Senin, 15 Desember 2014

9 Cara Aman Belanja Online Yang Perlu Diketahui

Cara Aman Belanja Online - Memasuki era digital seperti saat ini, informasi melalui media online berkembang sangatlah pesat. Hal itu disebabkan karena hampir seluruh masyarakat mengenal teknologi yang bernama internet. Dengan terhubung ke internet, banyak sekali kemudahan yang ditawarkan seperti mengakses informasi, mengirim pesan melalui media sosial hingga berbelanja online. Untuk poin terakhir, mungkin sobat Izwie sudah banyak yang familiar dengan toko online baik yang dipromosikan melalui situs jejaring sosial seperti facebook, Twitter, Instagram maupun situs web profesional terpercaya seperti Lazada.

Berbelanja online memang sangat menyenangkan karena kita dapat memilih berbagai macam produk yang ditampilkan baik melalui komputer, laptop maupun smartphone. Disamping itu kita juga tidak perlu capek-capek untuk berputar-putar dan berpindah dari satu toko ke toko yang lain seperti saat berbelanja di mal. Hanya dengan duduk manis di depan laptop maupun melalui perangkat lain, kita dapat membuka web toko online. Setelah produk sesuai dan kemudian melakukan transaksi melalui kartu kredit misalnya, produk yang kita inginkan bisa datang langsung ke rumah. Cukup simpel, bukan?

Namun dengan berbagai kemudahan tersebut, kita juga perlu waspada dengan berbagai macam modus penipuan yang juga marak menyasar para pelanggan toko online. Karena, pada dasarnya berbelanja online adalah bisnis kepercayaan. Di mana para pembeli mengetahui produk hanya lewat display produk berupa gambar yang tersedia. Pembeli umumnya harus mengikuti aturan belanja yang dikehendaki para pedagang online. Dengan begitu, pembeli pun sudah seharusnya untuk jeli agar tidak tertipu dan menyesal di kemudian hari.

Apa saja yang harus diperhatikan agar bisa aman saat berbelanja online? Berikut beberapa cara aman berbelanja online:

1. Analisa Terlebih Dahulu

Analisa
Jika Anda berbelanja di toko online yang Anda sendiri tidak terlalu familiar, cobalah untuk menganalisa terlebih dahulu situs web tempat Anda memilih untuk belanja. Periksalah nomor telepon/ call center penjual dan hubungilah untuk memastikan bahwa situs tersebut resmi dan benar-benar ada. Mintalah nomer kontak pribadi sebagai alternatif seperti nomer Whatsapp, pin BB, atau Line yang dapat dihubungi.

Cara lain agar Anda semakin mantap, carilah nama situs tersebut di google dan lihatlah testimoni yang diberikan oleh para konsumen yang lain. Jika testimoninya mengatakan toko tersebut baik dan sangat direkomendasikan, Anda patut untuk mempertimbangkannya. Jika tidak, tinggalkan saja dan carilah toko online lainnya.

2. Perhatikan Kebijakan Toko Online Tersebut

Kebijakan Toko Online
Seringkali Anda akan di minta untuk menyebutkan identitas seperti nama, nomor telepon hingga alamat lengkap untuk kepentingan pengiriman barang. Berhati-hatilah. Pertama, jangan sampai ada poin kebijakan yang menyebutkan pengelola situs boleh memberikan data pribadi Anda ke pihak lain.

Kedua, bacalah kebijakan tentang pengembalian barang. Karena, barang yang diperjual-belikan tak dapat ditinjau langsung secara fisik oleh pembeli, Anda harus meminta garansi apabila barang yang dikirim ternyata cacat atau tidak sesuai dengan yang Anda pesan. Pastikan Anda dapat menukar barang yang cacat itu kembali, dengan barang yang baru maupun garansi uang kembali.

Dengan adanya garansi jika barang cacat dapat dikembalikan. Maka toko online tersebut merupakan toko yang cukup profesional dan patut untuk Anda pertimbangkan.

3. Perhatikan Detail Produk

Detail Produk
Barang yang bagus tentu memiliki detail informasi yang cukup lengkap. Semakin detail ulasan produk yang diinformasikan maka kemungkinan barang yang dijual memiliki kualitas yang cukup baik. Untuk itu, Usahakan untuk tidak memilih atau membeli suatu produk yang tidak memiliki keterangan yang lengkap.

4. Jangan Mudah Tergoda

Jangan Mudah Tergoda
Jangan mudah tergoda dengan harga yang murah

Pada poin ke empat, janganlah mudah tergoda untuk membeli produk yang memiliki harga sangat murah. Karena dari informasi yang Izwie dapat, kebanyakan barang murah yang diperjual-belikan memiliki kualitas yang buruk.

Modus lain yang sering digunakan adalah mengirim tawaran barang murah melalui e-mail. Itu biasanya pekerjaan para spammer. E-mail yang datang selalu penuh bujuk rayu yang seolah-olah datang dari perusahaan baik-baik. Jadi, belilah produk yang benar-benar anda butuhkan dan tentunya jangan hanya sekedar murah.

5. Pastikan Keamanan Situs Web Toko Online

Keamanan Situs Web Toko Online
Melihat keamanan situs web toko online - image: www.futurecan.ca

Bagaimana cara mengenali situs toko online yang Aman? Perhatikan tanda gambar berupa gembok di baris status browser di bagian kiri atas. Sebelum bertindak lebih lanjut, seperti memasukkan informasi pribadi, pastikan tanda itu ada.

Yang kedua, alamat situs yang berakiran .co.id merupakan alamat toko online yang cukup profesional dan sangat terpercaya. Hal itu karena pembelian domain .co.id harus menyerahkan berkas-berkas penting seperti KTP, surat ijin perdagangan dan lain-lain. Berbeda dengan domain .com yang pembilan tanpa ada syarat tertentu.

Untuk itu membeli suatu barang pada alamat website .com juga perlu diteliti terlebih dahulu.

6. Amankan Perangkat Anda

Amankan Perangkat Anda
Berikan proteksi pada komputer, laptop maupun smartphone Anda saat berselancar ke situs web toko online, untuk menghindari dari berbagai macam virus yang dapat menjangkiti. Update-lah secara teratur untuk mendapatkan anti-virus terbaru.

7. Menimbang Cara Pembayaran

Cara Pembayaran Lazada
Belanja online aman dan terpercaya - Lazada.co.id

Cobalah memilih toko online yang menyediakan pembayaran via kartu kredit. Karena, jika ada hal yang tak diinginkan, Anda akan memiliki bukti yang kuat bahwa Anda benar-benar telah melakukan transaksi. Misalnya barang tidak diantar atau tidak sesuai pesanan.

Alternatif jenis pembayaran lainnya adalah dengan cara bayar di tempat atau yang sering disebut dengan istilah COD (Cash on Delivery) seperti pada penjualan di Lazada.

8. Bandingkan Harga Total

Penambahan biaya biasa terjadi saat Anda bertransaksi online. Selain harga pokok barang, Anda juga dikenai biaya pengiriman. Perhatikan juga jika Anda mendapatkan diskon, pastikan harga total adalah harga akhir setelah diskon dan penambahan biaya kirim. Cobalah membandingkannya dengan harga barang serupa di online shop lain, siapa tahu Anda bisa mendapatkan harga yang lebih murah!

9. Simpanlah Bukti Transaksi

Ada beberapa yang perlu Anda simpan seperti kuitansi, salinan percakapan transaksi, nota, bukti transfer, termasuk deskripsi produk dan harga barang yang Anda beli. Mintalah nomor resi pengiriman barang sesaat setelah barang dinyataan telah dikirim.

Semua itu penting untuk Anda simpan, untuk menghindari kesalahpahaman dan dapat menjadi bukti transaksi serta kesepakatan Antara penjual dan pembeli.

Nah, itulah tadi 9 Tips Aman berbelanja Online yang perlu sobat Izwie perhatikan saat memulai berbelanja online. Di Indonesia, belanja online bukan suatu hal yang baru untuk dilakukan saat ini. Mengingat banyaknya kesibukan dan waktu yang terbatas untuk berbelanja, maka toko online hadir membawa solusi bagi Anda.

Apakah Anda termasuk yang suka berbelanja online? Selamat berbelanja ya!

Editor : Bagus Hermawan
TAGS
#Tips
Direkomendasikan Untuk Anda :

2 komentar:

  1. Saya suka membaca tulisannya. Banyak yang menulis dengan tema yang sama tapi ini lebih menarik karena dilengkap gambar yang pas. Btw, bener banget saya sering tergoda dengan harga yang ditawarkan toko online. Tapi pas dibaca dan dianalisa lagi jadi mikir-mikir lagi karena ada saja kekurangannya. Misalnya untuk beli hp harga murah tapi garansinya distributor. Tapi secara umum menurut saya, kehadiran toko online makin menambah pilihan tempat belanja. Intinya seperti kata mimin izwie di atas, harus hati-hati jangan cepat tergoda. Makasi

    BalasHapus
  2. mas kalo websitenya .com termasuk terpercaya kan??

    BalasHapus