Senin, 02 November 2015

10 Cara Mengatur Keuangan Agar Kamu Bisa Menjadi Orang Kaya

Mengetahui cara mengatur keuangan atau mengelola keuangan memang sangat diperlukan dan ini merupakan suatu hal yang cukup penting ketika ingin menjadi orang yang sukses secara finansial.

Agar kelak kamu bisa menjadi orang kaya, kamu harus melakukan beberapa hal yang berbeda dari apa yang telah kamu lakukan di masa lalu. Sebagai bahan pertimbangan, pada kesempatan ini Izwie akan memberikan tips untuk mengatur keuangan agar kamu bisa menjadi orang kaya;

1. Jadilah Penasihat Keuanganmu Sendiri

Cara Mengatur Keuangan Agar Kamu Bisa Menjadi Orang Kaya
Seorang bos besar atau pengusaha yang sudah sukses kebanyakan memang memiliki penasihat keuangan sendiri, namun perlu kamu ketahui bahwa sebelum mereka memiliki penasihat, mereka juga belajar mengelola keuangannya sendiri.

Kamu tidak akan bisa memperbaiki apa yang tidak kamu ketahui - jadi langkah pertama yang harus diambil, kamu harus mengetahui kemana saja uangmu dihabiskan. Setelah itu kamu dapat mengetahuinya secara detail dan mencari solusi untuk keuanganmu yang lebih baik.

Biasakanlah hal ini sesegera mungkin dan jika sampai saat ini kamu masih belum membiasakan, lakukanlah sekarang juga. Jika tidak kamu tidak akan bisa mengatur keuanganmu dengan baik. Yang berhak untuk mengendalikan masa depan keuanganmu adalah kamu sendiri, jadi berhati-hatilah dalam hal ini.

2. Tentukan Apa Arti Kekayaan Bagimu

Dalam KBBI, definisi kaya itu "mempunyai banyak harta." Namun, ketika kamu menanyakan pada orang yang benar-benar kaya, kamu akan mendapat jawaban yang jauh berbeda. Orang-orang kaya lebih sering menjawab, bahwa kekayaan yang sesungguhnya itu adalah kebebasan, tujuan, keluarga, kesehatan, pengalaman dan hal-hal lain yang melebihi uang.

Uang hanyalah sebuah alat untuk membuat beberapa hal menjadi lebih mudah, tetapi tidak harus selalu menjadi tujuan dalam hidup. Dan ketika kamu lebih cepat memahami hal itu, kamu akan lebih mudah mewujudkan impian hidupmu.

3. Pergunakan Sistem Otomatis

Kunci sukses finansial adalah untuk membuatnya semudah mungkin. Mengalokasikan 30% gaji bulananmu untuk kartu kredit agar biaya bulanan seperti listrik, internet dll bisa dipotong secara otomatis akan membuatmu menjadi lebih mudah. Kamu juga bisa mengalokasikan 10% atau lebih untuk tabungan atau investasi pribadimu.

Jika semua sudah terpotong secara otomatis di setiap bulannya, kamu hanya tinggal fokus untuk meningkatkan pendapatan.

4. Cari Sumber Penghasilan lain

Satu hal yang perlu kita pelajari dari orang kaya adalah bahwa mereka tidak pernah bergantung pada satu sumber penghasilan. Mereka memiliki banyak sumber yang bisa melindungi mereka dari perubahan ekonomi. Jadi jika kamu ingin menjadi orang yang benar-benar kaya, jangan hanya tertuju pada satu sumber penghasilan saja, cobalah untuk belajar mencari penghasilan lain.

5. Fokus Pada Pendapatan Pasif atau Residual

Poin ini merupakan poin yang cukup penting, disamping itu tak banyak orang yang memahaminya. Cukup berbeda dengan pegawai kantoran, mereka akan di bayar jika mereka benar-benar bekerja. Sedangkan pendapatan pasif atau residual adalah pendapatan yang didapat dengan tidak harus terus bekerja. Itu artinya, baik kamu sedang bekerja, bersantai atau tidak melakukan apa-apa pendapatan masih bisa terus mengalir.

Banyak cara untuk bisa mendapatkan pendapatan residual, contohnya seperti; penulis buku, memiliki real estate, bisnis online dan masih banyak lagi. Mencari pendapatan residual memang tidak semudah yang dibayangkan, hal itu perlu kerja keras dan cerdas. Namun kamu akan lebih cepat menjadi orang kaya dari pada kamu menjadi karyawan dalam seumur hidupmu.
Baca Juga : 10 Tindakan Yang Bisa Membuatmu Menjadi Cepat Kaya

6. Berinvestasi

Berinvestasi merupakan cara termudah untuk mendapatkan uang, namun kamu harus cukup hati-hati jika ingin berinvestasi. Sebelum kamu terjun ke dunia investasi, setidaknya kamu harus mempelajarinya. Pelajari bagaimana mereka mengelola uangmu, resiko-resiko apa saja yang akan kamu dapatkan dan sebagai bahan pertimbangan; pelajari apakah perusahaan investasi tersebut memiliki report yang baik, apakah sudah berjalan lebih dari lima tahun, apakah uang hasil investasi tersebut digunakan untuk banyak bidang, dan berbagai hal penting lain yang perlu kamu pertimbangkan.

7. Lacak Penghasilanmu

Tidak perduli seberapa banyak uang yang kamu dapatkan. Bahkan tak perduli seberapa banyak uang yang kamu habiskan. Yang terpenting kamu harus bisa melacak kemajuan keuanganmu.

Seminggu sekali, lacak kekayaan bersihmu, apakah mengalami penurunan atau kenaikan. Jika mengalami penurunan, pelajari penyebabnya dan cari solusinya. Jangan sampai penurunan itu terus-menerus memburuk tanpa kamu menyadarinya.

8. Jangan Terpaku Pada Harga

Berhemat memang sah-sah saja, namun jangan terlalu sering atau lebih baik jika kamu tidak membeli barang murahan. Dengan membeli barang murah bisa-bisa kamu akan lebih banyak mengeluarkan biaya karena barang tersebut akan mudah rusak dan kamu akan lebih sering mengeluarkan biaya untuk melakukan perbaikan. Yang terpenting di sini, jadilah konsumen yang cerdas dengan tidak tergiur dengan barang yang memiliki harga murah.

9. Potong 10%

Ada banyak cara untuk menabung, bisa dengan disiplin menabung 20rb/ hari, ketika mendapatkan penghasilan lebih dan cara-cara lain yang paling cocok dengan kehidupanmu. Namun di sini Izwie akan memberi cara menabung yang lebih seru dengan menabung ketika kamu membeli sesuatu, semisal membeli baju atau celana seharga Rp. 200,000,-. Ketika sudah kamu beli jangan sampai lupa untuk menabung 10% dari harga yang sudah kamu beli (Rp. 20,000,-). Jika memang masih terlalu berat cobalah dengan 2% atau 5% terlebih dahulu. Lakukan hal ini setiap kamu membeli apapun dan coba bayangkan berapa uangmu yang akan terkumpul di satu tahun mendatang.

10. Pahami Batasanmu

Setiap orang memiliki batasan, dan yang terpenting kamu harus memahami batasanmu. Kamu boleh memiliki banyak tujuan, namun jika kamu tidak fokus pada beberapa tujuan, bisa dipastikan hidupmu akan berantakan.

Agar kamu bisa lebih memahami, Baca Juga : 11 Perbedaan Antara Orang Sibuk Dan Orang Produktif Yang Jarang Dipahami Oleh Orang Lain

Ada banyak cara untuk mengatur keuangan agar bisa menjadi kaya raya. Cara-cara di atas memang tidak mutlak, namun setidaknya bisa menjadi inspirasimu. Jika kamu memiliki pendapat lain, jangan lupa untuk berbagai melalui kolom komentar...
Direkomendasikan Untuk Anda :

1 komentar: