Jumat, 26 Desember 2014

Manfaat Luar Biasa Dibalik Hubungan Jarak Jauh (LDR) - Part 1

Bagi sepasang kekasih, menjalani sebuah hubungan jarak jauh membutuhkan perjuangan yang ekstra. Namun ada suatu hal yang mungkin tidak Anda sadari: berada pada situasi Long-distance Relationship (LDR), setidaknya dalam jangka waktu tertentu, bisa benar-benar berbuah manis untuk Anda.

Berikut manfaat luar biasa yang dapat Anda rasakan dari cinta jarak jauh yang Anda jalani:

1. Anda Dapat Memahami Satu Sama Lain dengan Lebih Baik

Memahami Satu Sama Lain dengan Lebih Baik
Ketika Anda menjalani hubungan jarak jauh, Anda tidak memiliki kesempatan untuk membangun hubungan Anda dengannya, namun bisa lewat kata-kata. Penelitian terbaru menunjukkan bahwa pasangan yang LDR-an berbicara lebih sedikit mengobrol daripada pasangan yang tinggal di kota yang sama, tapi interaksi yang mereka bangun lebih cenderung mendalam dan lebih bermakna.

Berbicara pada tingkat yang lebih mendalam akan membantu Anda dan pasangan untuk dapat memahami satu sama lain dengan baik. Pada prosesnya, Anda juga membangun keterampilan berkomunikasi dan kebiasaan yang akan membantu hubungan Anda dalam jangka yang lebih panjang.

2. Anda Cenderung Dapat Membedakan Antara Cinta dengan Nafsu

Membedakan Antara Cinta dengan Nafsu
Ketertarikan dalam LDR lebih menekankan pada nilai-nilai dasar kedekatan emosional daripada nilai-nilai kebersamaan secara fisik. Ketertarikan pada seseorang sebagian besar karena komunikasi yang Anda bangun (bukan semata-mata karena seks) bukanlah jaminan yang akan membuat hubungan yang Anda jalin akan sukses, namun itu jelas membantu.

3. Anda Berkesempatan Menjajal untuk Saling Percaya

Menjajal untuk Saling Percaya
Kerika Anda berada jauh dari orang yang Anda sayangi, hal ini akan cukup sulit untuk menjaga pikiran Anda untuk tidak membayangkan hal yang terjadi pada pasangan Anda. Ketika pasangan Anda bersenang-senang diluar sana tanpa Anda, Anda cenderung lebih mudah untuk menerka-nerka dan rasa cemburu menyusup dalam pikiran Anda.

LDR memaksa Anda untuk mengenali dan memahami beberapa hal yang membuat Anda merasa hubungan Anda tak aman. Hal ini sebenarnya bagus untuk melatih Anda untuk percaya dan dapat dipercaya. Keyakinan dan rasa aman yang akan Anda dapatkan pada akhirnya? Tak ternilai harganya.

4. Anda Belajar untuk Berkomunikasi dan Memecahkan Konflik dengan Baik

Berkomunikasi dan Memecahkan Konflik dengan Baik
Saat LDR, Anda tidak memiliki banyak kesempatan untuk melakukan banyak hal dari sekian banyak waktu yang Anda lalui kecuali saling berbicara satu sama lain. Pada prosesnya, Anda dapat belajar untuk terhubung lebih mendalan dan berkomunikasi dengan baik. Tak peduli sebaik apapun anda dalam berkomunikasi, namun, Anda dan pasangan Anda akan mengalami yang namanya kesalahpahaman, perasaan terluka dan konflik mengenai suatu hal.

Ketika Anda berjauhan satu sama lain, dibutuhkan kepercayaan yang lebih dan kemampuan untuk bernegosiasi pada tantangan ini. Pasangan yang belajar untuk mengatasi dan memecahkan masalah dan konflik jarak yang mereka hadapi, telah membekali dirinya untuk menghadapi tantangan di masa depan.

5. Anda Akan Lebih Menghargai Waktu Kebersamaan dengan Pasangan

Menghargai Waktu Kebersamaan dengan Pasangan
Jarang melihat satu sama lain akan membantumu untuk lebih sungguh-sungguh dalam menghargai waktu yang Anda habiskan bersama. Anda akan belajar untuk menikmati waktu kebersamaan terlepas dari apakah kegiatan yang Anda lakukan hanya biasa-biasa saja seperti berbelanja atau menikmati secangkir kopi di sebuah kafe misalnya. Mengawalinya dengan rasa syukur adalah cara yang pasti untuk dapa meningkatkan kebahagiaan Anda. Semacam apresiasi satu sama lain bahwa Anda dan pasangan berada pada kondisi perasaan yang  baik pada saat itu, dan juga menjadi 'mood booster' untuk waktu yang lama.

Nah, Sobat Izwie, Anda sudah menyimak 5 manfaat luar biasa dari hubungan jarak jauh ini. Masih ada lagi manfaat yang dapat Anda raih. Simak pada postingan Izwie selanjutnya tentang Manfaat Luar Biasa dari Hubungan Jarak Jauh (LDR) - part 2.
TAGS
#Hubungan
Direkomendasikan Untuk Anda :

0 komentar: