Rabu, 18 Maret 2015

10 Manfaat Belajar Musik Untuk Menunjang Kesuksesan

Bagi pemain musik, pastinya selalu mendukung ketika ada sekolah yang mengajarkan tentang musik. Mereka juga akan senang ketika melihat banyak orang yang belajar instrumen, begitupun juga dengan saya pribadi.

Saya sendiri adalah pemain gitar dan mulai tertarik untuk belajar gitar sejak masih duduk di bangku SMP. Saya bukanlah sarjana lulusan musik namun sedikit banyak bisa memainkan beberapa musik kesukaan seperti instrumen gitar.

Dari pengalaman belajar musik yang sudah saya jalani selama bertahun-tahun, saya beranggapan bahwa belajar musik sangatlah bermanfaat. Mungkin bagi Anda yang tidak pernah memainkan alat musik sulit untuk mempercayai bahwa belajar musik memiliki banyak manfaat. Namun kali ini, saya akan membeberkan sejumlah bukti bahwa pendidikan musik tidak hanya bermanfaat untuk Anda, namun juga penting untuk Anda yang ingin sukses dalam hidup.

1. Mereka Lebih Kreatif

Bermain Gitar
Penelitian terbaru menunjukkan bahwa banyak pengusaha, politisi dan masih banyak lagi yang sukses karena mereka dilatih musik saat mereka masih muda. Baik itu alat musik gitar, piano, klarinet, saksofon dan alat-alat lainnya.

Dengan mengenyam pendidikan musik membuat mereka lebih kreatif. Seperti Paul Allen (pendiri Microsoft) pernah menyatakan, musik memungkinkan Anda untuk melihat melampaui apa yang saat ini ada dan mengekspresikan diri dengan cara yang baru.

Sebagai pemain gitar, saya membenarkan kata-kata Paul tersebut. Musik yang indah adalah tentang menciptakan sesuatu yang berbeda dan menerjang hambatan mental. Semua itu perlu pengorbanan untuk menuju aspek lain dari kehidupan kita.

Baca Juga : 9 Ciri-ciri Pengusaha Sukses

2. Otak Mereka Berkembang Berbeda

Anak Kecil Bermain Piano
Seperti yang sudah banyak ditunjukkan oleh para peneliti, bermain alat musik cenderung memiliki efek yang menguntungkan bagi otak dan banyak terlihat pada saat anak-anak.

Memang, mereka yang mulai dari usia dini (sekitar 9 sampai 11) memiliki "volume materi yang lebih signifikan" dalam otak mereka. Meskipun hal ini tidak berarti bahwa musisi yang cerdas itu tidak menunjukkan bahwa otak mereka membuat koneksi yang unik dan menarik.

3. Mereka Terhubung Dengan Lainnya Lebih Baik

Angklung
Musik sering dianggap sebagai cara untuk menghubungkan budaya yang berbeda, ide maupun perspektif. Bahkan ketika Anda tidak terbiasa dengan lokasi, Anda dapat selalu menggunakan kemampuan Anda bermain musik untuk mengenal orang-orang di sekitar Anda, dan menjalin hubungan yang tidak mungkin menjadi mungkin.

Ini bisa menjadi keterampilan penting yang harus dimiliki oleh beberapa profesi, terutama yang mengharuskan Anda untuk melibatkan diri di lokasi yang Anda tidak terbiasa.

4. Mereka Lebih Baik Di Matematika

Notes
Untuk poin nomer 4 ini, memang tidak berlaku buat saya karena saya pribadi tidak begitu pandai dan tidak suka matematika. Tapi banyak yang mengetahui bahwa ada beberapa jenis musik yang terkoneksi dengan matematika.

Hal ini mungkin ada hubungannya dengan fakta bahwa kedua kesepakatan dengan menganalisis teka-teki dan menemukan pola untuk menemukan solusi. Jika Anda bisa merasakan hambatan ketika memainkan bahasa musik, konsep-konsep matematika mulai lebih masuk akal. Menjadi lebih baik dalam matematika yang bermanfaat untuk sejumlah alasan, jika hanya karena begitu banyak pekerjaan baru yang mengandalkan skill itu.

5. Mereka Memiliki Rasa & Ritme Yang Baik

Violine
Saat bermain band, saya tahu bagaimana untuk menjaga ritme dan tempo agar bisa menghasilkan musik terdengar harmonis. Dalam kehidupan, saya menerapkan dengan cara yang sama untuk mengatur waktu agar bisa menghasilkan sesuatu dengan maksimal.

Selain itu, ketika Anda bermain musik akan lebih sering menjumpai alur yang berulang-ulang dengan tingkatan yang konsisten. Dengan demikian, belajar bagaimana untuk mempertahankan tempo tidak hanya baik pada musisi, tetapi juga baik untuk para pekerja agar lebih produktif dan efektif.

6. Mereka Memiliki Ambisi

Bermain Bass
Belajar musik memang tidak bisa dilakukan dalam waktu sehari. Untuk bisa menjadi mahir diperlukan waktu yang cukup lama dan keseriusan untuk mempelajarinya. Jika Anda bersedia untuk menempatkan usaha dalam hal itu, Anda mungkin akan menempatkan hal yang sama dalam kehidupan Anda.

7. Mereka Lebih Kemungkinan Untuk Memilliki IQ Tinggi

Hal ini berlaku terutama bagi mereka yang bermain musik saat berada di usia muda, sekitar usia 6 tahun. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa anak-anak yang belajar musik pada usia itu memiliki peningkatan IQ yang lebih besar dibandingkan dengan mereka yang tidak (Saint Link Net).

8. Mereka Memiliki Proses Pendengaran Yang Efisien

Bermain musik
Menjadi sukses mengharuskan Anda untuk menjadi pendengar yang baik dan hal itu juga harus dipersiapkan oleh para musisi untuk memperoleh keterampilan di awal perkembangan mereka.

Mendengarkan adalah keterampilan penting yang harus dimiliki, sebagai kemampuan untuk memahami pembicaraan, nada kalimat yang rumit untuk mencapai sebuah kesuksesan dalam hidup.

9. Mereka Harus Bekerja Keras Untuk Sebuah Hasil Maksimal

Belajar Drum
Meskipun tidak selalu benar bahwa orang-orang yang bekerja paling keras dalam hidup adalah yang paling sukses, seperti yang biasanya terjadi dalam hal bermusik.

Salah satu ahli menyatakan bahwa hal yang menakjubkan tentang belajar musik adalah "jika Anda bekerja cukup keras, itu tidak bisa lebih baik".

Jika Anda pemain musik, mungkin akan percaya bahwa bekerja keras saja tidak selalu mendapatkan hasil yang maksimal, apalagi yang tidak bekerja keras. Hal itu dapat menyebabkan diri Anda terdorong dan belajar untuk bisa bekerja lebih keras dan efisien dalam semua aspek kehidupan Anda.

10. Mereka Memiliki Kontrol Diri Yang Lebih

Bermain Violine
Belajar untuk memainkan alat musik dan membaca musik adalah tugas yang sangat sulit ketika Anda memulainya dan membutuhkan lebih banyak fokus. Dan setelah Anda mahir dalam bermain musik, dibutuhkan keterampilan untuk mengontrol diri agar dapat memainkan musik dengan tempo yang ideal. Belajar untuk mengalahkah ego agar suara musik dapat terdengar imbang dan harmonis.

Menerjemahkan bahwa kemampuan untuk tetap berdedikasi dan fokus pada tugas yang diberikan, menjadi lebih mudah untuk percaya bahwa banyak musisi yang berakhir sukses di bidang lain.

Baca Juga : 17 Definisi Sukses Yang Harus Kamu Ketahui

Apakah Anda memainkan alat musik? Apakah itu menguntungkan untuk kesuksesan hidup Anda? Komentar di bawah ini!
Direkomendasikan Untuk Anda :

4 komentar:

  1. Menarik, saya sendiri pernah mencoba main gitar, tapi belum bisa2.hehe

    BalasHapus
  2. Menurut saya, disamping dapat memberdayakan fungsi intelegensi, musik juga dapat melatih dan meningkatkan daya gerak yang berguna untuk kesehatan tubuh serta melatih perasaan menjadi lebih peka terhadap sesuatu. Saya juga sedang belajar mengisi materi pelajaran drum di http://www.stepandguides.com/ salam dan semoga sukses!

    BalasHapus
  3. Musik itu pada dasarnya adalah do,re,mi,fa,so,la,si,do.
    Tinggal bagaimana jiwa pemain mngekspresikan nada nada trsebut hingga mmbuat alunan abstrak yg dapat menghipnotis pendengan.

    Bagi saya musik itu jiwa yg bebas berekspresi(bisa d bilang tempat curhat)

    BalasHapus
  4. Sgt setuju sama point no.4. Keduanya adalah hobi dan ambisi saya��

    BalasHapus