Senin, 26 Oktober 2015

Ini Dia, Hal-hal Yang Perlu & Tidak Perlu Kamu Update Ke Media Sosial

Dunia maya kini menjadi ajang untuk bersosialisasi yang umum digunakan masyarakat. Mulai dari anak sekolah, hingga ibu-ibu rumah tangga kini melek internet. Minimal mereka bisa menggunakan facebook melalui smartphone mereka. Tak heran, sekarang ini masak sayur asam saja akan diunggah fotonya melalui media sosial!

Baca Juga : 4 Hal Yang Bisa Kamu Lakukan Saat Hiatus Dari Sosial Media

Tapi, banyak juga orang yang belum paham apa saja yang perlu diungkapkan dan tidak di media sosial. Mereka menganggap, toh ini akun pribadiku, tentunya aku boleh meng-update apa saja! Nah, kalau sudah begini, informasi pribadi yang harusnya disimpan rapi malah diumbar ke khalayak ramai karena ketidaktahuan mereka.

Hal-hal yang Perlu dan Tidak Perlu kamu Update ke Media Sosial

Izwie akan memberikan sebuah informasi yang dapat membuatmu berfikir, kemudian memilah apa saja hal yang perlu dan tidak perlu diupdate ke media sosial. Yuk, simak info selengkapnya berikut ini.

Yang Perlu Kamu Update:

1. Kebahagiaanmu
Di saat bahagia, kita bisa mengungkapkan rasa syukur kita dengan menuliskan kata-kata yang indah di status media sosial sebagai ekspresi kegembiraan. Orang yang membacanya akan terkena imbas positif dari kata-kata yang kamu rangkai, sehingga mereka juga bisa ikut berbahagia dan mengucapkan selamat. Namun, yang perlu disadari tidak semua orang bisa menerima kebahagiaan orang lain dengan hati bahagia juga. Jika kamu mengungkapkannya secara berlebihan, bukannya membuat orang lain senang justru akan membuat orang lain merasa iri dan dengki. Oleh karena itu, usahakan kata-kata yang kamu ungkapkan tidak menimbulkan perasaan iri pada orang lain, apalagi sampai menyinggung perasaan orang lain.

2. Ide Bagus yang bernilai Positif
Memiliki sebuah ide positif adalah harta karun berharga yang tidak ternilai harganya. Tidak seperti jaman dahulu yang harus menulis surat pembaca di korna/majalah untuk bisa dibaca orang banyak, kini kamu bisa menulis gagasanmu di media sosial dengan lebih leluasa. Ide yang sederhana namun bermanfaat dan bisa dipraktekkan oleh orang lain adalah langkah kecil yang luar biasa.

3. Statusmu: Lajang, Dalam Sebuah Hubungan atau Menikah?
Bukan untuk ajang pamer, media sosial adalah sarana untuk menggambarkan siapa dirimu. Jika kamu memang sudah memiliki pasangan, jangan coba-coba berbohong dengan mengatakan bahwa kamu lajang. jika tidak ingin mendapatkan masalah dengan pasangan.

4. Foto Kenanganmu
 Foto-foto jaman TK hingga kuliah boleh saja kamu tampilkan di media sosial sebagai album digital yang bisa dinikmati banyak orang. Tentunya, jika kamu yakin bahwa foto yang kamu unggah tidak melanggar privasi dan tidak dimanfaatkan oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

5. Hal yang Membuatmu Semangat, Terinspirasi dan Termotivasi
Hampir sama dengan poin kedua, jika kamu hobi mengungkapkan perasaanmu di dunia maya, usahakan yang bernilai positif san membuatmu semangat. Apa yang kamu ungkapkan merupakan cermin kehidupanmu sehari-hari. Ingat jargon: mulutmu harimaumu? Ya, kamu harus berhati-hati dengan apa yang kamu ungkapkan meskipun hanya sebatas status di facebook/twitter.

Yang tidak perlu kamu update:

1. Emosi Negatifmu
 Kebalikan dari kalimat bersemangat dan menginspirasi, orang yang setiap hari dilanda stress akan merasa lega setelah mengungkapkannya di media sosial. Namun, emosi negatif tersebut hanya akan jadi "sampah" yang lewat di beranda media sosial orang lain. Hal ini tentu membuat orang lain jengah dan enggan berinteraksi dengan kamu. Kepribadianmu akan mudah ditebak melalui apa yang kamu tuliskan setiap hari.

2. Masalah Nggak Penting Pribadimu
Setiap orang punya masalah hidup, dan tidak semua masalah harus diketahui orang lain. Masalah yang kamu ungkapkan, belum tentu mendapat solusi terbaik apabila kamu menuliskannya di sebuah status. Kamu bisa sharing dengan orang yang lebih kamu percaya untuk memberikan nasehat seperti orangtua, pasangan dan sahabat.

3. Informasi Pribadimu
Informasi pribadi yang bersifat rahasia, ada baiknya tidak diupdate untuk keamanan dan kenyamananmu. Berhati-hatilah saat memasukkan info pribadi di sebuah situs, karena tidak semuanya aman.

4. Kesendirianmu
Saat kamu sendirian di rumah atau di suatu tempat, jangan lantas mengupdatenya karena kamu bisa jadi sasaran kejahatan orang yang membaca statusmu. Kesendirianmu akan membuat orang jahat lebih leluasa menjalankan aksinya.

5. Foto Selfiemu Setiap Detik
Terakhir, jika kamu tidak ingin temanmu jengah terhadap kamu, maka tahanlah keinginan untuk mengunggah foto selfiemu setiap saat. Apalagi yang satu foto sampai 9 frame! Secantik dan sebagus apapun fotomu, orang tidak akan menaruh respek terhadapmu jika kamu tiap jam ganti foto profil yang bikin eneg orang yang melihatnya.

Baca Juga : Hati-Hati Efek Negatif Selfie!

Nah, bagaimana sobat Izwie? Selain informasi di atas apakah kamu punya tambahan lain? Semoga tipsnya bermanfaat ya!
Direkomendasikan Untuk Anda :

0 komentar: