Sabtu, 26 September 2015

Ketahui 10 Manfaat Mengejutkan Makan 3 Pisang Setiap Hari

Pisang merupakan buah yang kaya akan manfaat dan dapat di konsumsi dengan berbagai cara. Ada beberapa orang yang suka memakan pisang dengan cara di panggang, goreng maupun di rebus. Kalau kamu sendiri suka memakan pisang dengan cara apa?

Di sadari maupun tidak, pisang merupakan salah satu buah paling populer di dunia. Di Indonesia sendiri, hampir setiap rumah selalu membeli atau mengkonsumsi buah pisang setidaknya sebulan sekali. Lantas apakah jika kita sering mengkonsumsi buah pisang, memiliki banyak manfaat untuk tubuh kita?

Manfaat Mengejutkan Memakan 3 Pisang Setiap Hari

Peneliti mengatakan ya. Pisang memiliki lebih banyak kandungan yang bermanfaat untuk tubuh kita, menunjukkan bahwa mengkonsumsi tiga pisang setiap hari memberikan tubuh kita sekitar 1500 mg kalium dan banyak menfaat kesehatan lainnya.

Agar kamu lebih memahami tentang manfaatnya, berikut 10 manfaat luar biasa dari memakan pisang setiap hari:

1. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Sebuh studi menunjukkan bahwa makan tiga pisang sehari dapat menurunkan tekanan darah secara signifikan. Satu pisang berukuran sedang memiliki sekitar 422 mg kalium dan nutrium. Kandungan kalium dan nutrium yang tinggi tersebut mampu membantu untuk menetralkan tekanan darah tinggi.

Jadi jika kita memiliki tekanan darah tinggi, mengkonsumsi pisang sangatlah dianjurkan.

2. Memperbaiki Pencernaan

Pisang merupakan buah yang mengandung serat larut dan tak larut. Serat merupakan nutrisi penting dalam tubuh karena dapat membantu dalam mengatur pencernaan. Dengan memakan pisang, kamu akan merasa kenyang lebih lama dan mampu mengatasi sembelit.

Untuk itu tak heran jika pisang sering dimasukkan dalam menu sarapan pagi, hal itu dapat membantu seseorang untuk memulai hari mereka dengan energi.

3. Menyehatkan Jantung

Mengkonsumsi makanan yang tinggi serat sangatlah baik bagi kesehatan jantung dan pisang merupakan makanan yang tinggi akan serat. Orang-orang yang menjalani diet tinggi serat selalu dikaitkan dengan penyakit kardiovaskular dan penyakit jantung koroner. Dengan mengkonsumsi pisang yang kaya akan serat, mampu menurunkan resiko penyakit jantung.

Ingin jantungmu tetap sehat, jangan lupa untuk mengkonsumsi pisang ya sobat izwie :)

4. Meregenerasi Sel

Selain tinggi serat, pisang juga kaya akan vitamin B6 yang mengandung 20% dari jumlah harian yang diperlukan untuk asupan dewasa. Vitamin B6 membantu tubuh memproduksi insulin, hemoglobin dan asam amino nonesensial yang diperlukan untuk meregenerasi sel tubuh. Selain itu, kandungan dalam pisang juga membantu memproduksi antibodi untuk melawan infeksi.

Dengan begitu, sobat izwie harus rajin mengkonsumsi pisang agar nantinya tidak sering pergi ke dokter.

5. Menyehatkan Saluran Pencernaan

Selain mampu memperbaiki pencernaan seperti pada poin no. 2, pisang juga mampu menyehatkan saluran pencernaan. Dengan mengkonsumsi pisang juga dapat membantu memulihkan mineral yang hilang setelah diare. Itulah sebabnya pisang adalah salah satu makanan padat pertama yang diberikan pada bayi.

Pisang merupakan salah satu makanan obat klinis, para ahli gizi menggunakannya untuk mengobati penyakit diare akut.

6. Kaya Akan Vitamin C

Ketika kamu berfikir tentang vitamin C, mungkin kamu akan langsung tertuju pada buah jeruk dan stroberi. Tapi buah pisang juga mengandung 15% vitamin C yang mampu memenuhi kebutuhan harian kamu. Vitamin C adalah antioksidan yang mampu menetralkan radikal bebas berbahaya dalam tubuh. Radikal bebas adalah atom bermuatan, molekul atau ion jahat yang terus menerus menghancurkan sel-sel dalam tubuh kita.

Dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin C, termasuk pisang. Membatu menjaga pembuluh darah sehat dan menghasilkan kolagen untuk menyehatkan otot, tulang dan jaringa lain.

7. Meningkatkan Kinerja Atletik

Jika kamu pernah bertanya-tanya mengapa banyak atlet yang menyukai pisang, inilah alasannya: Pisang mampu meningkatkan otot dan memberikan antioksidan dan nutrisi lainnya secara alami. Menurut sebuah studi, memakan setengah pisang setiap 15 menit selama uji coba waktu bersepeda sama efektifnya dengan meminum karbohidrat setiap 15 menit.

Untuk itu tak heran jika ada beberapa atlit yang memakan 16 pisang dalam waktu sehari.

8. Melawan Anemia

Karena pisang tinggi akan zat besi, mengkonsumsi pisang dapat merangsang produksi hemoglobin dalam darah dan membantu melawan anemia. Anemia adalah suatu kondisi di mana ada penurunan jumlah sel darah merah atau hemoglobin dalam darah, yang menyebabkan kelelahan, pucat dan sesak napas.

Selain itu, Vitamin B6 dalam pisang mampu mengontrol tingkat glukosa darah. Itu artinya dapat digunakan untuk menyembuhkan anemia.

9. Menahan Rasa Lapar

Hal ini terjadi bukan hanya karena memakan pisang membuat kamu merasa kenyang lebih lama, tetapi juga karena bau pisang mengenakkan. Itu benar, aroma pisang ternyata dapat menekan nafsu makan dan rasa lapar. Menurut peneliti Dr. Alan Hirsch di Chicago, mencium bau pisang ketika kamu lapar dapat mengelabui otakmu bahwa seakan-akan kamu sudah memakan pisang.

Jadi, pisang dapat membantumu untuk menurunkan berat badan.

10. Meningkatkan Suasana Hati & Merasa Senang

Satu pisang ukuran sedang terdapat sekitar 28 mg magnesium. Kandungan ini dapat membantu meningkatkan mood-mu dan membuat tidurmu menjadi lebih baik. Pria dan wanita membutuhkan 420 mg dan 320 mg magnesium per hari. Jika kamu kekurangan magnesium, kamu akan mengalami kecemasan, iritabilitas, depresi dan gangguan lain.

Untuk itu, mengkonsumsi pisang secara teratur setidaknya 3 pisang setiap hari mampu meningkatkan mood-mu dan menjaga kesehatanmu.

Nah berikut 10 manfaat luar biasa dari mengkonsumsi 3 pisang setiap hari, kamu punya pendapat lain?
TAGS
#Kesehatan
Direkomendasikan Untuk Anda :

0 komentar: