Rabu, 08 Juli 2015

Ketahui 7 Jenis Makanan Yang Tidak Boleh Dipanaskan Lagi

Ketika berhubungan dengan makan memakan, menyantap hidangan ketika masih dalam keadaan panas atau hangat memang sangat nikmat. Oleh karena itu, banyak masyarakat kita yang sering menghangatkan makanan terlebih dahulu sebelum di santap. Hal itu memang sah-sah saja, namun sobat Izwie juga harus tahu tentang makanan yang tidak dianjurkan untuk dipanaskan ulang karena bisa membahayakan tubuh.

Selengkapnya silahkan baca tentang 7 jenis makanan yang tidak boleh dipanaskan lagi, di bawah ini;

1. Bayam

Bayam
Seperti yang sudah diketahui oleh banyak orang bahwa bayam merupakan makanan yang menyehatkan. Namun sobat izwie juga harus tahu, jika makanan ini dipanaskan lagi, bukan manfaat untuk kesehatan yang akan diperoleh. Karena bayam banyak mengandung banyak nitrat, ketika dipanaskan ulang kandungan nitrat akan berubah menjadi nitrit. Nitrit merupakan zat yang memicu sel kanker dalam tubuh, jadi ketika Anda mengkonsumsi bayam sebaiknya dikonsumsi pada waktu kondisi masih segar.

2. Kentang

Kentang
Layaknya bayam, kentang merupakan jenis makanan yang kaya akan manfaat karena mengandung zat seperti fosfor, zat besi, karbohidrat, protein, lemak nabati dan kalsium. Namun kentang juga tidak dianjurkan untuk dipanaskan secara berulang-ulang karena bisa menghilangkan kandungan gizinya dan kemungkinan akan menjadi makanan yang beracun. Jadi setelah dimasak sebaiknya makanan ini langsung dihabiskan dan kalaupun sudah dingin sebaiknya langsung di makan langsung tanpa harus dipanaskan ulang.

3. Jamur

Jamur
Jamur merupakan makanan yang memiliki rasa yang cukup unik dan khas. Disamping itu jamur juga memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh karena mengandung protein. Bagi pecinta makanan ini, memang sangat dianjurkan untuk memakannya segera setelah matang agar tidak kehilangan kandungan proteinnya dan kalaupun sudah dingin sangat dianjurkan untuk memakannya dengan apa adanya tanpa perlu dipanaskan ulang. Karena jika dipanaskan ulang, makanan ini akan merubah kandungan protein, kandungan gizi bahkan rasanya. Dan yang terburuk bisa berakibat pada gangguan pencernaan.

4. Seledri

Seledri
Seledri merupakan daun sayuran dan tumbuhan obat yang biasa digunakan untuk bumbu masakan. Layaknya bayam, seledri juga mengandung zat yang bernama nitrat. Jadi jangan sekali-kali memanaskan ulang masakan yang mengandung seledri.

5. Ubi

Ubi
Ubi merupakan tanaman budidaya yang masih banyak dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Dan ternyata ubi juga merupakan makanan yang mengandung zat nitrat. Jadi sudah seharusnya untuk tidak memanaskan ulang makanan ini.

6. Telur

Telur
Telur merupakan bahan makanan hewani selain daging dan memiliki resiko cukup tinggi jika makanan ini dipanaskan ulang. Telur bisa menjadi sangat beracun jika sering dimasak dengan suhu yang cukup tinggi. Terutama jika dimasak dengan kondisi direbus atau dalam kondisi masih bulat dengan bagian kuning tetap di tengah.

7. Ayam

Ayam
Tidak jauh beda dengan jamur, ayam merupakan makanan yang mengandung protein. Jika dipanaskan ulang, komposisi protein daging ayam dapat berubah. Maka dari itu, jika sobat izwie ingin menghangatkan kembali, sebaiknya tidak dihangatkan dengan suhu tinggi. Cukup dengan api kecil asalkan makanan ini sudah hangat.

Nah berikut 7 jenis makanan yang tidak boleh dipanaskan lagi, sebaiknya dihindari ya sobat izwie :) Semoga bermanfaat...
TAGS
#Kesehatan
Direkomendasikan Untuk Anda :

0 komentar: