Senin, 11 September 2017

9 Cara Menghilangkan Bau Kaki Secara Alami

Cara menghilangkan bau kaki secara alami. Bau kaki merupakan salah satu momok menakutkan untuk setiap orang. Bau kaki sendiri tentunya menyebabkan berbagai macam masalah. Apalagi jika kita membuka sepatu saat bersama teman-teman, tentunya hal ini membuat diri kita tidak percaya diri dan minder.

Masalah bau kaki tak hanya saja membuat kita minder dan juga salah tingkah, tetapi bisa juga menghambat interaksi atau pergaulan bersama teman. Permasalahan ini juga sebenarnya tak mengenal usia, baik anak-anak, ABG maupun orang dewasa dapat mengalami masalah yang satu ini. Biasanya bau kaki yang tak sedap dipicu karena terhambatnya aliran atau sirkulasi udara dari luar karena kaos kaki terlalu rapat dalam jangka waktu yang lama. Sehingga keringat pada kaki yang keluar pun tak dapat menguap.

Faktor Penyebab Bau Kaki

Cara Jitu Untuk Menghilangkan Bau Kaki
Faktor penyebab timbulnya bau kaki sebenarnya cukup bervariasi. Bahkan berdasarkan penelitian sendiri, bakteri yang telah bercampur bersama keringat bisa menyebabkan bau yang menyengat. Adapun bau yang menyengat inilah yang biasanya semakin tidak sedap saat kaki pada keadaan yang tertutup dan lembab. Disamping itu, masalah bau kaki bisa muncul dikarenakan kaki terserang oleh kutu air. Umumnya bau kaki lebih banyak menyerang bagi mereka yang sering mengenakan sepatu dan kaos kaki untuk beraktivitas sehari-hari. Maka dari itu, sebaiknya Anda selalu mencuci sepatu dan kaos kaki supaya tidak memicu perkembangbiakan bakteri di dalamnya.

Cara Menghilangkan Bau Kaki Dengan Alami

Bagi Anda yang sudah terlanjur mengalami masalah ini, kini tak perlu khawatir sebab bisa mengatasi masalah bau kaki dengan cara-cara alami yang dapat dilakukan di rumah. Adapun beberapa cara menghilangkan bau kaki secara alami bisa Anda lakukan dengan cara berikut :

1. Rendaman Baking Soda
Sesudah Anda selesai memakai kaos kaki dan tercium aroma yang bau, maka bisa menggunakan air rendaman baking soda agar bau kaki tersebut pun hilang. Adapun rendaman air dari baking soda ini bukan mengurangi keluarnya keringat, tetapi dapat membantu untuk membunuh bakteri dan kuman yang menyebabkan bau pada kaki. Cara mengatasi bau kaki menggunakan air rendaman baking soda ini yaitu pertama-tama siapkan terlebih dulu 1-4 sdm baking soda, kemudian larutkan pada air 1 baskom, gunakan air tersebut untuk merendam bagian kaki yang bau sekitar 15 menit.

2. Rendaman Air Garam
Cara menghilangkan bau kaki yang kedua ini tentunya lebih praktis dan simple, dimana Anda hanya perlu mencampurkan air secukupnya dengan garam. Lalu rendam kaki ANda selama 20 menitan. Anda bisa mencoba cara ini saat sudah beraktivitas menggunakan sepatu dan kaos kaki. Air garam ini sangat efektif untuk menghilangkan kutu air serta menjadikan kaki tampak lebih sehat dan tidak berbau.

3. Lemon Tea
Lemon tea tak hanya bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit wajah saja, namun juga efektif untuk menghilangkan bau kaki secara alami. Anda bisa memanfaatkan lemon tea bekas untuk dijadikan rendaman pada kaki yang bau. Anda bisa melakukan cara tersebut untuk mengobati kaki yang bau secara rutin sekali dalam seminggu.

4. Sabun Anti Jerawat Berikut 10 Benzoil Peroksida
Campuran 10 benzoil peroksida dan sabun jerawat sangat efektif mengatasi bau kaki. Bau kaki biasanya muncul dikarenakan adanya kuman dan bakteri. Dengan memanfaatkan sabun tersebut tentunya bakteri dan kuman yang menempel pada kaki pun hilang. Sabun ini juga tak hanya mengatasi bau kaki melainkan juga bisa menjaga kesehatan kulit di area kaki. Selain itu, menjaga agar kulit kaki tetap kering dan terhindar dari bau kaki.

5. Aplikasikan Obat Kumur
Untuk menghilangkan bau kaki juga bisa memanfaatkan obat kumur. Obat kumur mengandung antibacterial yang bisa menghilangkan bau kaki dikarenakan kuman ataupun bakteri. Caranya yaitu dengan mempersiapkan obat kumur seperlunya, lalu campur bersama air hangat sebanyak 1 baskom. Kemudian rendam kaki memakai air rendaman tadi sekitar 15 menitan dan lakukan cara tersebut dengan rutin sekali sehari agar mendapatkan hasil optimal.

6. Tepung Maizena
Tepung maizena tak hanya dimanfaatkan untuk bahan kue saja melainkan juga bisa mengatasi bau kaki yang membandel karena didalamnya mengandung senyawa tertentu yang bisa menghilangkan bau kaki. Adapun caranya yaitu dengan mempersiapkan tepung maizena seperlunya, lalu bersihkan kaki terlebih dulu dan oleskan tepung maizena tadi secara merata hingga ke seluruh permukaan kaki, tidak terkecuali sela-sela pada jari. Kemudian biarkan hingga 30 menit dan bilas memakai air hangat.

7. Menyelipkan Kertas Pengering
Untuk mengatasi bau kaki, Anda juga bisa menyelipkan kertas pengering pada kuku. Hal tersebut sedikit demi sedikit akan menghilangkan bau pada kaki karena dengan seringnya menyelipkan kertas pengering maka kuman penyebab bau akan menempel pada kertas tersebut.

8. Menggunakan deodorant
Pada umumnya, deodorant digunakan untuk menghilangkan bau pada ketiak. Namun kenyataannya deodorant bisa digunakan untuk menghilangkan bau kaki karena mengandung senyawa anti bacterial yang tinggi. Perlu diketahui, hindari penggunaan deodorant yang sudah digunakan pada ketiak karena mencegah menghindari penyebaran bakteri dari ketiak pada kaki yang akan menyebabkan masalah baru.

9. Tabur dengan kopi hitam
Jika Anda gemar minum kopi, tentu setidaknya punya kopi di rumah. Nah, untuk menghilangkan bau kaki bisa juga menggunakan kopi. Caranya dengan mengolesi bubuk kopi pada kaki yang bau. Perlu diketahui kopi yang digunakan bukanlah kopi yang sudah dicampur dengan gula namun kopi hitam yang belum di campur dengan bahan pelengkap lainnya.

Itulah langkah-langkah bagaimana Cara menghilangkan bau kaki yang tepat, dengan mengikuti beberapa saran di atas masalah bau pada kaki Anda bisa teratasi.
Direkomendasikan Untuk Anda :

0 komentar: