Sabtu, 27 Desember 2014

Tips Menghemat Uang di Akhir Bulan Untuk Anak Kos

Tips Menghemat Uang di Akhir Bulan Untuk Anak Kos - Menjadi anak kos memiliki suka duka yang seru untuk dijalani. Apalagi jika anak kos berada jauh dari kota asalnya. Pasti perlu trik-trik khusus supaya bisa bertahan hidup di kos-kosan. Saat awal bulan, kocek masih tebel. Giliran sudah akhir bulan, hati ketar-ketir nunggu kiriman dari ortu. Miris kan, kalau melirik dompet tinggal recehan doang?

Ini terjadi jika sumber pemasukanmu hanya dari sau sumber saja yakni jatah dari orag tua. Bila kamu punya penghasilan tambahan, kamu bisa bernafas lega, meskipun tidak menutup kemungkinan tetap saja kamu mengalami kesulitan keuangan di akhir bulan. Tergantung dari gaya hidup kamu juga, Guys.

Salah satu cara untuk bertahan hidup saat akhir bulan adalah dengan menghemat anggaran yang tersisa. Cukup nggak cukup ya dicukup-cukupin. Bagi yang tidak terbiasa menghemat uang saku, maka solusi untuk menutupi kekurangan adalah berhutang. Kemudian hutang tersebut dibayar saat sudah terima uang saku bulan berikutnya.

Berhutang bukan solusi terbaik buat kamu, karena kebiasan gali lobang tutup lobang akan membuat hatimu tidak tenang. Berikut ini Izwie akan memberikan tips hemat uang di Akhir bulan untuk anak kos. Jadi, kamu tetap bisa melanjutkan hidup di akhir bulan dengan tenang tanpa berhutang sana-sini. Check this out, Guys!

Sisihkan Dana Darurat di Awal

Tips Menghemat Uang di Akhir Bulan Untuk Anak Kos
Langkah pertama untuk hemat uang di akhir bulan dimulai saat pertama kali kamu emnerima kiriman uang dari ortu. Pikirkan masak-masak apa saja pengeluaran yang penting dan tidak penting dalam sebulan ke depan. Upayakan untuk menyisihkan minimal 10% dari uang sakumu untuk tabungan/dana darurat sehingga setiap akhir bulan kamu tidak perlu kebingungan nyari utangan karena kamu masih punya simpanan untuk akhir bulan jika uang sakumu benar-benar tiris.

Pisahkan Kebutuhan dan Keinginan

Pisahkan Kebutuhan dan Keinginan
Kebutuhan dan keinginan ini beda-beda tipis loh, Guys. Sekilas keinginan kamu nampak seperti kebutuhan mendesak. Padahal bila dicermati lagi, hal itu hanyalah keinginan semata. Buat skala prioritas saat kamu akan mengeuarkan uang dari dompet/rekeningmu. Butuh atau perlu, nih? Dengan begitu, uangmu tidak akan terbuang untuk hal-hal yang tidak perlu.

Cari Harga yang Lebih Murah

Cari Harga yang Lebih Murah
Saat akhir bulan, usahakan membeli barang-barang dengan cermat. Kalau di toko sebelah lebuh murah, ngapain beli sabun di swalayan branded? Kalau warung tegal punya menu yang oke, ngapain buang-buang duit di resto mahal. Pun dengan kebutuhan lain seperti pakaian dan aksesoris lucu. Jangan tergiur barang yang sepintas murah karena ada diskon, namun ternyata di tempat lain harganya cuma setengahnya saja.

Buat Pos-pos Belanja Harian

Buat Pos-pos Belanja Harian
Dengan pos belanja harian, kamu tidak bakalan mengalami yang namanya bokek di akhir bulan. Sebab, jumlah uang yang bisa kamu belanjakan hanya boleh sejumlah pos belanja harian, sehingga di akhir bulanpun kamu masih punya uang.

Kurangi Jalan-jalan

Kurangi Jalan-jalan
Jalan-jalan sama teman memang kebutuhan sosial kamu. Namun, saat akhir bulan sebaiknya kamu biasakan untuk mengurangi frekuensi jalan-jalanmu. Walaupun tidak belanja, window shopping bisa menimbulkan keinginan untuk menggesek kartu kredit atau berutang sama teman jalan kamu.

Nah, itulah tips hemat uang di akhir bulan untuk anak kos. Akan lebih baik lagi kamu menata gaya hidup kamu spaya lebih hemat, sehingga kejadian bokek di akhir bulan bisa lebih diminmalisir. Malu sama kucing, kan? Hehehe. Semoga sobat Izwie dapat menanggulangi 'bokek' di akhir bulan yah! Selamat mencoba.

Editor : Bagus Hermawan
Sumber : lifehack.org
Direkomendasikan Untuk Anda :

0 komentar: