Saturday 12 September 2015

8 Cara Sederhana Yang Bisa Mengubahmu Menjadi Sahabat Sejati

Setiap orang di dunia ini pasti ingin menjalani kehidupan senormal mungkin. Bahkan jika mampu mereka akan mencoba hal-hal menakjubkan agar hidup mereka berwarna. Berbicara tentang hidup, tidak ada orang yang sanggup hidup sendirian. Karena kita diciptakan sebagai makhluk individu, sekaligus makhluk sosial. Keberadaan orang-orang di sekitar kita sangat kita butuhkan.

Memiliki banyak teman adalah hal yang menyenangkan, karena tanpa teman hidup akan terasa hambar. Benarlah jika ada orang yang bilang bahwa orang yang paling menyedihkan adalah orang yang saat susah dan senang tidak ada teman yang bisa diajak berbagi. Saat sedih, kita butuh tempat bersandar untuk mencurahkan perasaan. Saat bahagia, kita juga butuh teman untuk berbagi kebahagiaan. Bayangkan, kalau kita lagi bahagia banget tapi nggak ada orang yang peduli. Sedih banget kan?

Oleh karena itu, memiliki teman atau yang lebih dekat lagi memiliki sahabat menjadi kebutuhan kita. Kita juga bisa memulai memiliki sahabat jika kita berusaha menjadi sahabat yang baik. Dengan menjadi sahabat baik, sahabat kita pasti juga akan menjadi sahabat kita. Seperti hukum timbal balik, kebaikan akan membuahkan kebaikan bagi diri kita.

Baca Juga : Film Terbaik Tentang Persahabatan

Kali ini, Izwie akan berbagi cara agar kamu bisa menjadi sahabat sejati bagi semua orang. Berikut 8 cara sederhana yang bisa mengubahmu menjadi sahabat sejati.

1. Senyuman Itu Memang Murah, Bahkan Gratis. Tapi Efeknya Bikin Kamu Jadi Orang Yang Dikangeni.

Saat bertemu dengan temanmu, selalu berikan senyuman terbaikmu agar orang yang ada di hadapanmu juga ikut merasakan aura positif dari dirimu. Terseyum adalah hal ringan yang bisa memberikan dampak yang luar biasa bagi kehidupan sosialmu. Bahkan, menurut agama Islam senyuman adalah sedekah. Ia akan membawa berkah salah satunya kamu akan dikenal sebagai orang yang ramah dan selalu diharapkan kehadirannya.

2. Hadiah Kecil Yang Kamu Berikan Mungkin Biasa Saja. Namun Sahabatmu Akan Ingat Selamanya.

Memberikan hadiah adalah salah satu cara untuk menyambung persahabatan. Berikan hadiah kecil saat temanmu ulang tahun, wisuda, menikah, dapat promosi jabatan, bahkan tidak ada momen apapun pun kamu bisa memberikan hadiah untuk sahabatmu.

Hadiah dari seorang sahabat biasanya lebih berkesan. Bukan karena harganya yang mahal, melainkan dari ketulusan saat kita memberikannya. Berikan dengan penuh keikhlasan tanpa mengharapkan balasan. Pasti temanmu bisa merasakan ketulusanmu dan semakin menghargaimu sebagai sahabat sejatinya.

3. Kalau Kamu Tidak Punya Solusi Jitu, Setidaknya Kamu Punya Telinga Yang Setia Mendengarkan Curhatan Sahabatmu.

Mendengarkan. Aktivitas yang satu ini berbeda dengan mendengar sambil lalu. Mendengarkan berarti kita siap ikut merasakan apa yang dirasakan oleh sahabatmu. Mendengarkan keluh kesah sahabat akan sangat berarti baginya, disaat orang lain sibuk dengan kegiatannya masing-masing. Dengan mendengarkan, kita memberikan waktu kita sepenuh hati dan hal itu tidak bisa digantikan dengan apapun.

4. Kamu Mau Mendekat Saat Sahabat Susah, Ketulusanmu Jadi Sesuatu Yang Mewah.

Sesuatu yang langka saat ini adalah orang yang tulus. Jadilah sahabat yang tulus, yang tidak hanya hadir saat temanmu bahagia. Tidak hanya mendekat saat temanmu sukses. Teman yang tulus akan selalu ada saat susah dan senang. Jadi, jangan tinggalkan temanmu begitu saja hanya karena mereka lagi ditimpa kesusahan dan membutuhkan bantuan.

5. Bahagia Saat Sahabat Bahagia, Susah Saat Sahabat Susah. Dua Sikap Ini Yang Bisa Meluluhkan Hatinya.

Hal lainnya yang sulit untuk dilakukan adalah menahan ego. Kalau kamu susah saat temanmu bahagia, berarti kamu punya perasaan iri dan dengki dengan kebahagiannya. Kamu hanya akan merusak kebahagiaannya dengan hal itu. Begitu pula saat temanmu susah, kamu jangan lantas berbahagia melihatnya kesusahan. Bersikaplah dirimu sebaik mungkin, sehingga kamu bisa menjadi sahabat yang setia saat susah dan senang.

6. Belilah Dagangan Temanmu Tanpa Menawar. Bila Sanggup Boronglah!

Kebaikan kecil kepada sahabat bisa kamu wujudkan dengan mendukungnya saat dia memiliki usaha. Tidak perlu muluk, cukup belilah dagangannya tanpa menawar. Tunaikan haknya secara penuh, karena bisa jadi dia memang membutuhkan hasil jualannya untuk menyambung hidup.

Percayalah, sahabatmu pasti akan memberikan yang lebih baik dari yang kamu kira. Seringkali ia memberi potongan harga atau bonus tanpa diminta, jadi jangan persulit dia dengan menawar barang dagangannya yang untungnya tak seberapa. Bila sanggup, belilah dalam jumlah banyak agar pendapatannya meningkat.

7. Jangan Pernah Bergosip Tentang Sahabatmu, Maka Dia Juga Akan Menjaga Nama & Rahasiamu.

Hindari bergosip, siapapun yang kamu gosipkan. Apalagi sahabatmu. Jagalah rahasianya, jagalah perasaannya. Menggosip akan menghancurkan sebuah hubungan baik. Berhati-hatilah dengan lisanmu.

8. Hargai Setiap Pemberiannya. Dia Akan Terkejut Dengan Perhatianmu.

Cara lain menunjukkan perhatianmu adalah dengan menghargai setiap pemberian dari sahabatmu. Perlakukan barang tersebut dengan baik, dan sahabatmu akan terkejut dengan caramu menghargai persahabatan kalian.

Baca Juga : Kata-Kata Bijak Tentang Persahabatan

Nah, itulah 8 cara untuk menjadi sahabat sejati yang bisa kamu praktekkan mulai dari yang termudah. Selamat mencoba ya!
Direkomendasikan Untuk Anda :

0 comments: