Senin, 09 Februari 2015

12 Alasan Mengapa Sebagian Orang Nampak Selalu Bahagia

Di dunia ini, ada orang yag setiap hari nampak baik-baik saja, bahagia dan nyaris tanpa beban di wajahnya. Mereka ringan melakukan banyak hal, tidak pernah mengeluh dengan pekerjaannya dan bermurah hati melakukan aktivitas sosial.

Setiap orang memiliki berhak untuk menentukan apakah dia ingin bahagia atau sedih. Peristiwa yang membuat kecewa pasti ada saja, tidak mengenal siapapun dia. Namun, ada pepatah bijak mengatakan, sikap lebih penting daripada kenyataan. Jika kita memiliki sikap mental yang baik, kejadian buruk tidak akan mudah untuk mengubah suasana hati. Hati yang bijak akan membuat kita berpikir untuk mencari solusi atas permasalahan hidup kita.

Bagaimana kiat agar selalu bahagia? Simak 12 alasan mengapa sebagian orang selalu nampak bahagia berikut ini:

1. Mereka Pandai Mengolah Harapan

Mereka Hidup di Saat Sekarang
Seseorang yang nampak bahagia, pandai mengolah harapan yang mereka miliki. Mereka memiliki banyak harapan, namun siap atas segala resiko yang akan dihadapi apabila harapan tersebut tidak tercapai. Jadi, selain memiliki harapan di masa depan, mereka juga sudah punya "obat penawar" agar tidak gampang kecewa. Oleh karena itulah, mereka bisa terlihat bahagia walau kenyataan tak sesuai dengan harapan.

2. Mereka Tidak Memasang Standar Tinggi

Setiap orang menetapkan standar yang tinggi dalam hidup mereka, baik secara materi maupun sosial. Untuk menjadi bahagia, orang yang terlihat selalu bahagia tidak menetapkan standar yang tinggi untuk merasa bahagia. Ketika belum memiliki mobil misalnya, mereka enjoy saja naik sepeda atau transportasi umum. Tak gampang mengeluh akan keterbatasan. Ketika belum dapat meraih standar tinggi mereka tetap saja....bahagia :)

3. Mereka Tidak Matre

Seperti yang sudah disebutkan di nomor 2, orang hanya butuh menemukan sesuatu yang bisa membuat mereka bahagia, tidak menunggu adanya materi yang berlimpah. Karena kebahagiaan bagi mereka tidak melulu soal kekayaan yang bersifat matrealistis.

4. Mereka Tidak Mengkhawatirkan Hal yang Belum Terjadi

Salah satu sumber kebahagiaan adalah mengurangi rasa cemas dalam hati akan hal-hal buruk yang belum terjadi. Dengan mengelola emosi, orang akan lebih bahagia tanpa perlu mencemaskan hal-hal yang belum terjadi dan memilih untuk bersikap positif.

5. Mereka Menikmati Hal-hal Kecil

Mereka Menikmati Hal-hal Kecil
Saat menemukan sesuatu yang kecil, kemudian timbul rasa syukur, maka saat itulah kebahagiaan akan datang. Pandai mensyukuri hal-hal kecil adalah kunci untuk menikmati hidup bahagia.

6. Mereka Dapat Beradaptasi

Mereka yang selalu gembira di setiap suasana biasanya dapat dengan mudah beradaptasi dengan keadaan sekitar, baik itu suasana baik maupun buruk. Di tempat yang baru, mereka tidak terpengaruh dengan suasana asing dan cepat menyesuaikan diri.

7. Mereka Menikmati Me Time

Mereka Menikmati Me Time
Selain waktu dengan orang lain, setiap orang membutuhkan waktu untuk dirinya sendiri (me time). Orang membutuhkan waktu untuk melakukan hal yang disukainya seperti hobi, membaca, menikmati secangkir kopi, atau hanya berdiam diri. Me time adalah salah satu kunci membuat seseorang menjadi selalu bahagia.

8. Mereka Selalu Punya Rencana

Seseorang yang memiliki rencana berarti siap melakukan sesuatu dalam hidupnya. Memiliki rencana dalam hidup membuat seseorang terus berpikir bagaimana cara mereaslisasikannya sehingga tidak ada waktu untuk galau dan bersedih terlalu lama.

9. Mereka Selalu Mengambil Kesempatan

Setiap kesempatan yang datang bisa menjadi sumber kebahagiaan bagi seseorang. Dengan rajin meraih peluang dan kesempatan yang ada, maka kita dapat berpeluang juga meraih kebahagiaan atas kesuksesan yang telah dicapainya. Mengambil kesempatan juga akan memberikan pengalaman baru yang tak tergantikan.

10. Mereka Hidup di Saat Sekarang

Cara untuk menjadi bahagia berikutnya adalah dengan hidup di saat sekarang. Orang-orang seringkali tidak sinkron antara pikiran dan tubuh mereka. Mungkin tubuhnya berada di sebuah tempat, namun pikirannya mengembara entah kemana. Padahal, jika dia mau peduli dengan keadaannya saat itu, maka dia akan menemukan banyak hal yang membuatnya happy.

11. Mereka Tidak Terlalu Serius dalam Hidup

Mereka Tidak Terlalu Serius dalam Hidup
Tidak serius disini artinya adalah ada waktu-waktu santai dan khusus untuk "bermain-main". Tidak melulu serius dengan berbagai beban pekerjaan, namun ada waktu untuk menikmati waktu luang dengan bermain game, jalan-jalan, traveling maupun kegiatan menyenangkan lainnya. Jika tubuh dipaksa untuk bekerja terus, maka dapat menimbulkan stress dan berujung pada ketidakbahagiaan.

12. Mereka Tidak Mengurusi Orang Lain

Terkadang kita lebih peduli pada masalah orang lain daripada masalah kita sendiri. Menjadi egois dan peduli terhadap diri sendiri akan membuat kita tidak melakukan hal yang sia-sia seperti mengurus kehidupan orang lain. Percayalah, terlalu banyak energi dan waktu yang kita buang hanya untuk mengurusi apa yang bukan menjadi urusan kita.

Milikilah 12 alasan tersebut dan jadilah orang yang selalu bahagia dalam hidup. Selamat mencoba!

Editor : Bagus Hermawan
Direkomendasikan Untuk Anda :

0 komentar: