Jumat, 13 November 2015

10 Hal Yang Hanya Penulis Online Profesional Yang Akan Mengerti

Saat ini, penulis online sudah menjadi pilihan profesi bagi sebagian orang, baik itu sebagai sambilan maupun sebagai pekerjaan utama untuk meraih penghasilan. Menulis di dunia maya mendatangkan berbagai macam keuntungan, tidak cuma penghasilan namun juga kepuasan batin karena bisa berbagi informasi kepada banyak orang. Seperti profesi lainnya, blogger dan penulis online memiliki keunikan yang hanya bisa dirasakan oleh orang yang menjalaninya.

Nah, buat kamu yang ingin tahu "dapur" penulis online profesional, kali ini Izwie akan memberikan bocorannya untuk kamu. Psssst, kalau kamu jadi penulis online, kamu pasti bakalan senyum-senyum karena juga ngerasain hal-hal berikut ini.

1. Sepanjang Hari Mereka Selalu Memikirkan Ide Tulisan yang Jenius, Bahkan Saat Tidur!

Penulis Online
Penulis online profesional adalah orang yang bertanggungjawab menggodok ide dan menuangkannya ke dalam sebuah artikel untuk dipublikasikan di web-nya sendiri atau web milik orang lain. Mereka menulis untuk menarik minat pengunjung web sehingga web tersebut memiliki traffic yang besar. Semakin baik konten yang dibuat, semakin banyak pula pengunjungnya. Nah, penulis online tentunya harus memiliki ide berlimpah supaya bisa lancar menulis. Bahkan hampir setiap saat mereka kepikiran, "Ah, ini bagus nih buat ide tulisan." Sampai-sampai mimpi pun bisa diolah jadi tulisan!

Baca Juga : 10 Alasan Kenapa Seorang Blogger Merupakan Pasangan Yang Ideal

2. Saat Ide Bermunculan dan Waktu Menulis Tidak Ada, Mereka Serasa Akan Meledak

Nah, seperti sebuah wadah yang penuh dengan air, ide yang membludak bisa luber kemana-mana jika tidak segera dituliskan. Celakanya, kalau sedang banyak ide banyak hambatan yang ditemui. Misalnya harus mengurus pekerjaan yang harus segera diselesaikan saat itu. Tentunya ide tadi tidak bisa langsung dieksekusi. Mereka serasa mau meledak karena ide yang tak terbendung.

3. Saat Waktu Luang Tiba, Mereka Malah Bad Mood Menulis

Yang lebih ngeselin lagi, saat waktu luang melimpah, ide malah mandeg atau nggak ada ide sama sekali. Writer's block, istilah kerennya. Padahal aslinya karena mereka malas menulis hingga membuat mereka badmood dan akhirnya laptop yang sudah terlanjur dibuka jadi sia-sia.

4. Sakit Punggung dan Cepat Gemuk Hanyalah Sebagian Resiko Jadi Penulis Online

Menjadi penulis online itu enak. Nulis artikel, lalu dibayar (bahkan ada yang dibayar di awal). Namun, ada juga kelemahannya. Ada banyak resiko yang ditimbulkan jika sudah jadi penulis online. Harus banyak duduk di depan komputer/laptop, sehingga bisa menyebabkan sakit punggung karena kelelahan. Mata lelah, dan cepat gemuk (karena kalau nulis paling enak sambil ngemil, hehehe).

5. Yang Paling Mereka Cemaskan: Tulisan Mereka Tidak Dibaca!

Nah, ini dia salah satu kecemasan yang paling banyak menyiksa. Ketika tulisan sudah dipublikasikan, kemudian di statistik artikel tidak banyak yang membaca, sakitnya itu di sini men (sambil nunjuk dengkul, hehehe). Paling senang kalau tulisan banyak yang baca dan mengomentari, kalau keduanya tidak tercapai, ampun dah! Nyeseg!

6. Dibalik Segala Kesulitan, Menjadi Penulis Online adalah Sarana Berbagi Informasi yang Terbaik

Dibalik yang pahit-pahit tadi, ada kok keindahan menjadi seorang penulis online. Mereka yang mengalami kesulitan-kesulitan saat membuat konten web, akan merasa lega jika tulisan mereka bisa bermanfaat bagi pembaca. Kalian tahu, kan, kalau ilmu yang bermanfaat akan dicatat sebagai amal baik? Nah, penulis online memiliki kesempatan yang besar untuk mendulang pahala selama artikel mereka masih dibaca dan bermanfaat bagi sesama.

7. Mereka Terus Berkembang, Seiring Apa yang Mereka Pelajari dan Mereka Tuliskan

Kadang, penulis profesional harus banyak belajar dan membaca tentang tema baru yang akan mereka tuliskan. Nah, otomatis mereka harus selalu memperbaharui informasi, sehingga bisa menulis artikel dengan baik. Disamping itu, mereka juga bisa sambil belajar hal-hal baru. Penulis tumbuh seiring dengan apa yang mereka tuliskan.

Baca Juga : 11 Perbedaan Antara Orang Sibuk Dan Orang Produktif Yang Jarang Dipahami Oleh Orang Lain

8. Selain Kepuasan Pribadi, Keuntungan Materi Juga Bisa Mereka Raih

Seperti yang sudah disinggung pada poin di atas tadi, seorang penulis online profesional akan dibayar untuk setiap artikel yang mereka tulis. Untuk yang mengelola web sendiri, mereka akan mendapat penghasilan jika mereka me-monetize web mereka, artinya mereka bekerja sama dengan penyedia iklan (advertiser). Nah, udah jelas kan. Selain berbagi ilmu mereka juga mendapat keuntungan materi berupa uang.

9. Di Copas Adalah Bagian Dari Resiko

Karena jika sudah terhubung dengan dunia teknologi, copy paste merupakan cara yang paling banyak digemari oleh kebanyakan orang. Maka tak heran jika banyak orang yang mong-copy paste tulisan mereka. Jengkel memang hia, tapi mau bagaimana lagi itu merupakan sebuah resiko. Dan dengan adanya orang yang mong-copy hal itu menandakan bahwa tulisan mereka merupakan tulisan yang bagus. Yang terpenting sudah diterapkan sumbernya dengan jelas, itu sudah lebih dari cukup.

10. Harus Siap Menghadapi Para Haters & Lovers

Penulis online memang diharusnya untuk mempertanggungjawabkan tulisannya. Ketika tulisan mereka sudah dipublikasi dan banyak orang yang melihat, tulisan mereka akan banyak dikomentari, baik itu oleh para haters maupun lovers. Haters memang akan selalu menghujat, tapi dengan adanya haters mereka juga bisa lebih mengoreksi tulisan mereka. Sedangkan komentar para lovers lebih membuat mereka bersemangat untuk membuat tulisan berkualitas.

Baca Juga : 10 Manfaat Menulis Diary Untuk Mendukung Kesuksesanmu

Nah, itulah 10 hal yang hanya bisa dimengerti oleh penulis online profesional. Kamu yang melirik profesi ini, boleh banget mencoba jadi penulis online karena banyak peluang yang menanti kamu. Yuk, jadi penulis online profesional!
Direkomendasikan Untuk Anda :

0 komentar: