Saturday 21 February 2015

5 Cara Meningkatkan Skill Menulismu Secara Drastis

Apakah kamu seorang penulis? Atau, kamu suka menulis dan berencana menjadi penulis profesional?

Saat ini, menjadi seorang penulis adalah suatu profesi yang tak bisa dipandang sebelah mata. Apakah itu menulis buku, menulis untuk website, atau bahkan menjadi blogger (penulis blog) tengah happening di kalangan anak muda. Bukan hanya untuk menyalurkan hobi, Guys, menjadi penulis profesional juga mendatangkan keuntungan materi yang cukup lumayan jika kamu mau konsisten menekuninya.

Masalahnya, ketika kita mencoba menulis secara konsisten, ada saja yang membuat kita bingung, mati ide, dan terkena writer's block. Sebenarnya writer's block (kebuntuan pada penulis) ini bisa diatasi kok, Guys. Silakan cari cara-cara untuk mengurai kemacetan menulis yang telah ditulis oleh banyak orang.

Nah, menjadi penulis profesional juga butuh skill menulis yang baik supaya kualitas tulisan kita juga layak untuk diperhitungkan. Jika tulisan kita mulai membosankan, pembaca akan beralih ke bacaan yang lain. Sayang, kan? Sudah capek-capek menulis, eh, nggak ada yang membaca. Semangat menulis bisa turun nih, kalau kayak gini terus.

Supaya kamu tak tak kehabisan ide dan tulisanmu selalu menarik, upgrade skill menulismu supaya kamu bisa terus menulis dan kualitas tulisanmu menjadi lebih baik daripada sebelumnya. Simak tip dari Izwie berikut ini ya, Guys!

1. Baca, baca, baca!

Baca, baca, baca!
Semakin otak kamu terisi bahan, maka kamu akan semakin lancar menuliskannya. Membaca adalah syarat mutlak bagi seorang penulis supaya bisa tetap produktif. Penulis yang tidak suka membaca, tulisannya akan kering dan kurang bagus kualitasnya. Membaca buku terbaru, membaca koran, berita online, atau artikel-artikel yang berkualitas akan membuka wawasanmu dan menambah kosakatamu.

2. Ganti Suasana

Ganti Suasana
Mengganti suasana ruangan dan tempatmu menulis adalah cara untuk membuat tulisanmu menjadi segar. Pergantian tempat atau suasana dapat mengubah mood-mu menjadi lebih baik. Ide pun akan lebih mudah muncul daripada kamu terus menulis di tempat yang sama, dengan suasana yang sama pula. Mengapa tidak coba menulis di cafe yang asyik dan menyediakan wifi gratis? Pasti lebih menyenangkan sekaligus menimbulkan ide cemerlang. Carilah inovasi baru supaya otakmu fresh ya, Guys!

3. Biasakan Melihat Gambar Besar

Biasakan Melihat Gambar Besar
Menulis ibarat merangkai sebuah puzzel yang menantang untuk disusun dan ditaklukkan. Sebuah artikel/buku yang telah jadi merupakan gambar besarmu, sedangkan ide, kata-kata, dan plot adalah kepingan puzzel yang sudah ada di dalam otakmu. Tugas seorang penulis adalah merangkai puzzel tersebut hingga terbentuk gambar besar yang diinginkan. Supaya tulisanmu benar-benar selesai, selalu ingat gambar besar yang kamu inginkan supaya semangatmu terjaga.

4. Brainstorming  Itu Penting!

Brainstorming  Itu Penting!
Apakah brainstorming itu? Suatu ketika kepala kamu pasti pernah dihinggapi begitu banyak ide yang melimpah ruah. Kadang kamu merasa ide tersebut sangat sayang jika dibiarkan terbang begitu saja. Solusinya, lakukanlah brainstorming dengan cara menuliskan apa saja yang terlintas dalam otakmu secara cepat pada selembar kertas, buku catatan, atau simpelnya pada notes smartphone kamu. Jangan merasa bahwa ide kamu tidak berguna, sebab, setiap ide pasti berguna bagi kita apabila kita mengolahnya dengan baik. Di masa depan, kamu bisa menggunakan catatan ini untuk mendapatkan ide-ide untuk tulisan kamu. Cobalah!

5. Relax, Take It Easy...

Relax, Take It Easy...
Jenuh menulis? Santai saja. Manusia bukanlah mesin yang bisa diforsir untuk terus menerus menulis. Bahkan mesin-pun butuh diistirahatkan supaya tidak cepat rusak. Saran umum untuk seorang penulis adalah: Seringlah jalan-jalan! Ini benar sekali. Dengan jalan-jalan, otak akan relax dan bisa menghasilkan tulisan yang berkualitas. dikejar deadline? Coba hentikan sejenak aktivitasmu, lalu santailah. Kerjakan aktivitas yang tidak ada hubungannya dengan menulis seperti bermain dengan hewan peliharaan, olahraga, menonton kartun lucu, dan tidur. Lalu, kembalilah menulis dan lihatlah apa yang terjadi. Selamat mencoba, Guys!

Editor : Bagus Hermawan
Direkomendasikan Untuk Anda :

0 comments: