Minggu, 18 Januari 2015

7 Manfaat Mengejutkan Minuman Kopi

7 Manfaat Mengejutkan Minuman Kopi - Anda penyuka kopi? Hmm, setiap kali bangun pagi rasanya ingin sekali menghirup aroma kopi yang harum. Begitu pula saat bekerja dan mulai lelah, Anda ingin menyeruput secangkir kopi yang nikmat. Pun saat bercengkerama dengan keluarga maupun kawan, kopi menjadi penghangat suasana yang dapat membuat hari Anda menjadi semakin menyenangkan.

Kopi nikmat disajika dengan berbagai macam kudapan yang yummy di lidah. Anda juga dapat mencampurkan kopi dengan susu atau jahe untuk menambah citarasa. Bagi sebagian masyarakat, mengonsumsi kopi dianggap sebagai tradisi yang sulit untuk ditinggalkan.

Namun, banyak pula yang berpendapat bahwa kopi adalah penyebab berbagai keluhan penyakit dalam tubuh. Hal ini karena kandungan caffeine yang bagi sebagian orang menjadi penyebab timbulya bebagai macam penyakit. Namun, tahukah Anda, sebenarnya kopi juga memiliki segudang manfaat mengejutkan bagi kesehatan asalkan tidak di konsumsi secara berlebihan.

Lebih jelasnya, Izwie akan mengupas lengkap 7 manfaat mengejutkan dari mengonsumsi kopi. Jangan sampai ketinggalan ya, Guys!

1. Menambah Stamina

Manfaat Mengejutkan Dari Mengonsumsi Kopi
Kopi dikenal sebagai 'dopping' bagi orang yang bekerja di kantor maupun kerja berat di lapangan lainnya. Istilah coffeebreak tentu tak asing lagi di telinga kita untuk menunjukkan waktu jeda mengonsumsi kopi dan kudapan di sela waktu kerja. Hal ini tepat sekali karena mengonsumsi kopi dapat menjadi sarana untuk meningkatkan produktifitas kerja.

Kopi dapat mendorong pelepasan hormon endorfin yang dapat membuat seseorang menjadi bersemangat dan lebih giat dalam bekerja. Secangkir kopi cocok untuk Anda yang membutuhkan asupan energi instan agar bisa bekeja lebih lama, fokus dan produktif tentunya.

2. Menurunkan Berat Badan

Sebuah penelitian menunjukkan orang yang mengkonsumsi kopi dapat menurunkan berat badan hingga 37.5%. Hal ini karena kandungan kafein dalam kopi dapat menekan nafsu makan sehingga dapat mengurangi berat badan.

3. Baik untuk Liver

Kopi baik untuk kesehatan liver karena kandungan kafein dalam kopi dapat mengatur kinerjanya sendiri. Meminum kopi secara teratur dapat menurunkan resiko sirosis hati. Manfaat ini tidak ditemukan pada teh yang sama-sama juga mengandung kafein.

4. Mengurangi Resiko Depresi

Mengonsumsi kopi, terutama bagi wanita dapat mengurangi resiko depresi. Efek ini dikarenakan kopi dapat merangsang produksi serotonin dan dopamin dalam otak.

5. Memanjangkan Umur

Sebuah studi yang dilakukan oleh National Cancer Institute mengungkapkan bahwa mengonsumsi kopi dapat membuat orang cenderung hidup lebih lama. Hal ini karena adanya zat antioksidan yang terkandung dalam kopi.

6. Mengurangi Resiko Terkena Diabetes

Orang yang mengonsumsi sekitar 2 cangkir per hari dapat mengurangi resiko terkena diabetes. Tentu dengan catatan tidak menambah banyak gula di dalam minuman kopi Anda.

7. Meningkatkan Kemampuan Berpikir

Kafein dalam kopi dapat menghalangi effek dari neurotransmitter inhibisi yang disebut adenoise. Penyumbatan ini dapat menghasilkan tembakan ke neurotransmitter yang lain sehingga dapat membuat otak berpikir lebih jernih dan fokus. Inilah yang membuat kopi dapat meningkatkan kemampuan berpikir Anda.

Nah, itulah 7 manfaat mengejutkan dari mengkonsumsi kopi. Anda dapat mengkonsumsi kopi dalam jumlah yang cukup sehingga kesehatan Anda dapat membaik. Selamat ngopi, Guys!

Editor : Bagus Hermawan
TAGS
#Kesehatan
Direkomendasikan Untuk Anda :

0 komentar: