Sabtu, 16 Januari 2016

8 Cara Menjaring Ide Bisnis Bagi Kamu yang Sama Sekali Tak Tahu Cara Memulainya

Memiliki sebuah bisnis, diawali dengan sebuah ide brilian. Ide brilian bisa timbul dari mana saja, bahkan di saat yang tak terduga. Namun, jika kamu benar-benar tidak tahu bagaimana cara menemukan ide bisnis yang bagus, yang perlu kamu lakukan adalah menjaring ide bisnis secara sengaja dan berusaha merealisasikannya.

Izwie punya tips menjaring ide bisnis buat kamu nih, Guys, supaya kamu tidak kebingungan ketika akan memulai sebuah bisnis. Ada 8 cara yang patut kamu coba, mulai dari ide yang paling sederhana hingga yang hampir tidak terpikirkan olehmu. Setelah membaca artikel ini, semoga kamu bisa menjaring ide bisnis yang luar biasa dan menjadi pengusaha sukses ya, Guys!

1. Pergilah Ke Pasar

Tips yang pertama ini memang sedikit antimainstream. Tapi kalau kamu berusaha melakukannya, maka kemungkinan kamu akan mendapatkan ide yang brililan untuk dijalankan. Ingat cerita dari Abdurrahman bin Auf, yang ketika hijrah ke Madinah ia tidak mau diberi kebun oleh saudara barunya dari kaum Anshar, melainkan malah meminta untuk ditunjukkan pasar? Nah, beliau adalah salah satu contoh sahabat yang berhasil menjadi orang kaya karena menjadi pengusaha sukses berawal dari ia pergi ke pasar untuk mencari peluang bisnis.

Baca Juga : 30 Hal Yang Hanya Pengusaha Yang Akan Mengerti

Cara ini bisa kamu tiru, mungkin saja kamu menemukan ide bisnis yang tidak terduga dengan jalan-jalan ke pasar tradisional di daerahmu.

2. Ngobrol Sama Orang Baru

Mengobrol dengan orang baru adalah cara lain untuk membuka cakrawala pengetahuan yang tidak kamu ketahui sebelumnya. Saat kamu di tempat umum, sedang mengantri, atau berada di taman, cobalah untuk membuka pembicaran dengan orang baru. Kamu bisa mendapakan ide yang tak biasa saat berbincang-bincang dengan orang baru tersebut. Siapa tahu, kamu malah dapat partner baru juga dengan cara membuka pembicaraan baru.

3. Ikut Seminar MLM

Bukan bermaksud untuk menyuruhmu ikut bisnis MLM. Biasanya, dalam seminar-seminar MLM kamu akan tertular semangat menggebu-gebu dari para peserta MLM yang dapat kamu manfaatkan untuk menjaring ide bisnis baru serta mengeksekusinya. Biasanya, ide yang tidak diiringi dengan semangat untuk melakasanakan ide tersebut akan berakhir dengan ide yang tak terealisasikan.

4. Mengamati Tempat Pembuangan Sampah

Ide berikut munkin tidak terlalu menyenangkan untuk dilakukan. Namun, kamu patut untuk mencobanya. Jika kamu mengamati tempat sampah, di sana banyak sekali barang bekas yang dibuang oleh masyarakat. Sedangkan kita tahu bahwa ada bisnis yang bisa dijalankan dimulai dari sampah sebagai bahan bakunya. Maka, yang perlu kamu jaring adalah ide bisnis apa yang bisa memanfaatkan sampah sebagai bahan baku dan akan dibuat produk apakah sampah tersebut. Misalnya kamu melihat sampah botol plastik, lalu kamu memanfaatkannya untuk kerajinan tangan, dan sebagainya.

5. Menjual Barang Subtitusi atau Komplementer

Jika kita amati, tidak ada hal di dunia ini yang bisa berdiri sendiri tanpa adanya bantuan dari barang atau jasa yang sifatnya menggantikan (subtitusi) dan juga melengkapi (komplementer). Nah, tugasmu adalah menjaring ide, apakah barang yang sekiranya bisa menjadi pengganti atau pelengkap dari barang yang sudah ada. Misalnya, ada galon air mineral yang harganya cukup mahal. Kamu bisa mencoba bisnis air isi ulang galon. Di dekatmu ada kos-kosan yang ramai, kamu bisa berbisnis jasa laundry untuk memenuhi kebutuhan cuci-mencuci dari anak-anak kos tersebut.

6. Bisnis Online

Saat ini semua orang kenal dengan internet. Hal ini didukung dengan mewabahnya gadget yang semakin murah harganya dan mudah didapat oleh siapa saja. Kamu bisa memanfaatkan internet untuk menjaring ide bisanis, dengan cara mengetikkan kata kunci bisnis online, bisnis sampingan, dan semacamnya. Di internet sudah sangat banyak orang yang berhasil berbisnis hingga sukses memanfaatkan akses internet.

7. Duduk Diam dan Amati Sekelilingmu

Tidak perlu jauh-jauh ke mana-mana. Cukup duduk diam di kamar, lalu amatilah barang-barang yang memenuhi ruang kamarmu. Dari mana semua itu berasal? Nah, kamu bisa memulai bisnis dari yang paling dekat, misanya berjualan sprei/bedcover, jualan hp, jualan pigura, jualan wall paper, dan jualan apa saja yang penting halal!

8. Baca Buku

Dengan membaca buku tentang dunia entrepreneur kamu akan mendapat banyak mendapatkan pemikiran-pemikiran dan pengalaman yang luar biasa dan bukan tidak mungkin kamu akan mendapat banyak ide yang luar biasa juga.

Baca Juga : 7 Modal Utama Yang Harus Kamu Ketahui Ketika Ingin Menjadi Pengusaha Sukses

Nah, itulan cara menjaring ide bisnis bagi kamu yang tidak tahu tentang bisnis sama sekali. Kamu bisa mulai dari yang paling dekat denganmu, dengan potensi yang kamu miliki, modal semampumu, dan juga berbekal kreativitas tentunya. Selamat mencoba, sobat Izwie!
Direkomendasikan Untuk Anda :

0 komentar: