Monday 29 December 2014

8 Tips Agar Kamu Bisa Tampil Percaya Diri

8 Tips Agar Bisa Tampil Percaya Diri - Pernahkah suatu hari Anda mendapatkan tanggung jawab atau akan melakukan suatu hal yang penting, namun Anda merasa tidak percaya diri? Yup, mungkin hampir setiap orang pernah mengalaminya. Anda berfikir akan terjadi kesalahan atau-pun keanehan saat Anda melakukan suatu hal yang dilihat orang banyak, sehingga menurunkan kepercayaan dalam diri Anda. Padahal semua itu belum tentu terjadi.

Oleh karena itu, Anda perlu belajar bagaimana mengendalikan rasa percaya diri Anda. Sobat Izwie, berikut 8 tips untuk tampil lebih percaya diri untuk Anda semua.

1. Berhentilah Membayangkan Apa yang Dipikirkan Orang Lain Terhadap Diri Anda

Tips Tampil Percaya Diri
Jangan terlalu memikirkan pendapat orang lain tentang diri kita. Terutama komentar-komentar negatif tentang diri Anda. Apalagi jika Anda memang tidak merasa seperti penilaian mereka. Anda tidak perlu melakukan hal yang orang lain ingin lihat dari diri Anda. Bahasa lainnya hanya untuk tujuan pencitraan.

Tetap lakukan hal yang terbaik, sehingga orang lain-pun akan menerima diri Anda apa adanya. Seperti kata pepatah, "kebaikan yang engkau lakukan, akan kembali pada dirimu juga. Percayalah." Tampil-lah dengan percaya diri di hadapan orang lain selama Anda tidak merasa melakukan hal yang salah.

2. Jangan Dengarkan Pikiran Negatif dalam Otak Anda

Jangan Dengarkan Pikiran Negatif dalam Otak Anda
Kita semua memiliki bagian otak yang bertanggung jawab tentang hal-hal yang sifatnya negatif dalam pikiran Anda. Ketika kita mengalami stres, bagian dalam otak kita yang mengatur tentang pikiran negatif tersebut sehingga membuat kepercayaan diri kita berkurang. Bayangkan jika kekhawatiran terbesar yang ada di fikiranmu tiba-tiba meluncur langsung dari mulut Anda? Maka, pikirkanlah hal yang baik. Karena pikiran Anda turut mempengaruhi apa yang Anda katakan dan kepercayaan diri Anda.

3. Afirmasi Positif Bahwa Anda Dapat Mengandalkan Diri Sendiri

Afirmasi Positif Bahwa Anda Dapat Mengandalkan Diri Sendiri
Seperti yang dikatakan oleh pengarang ternama Daniel Pink, menanyakan pada diri sendiri tentang hal yang mungkin dapat Anda lakukan dan menyatakan "Ya, saya sanggup melakukannya!" akan membimbing kita untuk lebih percaya diri dalam mencapainya daripada sekedar mengatakan bahwa dirimu bisa.

Anda harus sering-sering menanyakan kepada diri Anda, apakah Anda mampu mempercayai diri Anda? Dan sesering itu pula Anda harus mengatakan, YA. Daniel juga meyarankan untuk mengingat 3 hal, bahwa Anda telah melakukan hal tersebut di masa lalu, Anda adalah orang yang dapat diandalkan, dan orang lain telah mengakui bahwa Anda orang yang bisa di percaya. Maka, mulai tumbuhkan rasa percaya diri dalam diri Anda.

4. Carilah Pembenaran

Carilah Pembenaran
Dr. Martha Beck, seorang pelatih yang berjasa dalam hidup Oprah mengatakan bahwa otak kita tampaknya terprogram untuk merespon hal yang ketiga. Ketika kita berfikir sebanyak tiga kali telah melakukan sesuatu, kita mulai menyadari bahwa kitalah orang yang melakuka hal tersebut.

5. Jangan Dengarkan Komentar Negatif Orang Lain

Jangan Dengarkan Komentar Negatif Orang Lain
Seringkali Anda terlalu mendengarkan komentar negatif dari orang lain yang membuat Anda tidak percaya diri. Bahkan, Anda mulai mencari tahu kebenarannya bahwa orang lain sedang membicarakan kelemahan Anda. Hey, Anda tak perlu melakukan hal tersebut. Anda cukup membuktikan bahwa Anda bisa tampil percaya diri dan tidak mudah dipengaruhi oleh penilaian orang lain.

6. Ketahuilah, Kurangnya Kepercayaan Diri Hanyalah Bagian Dari Proses

Ketahuilah, Kurangnya Kepercayaan diri hanyalah bagian dari proses
Sobat Izwie, Anda pasti pernah merasa pada posisi yang baru saja belajar cara melakukan sesuatu. Awalnya akan sedikit membuat Anda gugup karena belum pernah melakukan hal tersebut tanpa skill khusus sebelumnya. Namun, hal tersebut tak akan berlangsung lama. Anda akan lebih percaya diri dari waktu ke waktu saat melakukannya. Kurangnya kepercayaan diri hanyalah salah satu bagian awal dari perjalanan Anda.

7. Ingat ini: Itu Hanya Perasaan Anda

Itu Hanya Perasaan Anda
Besok atau bahkan hari ini, Anda akan merasa berbeda. Setiap kejadian akan berubah dari waktu ke waktu, pada sesuatu yang berbeda pula. Dr. Jill Bolte menguraikan tentang bagamana reaksi kimia dalam pikiran kita hanya berlangsung sekitar 90 detik saja. Setelah itu, proses kimia tersebut akan hilang dengan sendirinya.

Solusinya? Biarkan respon barada di dalam diri anda, lalu rasakan mengalir dalam tubuh Anda dan berhentilah memikirkan tentang hal tersebut.

8. Lihatlah Itu sebagai Tanda Anda Telah melakukan Hal Luar Biasa

Lihatlah Itu sebagai Tanda Anda Telah melakukan Hal Luar Biasa
Kegugupan atau kurangnya percaya diri sering diartikan bahwa Anda tumbuh dan menantang ketakutan diri Anda sendiri. Tidak peduli seberapa kecilnya tindakan yang Anda lakukan, menantang ketakutanmu sendiri adalah hal yang hebat!

Sebagian besar, kepercayaan diri adalah praktek. Beruntungnya kita, otak kita tidak hanya berhenti pada satu hal, namun masih bisa ditempa dan berubah-ubah. Jalinan sel otak yang baru dapat tercipta dan dapat bereaksi untuk membantu kita menjalani kehidupan seperti yang Anda inginkan.

Nah, itu dia 8 Tips Tampil Percaya Diri dari Izwie yang dapat membuat Anda lebih semangat dan percaya diri dalam setiap kesempatan. Membangun kepercayaan diri memanglah tidak semudah membalikkan telapak tangan, tapi jika Anda mau dan berani pasti akan bisa Anda lakukan! Semoga bermanfaat!

Editor : Bagus Hermawan
Sumber : lifehack.org
Direkomendasikan Untuk Anda :

0 comments: