Saturday 17 January 2015

9 Ciri Orang Kreatif Yang Bahkan Kamu Sendiri Tak Menyadarinya

Apa yang kamu pikirkan ketika mendengar orang kreatif?

Tangan berlumuran cat, jemari yang menari di atas keyboard menuliskan ratusan lembar halaman novel, atau tangan memetik gitar dengan baik, mungkin itulah yang tergambar di benak Anda saat mendengar kata orang kreatif.

Ya, orang kreatif memang bisa saja berkutat pada "hal-hal kreatif" di atas. Namun, sebenarnya ada ciri-ciri lain yang menandakan bahwa kamu adalah orang kreatif. Tanda tersebut mungkin saja ada pada diri kamu, namun kamu tidak menyadarinya.

Apa saja 9 tanda bahwa kamu adalah orang kreatif tersebut? Simak satu persatu dalam penjelasan berikut ini:

1. Responmu Tidak Masuk Akal

9 Ciri Orang Kreatif Yang Bahkan Kamu Sendiri Tak Menyadarinya
Kamu sering merespon segala sesuatu secara spontan dan kadang... Tidak masuk akal! Kamu tidak memikirkan bagaimana efek yang terjadi apabila kamu melakukannya. Kamu hanya mengikuti intuisi kamu untuk melakukan sesuatu atau menanggapi sebuah peristiwa.

Contohnya adalah ketika tiba-tiba kamu mentraktir temanmu padahal dalam dompetmu itu adalah uang jajan terakhirmu. Kamu nggak begitu memikirkan bagaimana untuk hidup seminggu ke depan. Contoh lainnya adalah ketika kau berani mengirimkan lamaran pekerjaan pada perusahaan yang menawarkan lowongan, meskipun kamu tau persis bahwa kamu tidak memenuhi kualifikasi mereka. Namun, efek baiknya dari keberanian dan spontanitas ini adalah kamu bisa saja mendapatkan pengalaman seru akibat ketidakmasukakalanmu itu, Guys!

2. Kamu Tahu Perbedaan Terpenting Antara Mimpi dan Kenyataan

Kata Nidji, mimpi adalah kunci untuk menaklukkan dunia. Kamu tahu persis, bermimpi besar dan hebat dapat membuka kunci pencapaian yang hebat pula. Namun, kamu juga sadar bahwa setelah bermimpi, ada langkah-langkah nyata yang harus ditempuh untuk mewujudkan mimpi tersebut. Kamu menyadari kenyataan.

3. Kamu Bisa Mengatakan Karyamu Bukan yang Terbaik, Namun Tak Ada Seni yang Buruk

Kamu Bisa Mengatakan Karyamu Bukan yang Terbaik, Namun Tak Ada Seni yang Buruk
Kamu punya cara untuk menghargai karyamu sendiri. Kamu memang tidak mengklaim bahwa karyamu adalah yang terbaik, namun kamu juga berprinsip bahwa tidak ada seni yang buruk. Kamu berpikir bahwa setiap karya adalah proses menuju kebaikan.

4. Kamu Mengamati Segala Sesuatu dan Menyimpannya dalam Benak

Kamu adalah pengamat yang baik. Segala detail yang ada di sekitarmu kamu amati dengan baik. Kamu tidak memerlukan catatan untuk mendokumentasikan hasil temuanmu. Kamu menyimpannya dalam benak, dan mengeluarkannya kembali saat butuh. Itulah daya kreatif yang langka untuk dimiliki, karena pada dasarnya manusia itu pelupa (ups!).

5. Kamu Tidak Menunggu Keberuntungan, Kamu Menciptakannya

Kamu selalu menciptakan keberuntungan, bukan hanya duduk diam menunggunya. Kamu menciptakan peluang untuk meraih kesuksesan, sehingga banyak pencapaian ajaib yang kamu selesaikan berkat sikap baikmu ini.

6. Kamu Tidak Meratapi Kegagalan

Alih-alih meratapinya, kamu memilih untuk bangkit dan memperbaikinya. Tidak meratapi kegagalan adalah ciri orang kreatif yang sering terlupakan. Orang kreatif tidak pernah takut pada kegagalan. Justru kegagalan adalah caranya untuk menjadi lebih kreatif.

7. Resikomu Sebesar Imbalanmu

Resikomu Sebesar Imbalanmu
Kamu sanggup menanggung resiko sebesar imbalan dan penghargaan yang diberikan. Jika pernghargaannya tinggi, tentu resikonya akan tinggi pula. Namun kamu tetap berani menanggung resiko yang besar tersebut.

8. Melibatkan Diri dengan Orang Berbakat

Kamu selalu ingin tahu bagaimana cara orang berbakat merealisasikan bakat mereka. Kamu suka berdekat-dekatan dengan orang berbakat seperti mengikuti kursus seni, menari, melukis, menulis dan olahraga. Belajar dari ahlinya membuatmu "mewarisi" bakat alami mereka.

9. Kamu Mengejar Mimpi dan Menghidupkan Passion

Kamu Mengejar Mimpi dan Menghidupkan Passion
Dalam hidup, kamu selalu mengejar mimpi dan berusaha mewujudkan passionmu. Kamu tidak takut untuk mengaktualisasikan diri dengan melakoni apa yang kamu sukai (meski itu bukan tentang seni). Hal itu menunjukkan bahwa kamu adalah orang kreatif!

Editor : Bagus Hermawan
Sumber : lifehack.org
Direkomendasikan Untuk Anda :

0 comments: