang kamu perjuangan saat ini?

Ketika kamu sudah mengenal dirimu dengan seutuhnya, kamu akan dapat dengan mudah untuk memperbaiki kesalahan-kesalahanmu dan mendapatkan kebebasan sesuai dengan keinginanmu. Hal ini tentu saja merupakan kebenaran karena ketika kamu benar-benar memahami siapa sebenarnya dirimu, kamu akan bisa memulai perjalanan untuk menggapai kebebasanmu. Jadi perjelas apa yang ingin kamu capai dengan mengenal diri lebih dalam sebelum kamu berjalan menuju kebebasan.

Percayalah Pada Kekuatanmu

Salah satu faktor utama untuk menjadi independen dan terbebas dari kendali orang lain adalah belajar untuk tidak selalu bergantung kepada orang lain, mengurus diri sendiri dan membuat keputusan untuk diri sendiri.

Setelah kamu mengenal diri sendiri, pertanyaannya sekarang adalah; saat ini seberapa baik kamu merawat diri? apa pendapat keluargamu saat kamu menyatakan ingin menjadi mandiri? Apakah kamu selalu membutuhkan bantuan mereka? Apakah kamu mengelola keseharianmu dengan baik, seperti membersihkan kamar, motor, mobil atau baju-bajumu? Bagaimana kamu dapat menunjukkan kepada keluargamu jika kamu tidak bisa mengelola keseharianmu, percayalah pada kekuatanmu untuk melakukan hal itu.

Setelah kamu benar-benar tidak terlalu tergantung pada keluarga, tentunya kamu juga harus belajar untuk tidak selalu tergantung pada orang lain. Manusia memang makhluk sosial dan saling membutuhkan satu sama lain, namun bukan berarti kamu selalu tergantung pada orang lain, ada saatnya kamu harus menyelesaikan masalah hidupmu sendiri agar kamu bisa menjadi manusia yang bebas dan merdeka.

Ketika kamu selalu membutuhkan orang lain untuk keputusan yang hendak kamu ambil, ini mungkin tidak akan membuatmu bahagia dan merdeka dengan seutuhnya. Yang terbaik, saat ini belajarlah untuk mengambil keputusan untuk hidupmu dan mulailah dengan sesegara mungkin, walaupun pada awalnya kamu mungkin akan melakukan kesalahan. Yang jelas, semakin kamu berlatih untuk mengambil keputusan, dan belajar untuk mempertanggungjawabkannya kamu sudah mengambil langkah yang benar untuk menjadi manusia yang merdeka seutuhnya.

Belajar Berfikir Mandiri

Belajar berfikir mandiri berarti menimbang dan menentukan pilihan untuk diri sendiri. Karena kita adalah makhluk sosial tentunya akan banyak pendapat dari orang-orang disekitarmu, termasuk keluarga tercintamu. Kamu boleh menerima berbagai pendapat dari orang disekitarmu, namun jika kamu ingin menjadi mandiri, gunukan pendapat itu hanya untuk referensi, bukan untuk sesuatu yang harus kamu turuti.

Sebagai contoh kecil, dan ini sesuai dengan apa yang kualami. Saat masih SMA aku berkeinginan untuk kuliah di jurusan teknik informatika karena aku memang benar-benar menyukai dunia komputer. Saat itu memang banyak pendapat dari keluarga, saudara dan teman-teman untuk memilih jurusan sesuai kehendak mereka. Namun karena aku berani berfikir mandiri, dan berani untuk memilih apa yang benar-benar aku inginkan. Saat ini aku bisa benar-benar merasa bebas dan merdeka tanpa kendali dari orang lain. Aku bisa bekerja sesuai dengan keinginanku yang tentunya berhubungan dengan teknologi. Saat aku menulis ini, aku juga merasa bersyukur karena aku merasa bahagia dengan bekerja yang sesuai dengan passion. Dan memang benar kata orang-orang sukses, kita hanya akan bekerja dengan totalitas jika kita benar-benar mencintai pekerjaan tersebut.

Kembali ke topik ya...Bagian untuk menjadi independent berarti juga harus berfikir untuk orang lain, dan keluargamu lah yang terpenting. Saat kamu mengambil keputusan untuk hidupmu, kamu harus bisa meyakinkan kedua orang tuamu dan berani untuk mempertanggungjawabkannya.

Meminta Bantuan

Menjadi mandiri bukan berarti tidak mau meminta bantuan orang lain. Kamu harus bisa membedakan antara bergantung pada orang lain dan meminta bantuan pada orang lain. Sebagai contoh ketika kamu ingin bisa mengedit foto, tentu kamu membutuhkan bantuan seorang ahli untuk mengajari langkah-langkahnya. Dan setelah kamu bisa, yang terpenting kamu harus bisa mengembangkan kemampuanmu, dan tidak selalu bergantung kepada orang lain.

Meminta bantuan bukan berarti kamu adalah orang lemah atau mengerahkan seluruh kendali kepada orang lain. Ini berarti kamu sudah cukup kuat untuk mencari tahu apa yang seharusnya kamu lakukan untuk terus bergerak maju menuju kemerdekaan atas dirimu.

Menjelajah

Semakin kamu sering menjelajahi, semakin banyak hal baru yang akan kamu temui. Dengan berjelajah, kamu akan berjumpa dengan tempat-tempat baru, budaya baru dan tentunya juga bertemu orang-orang baru dengan berbagai macam karakter.

Disaat inilah, terlebih jika kamu melakukan perjalanan seorang diri. Kamu bisa belajar, bagaimana cara hidup seorang diri di tempat yang belum pernah kamu kunjungi. Kamu dituntut untuk menjadi pemimpin atas diri kamu sendiri dan mengambil keputusan yang baik untuk menyelesaikan perjalananmu.

Sisi baiknya, kamu juga akan banyak belajar dari budaya baru, bagaimana orang-orang yang kamu temui mengatasi berbagai situasi yang sedang mereka hadapi.

Baca Juga : 14 Alasan Kenapa Traveling Bisa Menjadi Faktor Pendukung Kesuksesan

Kesimpulan

Menjadi mandiri, berfikir dan bertindak sesuai dengan keinginan memang begitu mengasikkan. Yang terpenting jika kamu sudah menemukan kebebasanmu, kamu harus bisa menempatkan diri. Ketika kamu ingin belajar lebih mandiri, kamu harus bisa menjalani hidupmu dengan penuh kontrol. Kita umumnya membuat diri kita berfikir dan bertindak berdasarkan apa yang kita anggap benar bagi kita dan orang yang kita sayangi.

Saat kita belajar untuk mandiri di dunia ini, kita akan terus saling membutuhkan antara yang satu dengan yang lain. Inti dari kebebasan atau kemerdekaan adalah bagaimana kita bisa terus tumbuh menjadi diri kita sendiri, bukan menjadi apa yang diinginkan oleh orang lain.

Itu tadi beberapa hal yang bisa Izwie sampaikan tentang menjadi individu yang mandiri, bebas dan merdeka. Jika kamu memang benar-benar menginginkan hal itu, mulailah untuk mengambil langkah-langkah mulai dari sekarang....
Direkomendasikan Untuk Anda :

0 comments: