Sabtu, 24 Januari 2015

7 Alasan Mengapa Meninggalkan Facebook Bagus Untuk Masa Depanmu - Part 1

7 Alasan Mengapa Meninggalkan Facebook Bagus Untuk Masa Depanmu - Perkembangan dan perbaikan dalam komunikasi terus dilakukan selama 100 tahun terakhir. Dimulai dari distribusi surat-surat, lalu beralih ke panggilan telepon. Panggilan telepon berkembang lagi menjadi teks, teks ke video call, dan kini ada cara yang sangat mudah untuk berkomunikasi yakni menggunakan aplikasi chatting dan media sosial. Semuanya dimulai dari penemuan internet dan perkembangan situs jejaring sosial.

Facebook adalah salah satu jejaring sosial terbesar yang kini memiliki 1,23 miliar pengguna aktif di tiap bulannya. Awalnya, Facebook didirikan untuk menghubungkan orang-orang yang ada di dunia nyata ke dunia maya. Kemudian orang mulai memanfaatkannya untuk menjalin koneksi dengan orang-orang di seluruh dunia. Bahkan ada yang menggunakan facebook hanya demi popularitas saja. Namun, dibalik manfaatnya, ada juga kerugian-kerugian yang ditimbulkan oleh Facebook bagi penggunanya. Sekarang, saatnya kamu meninjau ulang bagaimana membuat daftar orang-orang yang berada di pertemanan Facebookmu benar-benar mempengaruhi produktivitasmu.

1. Facebook Mencuri Waktumu

Alasan Mengapa Meninggalkan Facebook Bagus Untuk Masa Depanmu
Saat login Facebook dan menggeser scroll ke bawah di beranda Facebook, banyak orang yang tidak menyadari sudah berapa banyak waktu yang habis hanya untuk melihat peristiwa-peristiwa yang terjadi pada kehidupan orang lain dan dibagikan di Facebook Ini menjadi masalah serius, dimana kamu merasa memiliki kewajiban untuk mengeklik tombol suka dan mengomentari postingan teman-teman kita. Kamu mungkin menyatakan pembenaran atas sikap ini dengan mengatakan, "aku akan melakukannya di waktu luangku?" Padahal, dengan waktu yang sama kamu dapat melakukan hal-hal yang lebih berguna seperti merawat diri, melakukan tugas harian dan belajar sesuatu yang baru.

2. Facebook Dapat Menurunkan Motivasi Kamu

Facebook Dapat Menurunkan Motivasi Kamu
Melihat postingan orang lain secara terus menerus tentang kemana mereka pergi, apa yang mereka lakukan, dan foto selfie mereka membuatmu terdorong untuk membuat "postingan tandingan" supaya kamu nggak kalah kece dari mereka. Namun, ketika kamu tidak memiliki sesuatu untuk dibagikan (mengingat terkadang orang juga menjalani hidup biasa saja di rumah) membuat kamu merasa rendah diri dan tidak memiliki motivasi. Sebenarnya, berbagi setiap saat tentang kehidupanmu  bukanlah suatu kewajiban. Kamu tidak perlu merasa terbebani jika tak membagikan peristiwa hidupmu sehari-hari.

3. Facebook Membuatmu Jadi Berhubungan dengan Orang Nggak Jelas

Facebook Membuatmu Jadi Berhubungan dengan Orang Nggak Jelas
Pernahkah kamu mengecek teman Facebookmu? Seberapa banyak yang kamu kenal dan berapa banyak yang bahkan kamu nggak tahu dari mana asalnya orang itu? Sebaiknya kamu mulai berpikir, apa sebenarnya yang kamu inginkan saat kamu berbagi dengan orang-orang itu. Bermanfaatkah? Terlebih, mereka juga membagikan sesuatu setiap hari padamu. Adakah manfaatnya buatmu? Jika jawabannya tidak, maka segeralah berhenti menghabiskan energi dan waktumu untuk berbagi dengan orang-orang yang tidak jelas dan tak berpengaruh bagimu.

4. Facebook Membuatmu Berurusan dengan Informasi Tak Berguna

Facebook Membuatmu Berurusan dengan Informasi Tak Berguna
Informasi yang ada di Facebook terkadang lebih banyak yang tidak berguna daripada yang berguna (tergantung teman-teman di daftar kontakmu juga, sih). Terlebih Facebook adalah media sosial yang paling banyak digunakan untuk mempopulerkan suatu tren dan fenomena yang ada di dunia, berita selebritis misalnya. Yakin deh, kamu bakalan nggak kangen-kangen amat sama Facebook jika kamu meninggalkannya.

Masih ada tiga lagi alasan mengapa meninggalkan Facebook bagus bagi masa depanmu. Kamu dapat menyimaknya di artikel selanjutnya ya, Guys di artikel  7 Alasan Mengapa Meninggalkan Facebook Bagus Bagi Masa Depanmu - Part 2. Izwie bakal kupas lagi di situ. Penasaran dengan kelanjutannya? Don't miss it!
Direkomendasikan Untuk Anda :

0 komentar: