Senin, 08 Mei 2017

Inilah Khasiat Kunyit Yang Belum Banyak Diketahui Orang

Khasiat kunyit masih banyak yang belum diketahui selain sebagai salah satu bahan makanan. Mungkin itu yang masih terbesit di dalam benak banyak orang, bahwa kunyit merupakan salah satu dari bumbu masakan. Padahal di dalam umbi kunyit terdapat banyak sekali manfaat, baik untuk kesehatan tubuh kita maupun untuk kecantikan, terutama kecantikan kulit.

Rahasia kunyit bagi kesehatan tubuh kita sudah diwariskan dari nenek moyang, dari generasi ke generasi, mulai dari bentuk minuman, bahan campuran makanan atau bahan alami untuk kecantikan. Namun, di jaman dahulu pemakaian kunyit ini masih terbatas, yang biasanya menjadikan kunyit sebagai salah satu bahan ramuan adalah kalangan raja dan keluarganya. Mereka percaya bahwa kunyit memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan. Namun, dijaman modern ini, khasiat kunyit juga sudah dapat dibutkitan melalui berbagai macam penelitian-penelitian yang dilakukan oleh para ahli.

Umunya, khasiat kunyit terbagi ke dalam dua kategori, yaitu manfaat untuk kesehatan dan manfaat untuk kecantikan.

Khasiat Kunyit untuk Kesehatan Tubuh

Serbuk Kunyit
Selain sebagai bumbu masakan, kunyit dipilih untuk dijadikan sebagai obat ataupun ramuan yang berkhasiat bagi kesehatan tubuh. Hal ini dikarenakan kunyit mengandung bahan-bahan yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh, seperti mineral, kurkuminoid, magnesium, arabinose dan glukosa. Kandungan zat-zat tersebut sangat dibutuhkan oleh tubuh kita. Namun, lebih detailnya, kunyit memiliki khasiat untuk mengobati beberapa jenis penyakit berikut ini:

1. Mencegah Kanker

Siapa sangka kunyit ternyata juga bisa dijadikan sebagai salah satu bahan yang bisa membantu mencegah penyakit kanker. Seperti yang kita ketahui bahwa penyakit kanker merupakan salah satu penyakit yang berbahaya dengan resiko kematian.

Karena kunyit mengandung zat antioksidan yang cukup tinggi, sehingga dapat menangkal radikal bebas yang bisa merusak DNA seseorang. Selain itu, kandungan curcumin di dalam kunyit juga dapat menghancurkan sel-sel kanker, sehingga dapat mencegah penyebaran sel-sel kanker ke dalam organ tubuh lainnya. Beberapa jenis penyakit kanker yang bisa dicegah ataupun disembuhkan adalah kanker kanker darah, kanker hati, kanker prostat dan juga kanker usus besar.

2. Anti Inflamasi

Anti Inflamasi atau peradangan bisa dicegah dan diobati menggunakan kunyit. Hal ini dikarenakan kunyit mengandung bahan alami, senyawa curcumin yang lebih kuat dari minyak atsiri. Bahkan kandungan kunyit ini disamakan dengan obat fenibutazon, namun perbedaanya, kunyit tidak menghasilkan efek samping atau toksisitas.

3. Mengurangi Resiko Terkena Leukimia

Leukimia atau kanker darah merupakan sebuah kondisi dimana jumlah sel darah putih lebih banyak dibandingkan sel darah merah, sehingga hal ini bisa membahayakan bagi tubuh kita. Zat curcumin yang terkandung di dalam kunyit dapat menghancurkan sel-sel karsinogenik di dalam tubuh, sehingga penyebaran penyakit juga tidak semakin lebar. Selain itu, kandungan kunyit juga dapat menghambat radiasi kerusakan kromoson

4. Alzheimer

Alzheimer kini menjadi salah satu jenis penyakit yang banyak diderita, terutama lansia, karena faktor usia. Namun, pada dasanya Alzheimer juga tidak hanya menyerang orang tua saja, tetapi juga berbagai kalangan dengan usia tertentu. Alzheimer dikenal dengan penyakit pikun. Banyak orang yang belum mengetahui bahwa Alzheimer ini merupakan salah satu jenis penyakit, bukan hanya kewajaran, karena penyakit Alzheimer ini bisa dicegah dan diobati.

Alzheimer sendiri menrupakan jenis penyakit yang menyerang jaringan syaraf yang ada di dalam otak. Apabila dibiarkan, Alzheimer ini bisa menyebar sehingga menyebabkan kinerja otak menurun, bahkan tidak jarang mempengaruhi juga system otak dalam bekerja, karena kerusakan ini bisa menyebar dan menyebabkan syaraf-syaraf yang ada di dalam otak tidak berfungsi.

Khasiat Kunyit untuk Kecantikan

Selain bermanfaat untuk kesehatan, kunyit juga bermanfaat dalam dunia kecantikan, terutama kecantikan kulit. Tidak heran jika pada jaman-jaman dahulu para putri raja memiliki kulit kuning langsat. Salah satunya dikarenakan penggunaan kunyit dalam merawat kulit para putri kerajaan.

Saat ini, Anda juga masih bisa mendapatkan khasiat kunyit untuk mempercantik kulit, baik kulit wajah maupun bagian tubuh. Caranya mendapatkan khasiat kunyit sangat mudah, yaitu dengan mencampurkan kunyit menjadi bahan untuk masker wajah atau untuk scrub (lulur) untuk kulit.
Direkomendasikan Untuk Anda :

0 komentar: