Kamis, 02 Juli 2015

Inilah 14 Tanda Ayah Yang Hebat

Ketika kita masih mudah, mungkin pernah berfikir bahwa menjadi seorang ayah itu cukup mudah. Namun ketika berbicara tentang ayah yang hebat, sudah pasti tidak akan mudah untuk mewujudkannya. Menjadi sosok ayah yang hebat memang diperlukan pengalaman, pembelajaran dan beberapa hal yang akan kita bahas tentang 14 tanda ayah yang hebat di bawah ini;

1. Mereka Mendengarkan Anak-anak Mereka

Bagi seorang ayah yang mendengarkan cerita anaknya dengan tersenyum dan mengangguk-ngangguk, siapapun pasti bisa melakukannya. Berbeda dengan seorang ayah yang hebat, dia mampu masuk ke dalam cerita konyol anaknya dan menciptakan poin percakapan penting. Dia juga berada di sana ketika anak-anaknya memerlukan bahu untuk menangis dan siap memberikan saran yang membangun agar anak-anaknya mampu terus berkembang. Seorang ayah yang hebat juga benar-benar tahu ketika anak-anak mereka di rumah dan di luar, karena dia telah banyak menghabiskan waktu untuk mendengarkan apa yang anak-anaknya ceritakan.

2. Mereka Mendukung Kepentingan Anaknya

Mereka Mendengarkan Anak-anak Mereka
Seorang ayah yang baik selalu berminat untuk apa yang anak-anaknya ingin lakukan. Tentunya semua ayah akan benar-benar senang jika anak-anaknya memiliki hobi yang sama, tetapi ayah yang hebat akan membiarkan anak-anak mereka untuk mengejar kepentingan mereka sendiri. Tidak hanya membiarkan anak-anaknya mengejar impian mereka sendiri, tetapi ayah yang hebat juta tertarik dalam impian itu juga. Mereka mencari informasi tentang hobi anak-anaknya pada waktu mereka sendiri, sehingga mereka bisa menghabiskan lebih banyak waktu dengan anak-anaknya. Ayah yang hebat mengorbankan waktu kepentingan mereka sendiri demi melihat anak-anaknya berkembang.

3. Mereka Sangat Peduli

Mereka Sangat Peduli
Seorang ayah yang menakjubkan selalu menyibukkan diri untuk membuat anak-anaknya sejahtera dan mengambil beban anak-anak mereka pada diri mereka sendiri (suasana hati mereka tergantung pada anak-anaknya). Ayah yang hebat tidak akan bisa benar-benar bahagia ketika melihat anak-anaknya dalam kesusahan. Di sisi lain, di hari terburuk mereka, bagaimana bisa seorang ayah menjadi marah ketika dia melihat betapa bahagianya anak-anaknya. Tidak hanya ayah yang hebat selalu peduli tentang keluarga mereka sendiri, tetapi mereka juga peduli pada semua orang dan segala sesuatu di sekitar mereka.

4. Mereka Membantu Anak-Anaknya Untuk Menemukan Jawaban

Mereka Membantu Anak-Anaknya Untuk Menemukan Jawaban
Ketika anak dalam masa berkembang, sudah tentu mereka akan memiliki banyak sekali pertanyaan untuk memuaskan keingintahuannya. Tentunya seorang ayah yang hebat akan menjawab pertanyaan-pertanyaan anaknya sesuai dengan pengetahuan yang dimilikinya. Walaupun mereka bukan orang yang cukup pintar, ketika anaknya memberi pertanyaan yang tidak sesuai dengan bidangnya atau diluar kemampuannya. Mereka akan mengajak anaknya untuk menemukan orang yang mampu menjawabnya. Dengan begitu mereka juga mengajarkan anaknya tentang bagaimana menemukan sebuah jawaban atas pertanyaan-pertanyaan mereka.

5. Mereka Membiarkan Imajinasi Anak-anaknya Berkembang

Mereka Membiarkan Imajinasi Anak-anaknya Berkembang
Tentunya, setiap anak-anak pasti memiliki imajinasi liar dan sering juga bersifat konyol. Seorang ayah yang hebat, tidak akan menghalangi imajinasi anak-anaknya. Justru mereka akan mendukung dengan menyediakan berbagai peralatan jika hal itu memungkinkan dan tentunya selalu disertai dengan bimbingan. Dia selalu memberi kesempatan tak terbatas untuk anak-anaknya untuk memperluas pikirannya.

6. Mereka Menangani Pekerjaan Kotor

Mereka Menangani Pekerjaan Kotor
Ketika baru mempunyai anak, memang sudah melakukan berbagai hal untuk merawat anaknya seperti mengganti popok, membersihkan muntah dan penanganan berbagai jenis kotoran yang terkait dengan anak-anaknya. Hal itu memang kerap dilakukan oleh ibu. Namun sebagai ayah yang hebat, dia tidak pernah untuk ikut adil dalam menangani hal tersebut. Dan dia sadar bahwa hal itu tidak semata-mata untuk membatu sang istri tercinta, tetapi mereka memiliki ikatan yang kuat dengan anak-anaknya.

7. Mereka Mengendalikan Diri

Mereka Mengendalikan Diri
Sehebat apapun seorang ayah, pasti pernah kehilangan kontrol. Dia mungkin marah, stres, atau bahkan ketakutan akan berbagai masalah yang ia hadapi. Tapi sebagai ayah yang hebat, dia tidak akan membiarkan anak-anaknya mengetahui hal tersebut. Dia menangani masalah dengan tenang, menjaga perasaan negatif untuk dirinya sendiri dan mengetahui jika dia tak menyembunyikan perasaan itu, akan membuat anak-anaknya menjadi takut bahkan lebih buruk.

8. Mereka Menyingkirkan Sikap Kekanak-kanakan

Mereka Menyingkirkan Sikap Kekanak-kanakan
Menjadi seorang ayah berarti kehilangan sebagai dari dirinya untuk mendapatkan yang lebih baik. Seorang ayah yang hebat tidak akan lagi pergi begadang bersama teman-temannya sampai larut malam atau tidak tahu waktu. Dia akan lebih suka untuk melihat atau mengontrol anak-anaknya dan melepaskan kehidupan masa lajangnya untuk mendapatkan hal yang besar dan lebih baik bagi dirinya dan keluarganya.

9. Mereka Lebih Mementingkan Keluarganya

Mereka Lebih Mementingkan Keluarganya
Ayah yang hebat adalah seorang yang selalu mementingkan kebahagiaan keluarganya. Mereka mengorbankan dirinya agar keluarganya dapat berlibur, memberi hadiah pada anak-anak dan istrinya. Apapun alasannya dia akan menjadi seorang ayah yang selalu menempatkan kepentingan dirinya untuk mendukung kebahagiaan anggota keluarganya.

10. Mereka Memenuhi Kebutuhan Keluarganya

Mereka Memenuhi Kebutuhan Keluarganya
Para ayah yang hebat bukanlah miliader yang bisa membeli apa saja yang di inginkan anak-anak dan istrinya. Mereka bukanlah orang yang bisa mengajak keluarganya untuk bisa berlibur setiap minggu. Sebaliknya, ayah yang hebat adalah ayah yang mampu memberi makan keluarganya. Dan sesibuk apapun pekerjaannya, dia berhasil untuk memiliki banyak waktu untuk keluarganya. Dia tahu, sesulit apapun yang mereka hadapi, mereka lebih suka untuk terus berusaha daripada melihat keluarganya menderita.

11. Mereka Hanya Menginginkan Keluaganya

Mereka Hanya Menginginkan Keluaganya
Ketika menjadi seorang ayah yang baik, mereka sadar bahwa tidak ada jumlah uang, harga, maupun prestasi yang dapat menggantikan kebahagiaan keluarganya. Dia mungkin harus mengubah siapa dia sebenarnya, tapi dia menyambut perubahan dengan tangan terbuka. Ayah terbaik telah menunggu hari untuk menjadi seorang ayah ketika masih mudah.

12 Mereka Religius

Ayah yang hebat adalah seorang yang religius, mereka menjalani agama mereka dengan benar sesuai dengan peraturan yang ditetapkan oleh tuhannya. Mereka juga mengajarkan anak-anaknya tentang apa yang ia percayai dan tidak memaksakan kehendaknya.

Berikut, 14 tanda ayah yang hebat yang dapat kamu jadikan inspirasi. Apakah kamu siap untuk menjadi ayah yang hebat?
Direkomendasikan Untuk Anda :

3 komentar: