Senin, 19 Januari 2015

5 Cara Membentuk Pola Pikir Yang Produktif

Cara Membentuk Pola Pikir Yang Produktif - Kita mengenal orang yang sangat produktif dalam kehidupannya. Mereka bisa melakoni banyak peran dalam hidup, baik untuk dirinya sendiri, keluarga, teman, masyarakat, perusahaan, dan organisasi. Bagaimana dengan waktu yang sama mereka bisa melakukan banyak hal sedangkan kita tidak? Apakah yang harus kita pelajari untuk membuat hidup kita lebih produktif?

Ternyata, kunci utama supaya kita lebih produktif adalah dengan mengubah mindset. Ya, pola pikir yang benar akan membawa seseorang menjadi lebih produktif dalam memanfaatkan potensi dan waktu yang mereka miliki. Tidak ada waktu yang mereka sia-siakan. Selalu ada perhitungan dan rencana yang baik tentang apa yang mereka lakukan dalam hidup.

Sobat Izwie juga bisa menjadi orang yang produktif dengan membantuk mindset yang produktif melalui cara-cara berikut ini. Selamat simak.

1. Fokus Pada Solusi

Fokus Pada Solusi
Dalam hidup, seseorang bisa saja terjerat banyak masalah. Ada begitu banyak permaslahan hidup yang hadir dalam kehidupan sehari-hari kita. Terkadang, kita terjerembab dalam permasalahan, berputar-putar tanpa menemukan solusi. Salah satu cara ampuh untuk mengatasinya adalah dengan selalu berfokus pada solusi.

Fokus pada solusi artinya adalah kita tidak menyerah dan berhenti pada masalah. Teruslah bergerak, berpikir dan fokus mencari solusi bagi masalah kita. Dengan demikian waktu yang kita habiskan untuk mengatasi sebuah masalah akan lebih singkat dan kita bisa produktif. Masalah adalah penghambat produktifitas. Maka dari itu, jangan pernah berkutat dengan masalah, namun sibuklah memikirkan solusinya.

2. Bangun Rutinitas yang Sehat

Bangun Rutinitas yang Sehat
Membangun rutinitas yang sehat dapat membuat hidup lebih produktif. Rutinitas memang kadang membosankan. Namun, melakukan rutinitas bukan berarti kita terjebak dalam rutinitas yang selalu membosankan. Kita bisa membangun rutinitas yang sehat sehingga waktu yang kita habiskan untuk melakukan rutinitas tersebut justru dapat mendorong produktivitas kita.

3. Bayangkan Sesuatu Yang Besar

Setiap orang yang produktif dalam hidupnya tidak pernah lupa untuk melihat "bayangan besar" dalam otak mereka. Lebih umum kita mengenal visi dalam hidup. Orang yang mampu membayangkan atau memvisualisasikan apa yang ingin dia capai tentu akan lebih bersemangat dalam hidupnya untuk meraih impiannya.

Jadi, ketika kita akan pergi ke Bali, kita akan terbayang pulau-pulau dan gambaran pantai yang cukup Indah. Kita tentu tidak akan fokus pada sepatu apa yang akan kita pakai, atau apa yang kita makan di ruang tunggu bandara, bukan? Hal itu akan otomatis kita pikirkan seiring kita membayangkan tujuan kita. Seperti itulah visi. Visi yang jelas akan membawa kita sampai ke tujuan hidup kita dan memberi perubahan positif pada produktivitas kita.

4. Tak Sempurna adalah Anugerah

Ketika melakukan suatu pekerjaan, kita ditntut untuk melakukannya secara sempurna. Padahal, manusia tak ada yang sempurna. Kita hanya bisa mengusahakan mendekati kesempurnaan. Jadi tak mengapa jika kita belum mencapai kesempurnaan dalam karya kita. Hal itu adalah anugerah yang diberikan Tuhan supaya kita mau belajar melakukan yang lebih baik lagi. Setiap kita berkarya, kita berlatih untuk mendekati sempurna. Kalau menunggu sempurna, kita takkan pernah berkarya.

5. Hargai Waktu

Hargai Waktu
Orang yang bermindset produktif tentu sangat memperhatikan waktu. Ya, memanfaatkan waktu sebaik mungkin adalah ciri orang yang produktif dalam hidupnya. Dia tidak akan pernah mengulur-ulur waktu dan berusaha untuk memanfaatkan waktu yang dia miliki supaya banyak karya yang terlahir dari dirinya. So, hargailah waktu supaya dapat menjadi orang yang produktif.

Itulah 5 cara membentuk mindset produktif dalam hidup. Sesungguhnya waktu yang dimiliki manusia adalah sama. Kita hanya bisa mengusahakan agar kita dapat menggunakan waktu dengan seefisien mungkin agar dapat berkarya dengan sebaik-baiknya. Stay positive and do the best for your life!

Editor : Bagus Hermawan
Sumber : lifehack.org
Direkomendasikan Untuk Anda :

1 komentar:

  1. Poin terakhir sangat penting, sebab waktu adalah aset yg tidak ada gantinya, tidak bisa diundur, hanya bisa dimanfaatkan sebaik2nya..

    BalasHapus